Perbedaan Photoshop Portable dengan Versi Full, Mana yang Sebaiknya Diinstall?

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Perbedaan photoshop portable dan photoshop versi full, mana yang sebaiknya diinstall?

Perbedaan photoshop portable dan photoshop versi full, mana yang sebaiknya diinstall?
mrfdn - Software photoshop adalah software yang paling banyak dipakai oleh fotografer. Karena fungsinya yang sangat powerfull untuk mengolah foto kita.

Sebenarnya sedikit agak gimana gitu ya membahas tentang ini. Karena saya sendiri belum pernah memakai software nya yang asli. Saya akui itu. Yang ada hanyalah software bajakan yang beredar di internet, hasil download secara gratis, atau dari copy paste dari teman.

Kalau mungkin anda tahu berapa harga asli software tersebut mungkin bisa tarik nafas panjang-panjang. Huff..

Sebagai pemakai software photoshop bajakan saya sadar bahwa hal ini sebenarnya kurang bagus. Apalagi untuk kebutuhan foto produk.

Tapi saya bukanlah fotografer yang profesional yang memotret foto produk. Saya hanyalah fotografer hobi, hobi foto saja. Suka bikin foto apa saja, penggunaan software seperti Photoshop atau Lightroom adalah opsi lanjutan untuk membuat foto menjadi terlihat lebih baik. Tapi tetap saja hal ini rasanya kurang pantas di hati. #curcol

Di internet photoshop bisa didapatkan dengan mudah. Berbagai link download tersedia gratis di sana. Orang seperti saya maunya dapat banyak tapi tidak mau keluarkan duit banyak-banyak, terlalu pelit ya. Hihi.. Anda bagaimana?

Untuk kebutuhan profesional, pastilah anda memilih untuk membeli software ini, hanya sekali seumur hidup maka anda akan mendapatkan update selamanya. Dan tidak akan terkena penggunaan software bajakan atas hasil karya foto anda. Sebab anda sudah mengantongi lisensi atas softwarenya langsung dari adobe. Idealnya seperti itu.

Baca juga :: Cara edit foto landscape yang benar

Terdapat 2 versi photoshop yang bisa didapatkan secara gratis. Ada yang bersi full, ada juga yang versi portable. Saya akan berbagi pengalaman menggunakan software ps selama ini. Perbedaan antaranya adalah sebagai berikut.

Ukuran

Kalau komputer anda memiliki ukuran hardisk terbatas, mungkin akan mempertimbangkan untuk tidak menginstall photoshop secara full version. Pasalnya adalah dengan ukuran yang besar di atas satu giga lebih, saat dijalankan software ini akan berjalan tidak normal, terlebih kalau dukungan hardware anda kurang mumpuni.

Pilihannya adalah install photoshop yang memiliki versi lebih rendah, atau instal photoshop portable. Dengan begitu photoshop bisa berjalankan dengan normal pada komputer atau laptop anda.

Ukuran yang photoshop portable lebih kecil daripada photoshop versi full. Photoshop portable memiliki fitur-fitur yang sedikit sudah dicopot, ada beberapa fungsi yang tidak bisa dipakai pada photoshop portable. Tetapi fungsi standar seperti burning, masking, resizing, bisa berjalan dengan normal.

Kompatibilitas atau dukungan file file

Pada photoshop portable, sekali lagi tidak semua bisa mendukung file format sebuah foto. Misalnya file foto raw, hanya mendukung pada beberapa jenis kamera saja.

Jika anda hendak menggunakan photoshop untuk mengelola file foto dari kamera yang baru, pastikan photoshop anda mendukung untuk itu. Sebab jika tidak photoshop tidak akan membacanya.

Photoshop versi full biasanya memiliki update yang lebih baik. Sehingga dukungan file-file format akan lebih banyak.

Jika ingin menginstall photoshop di laptop anda, pastikan bahwa versi yang anda install tersebut sudah mendukung format file dari kamera anda.

Stabilitas

Dari segi stabilitas software, menurut saya yang masih menggunakan software bajakan ini, lebih sering mendapatkan kendala seperti hang, atau tiba-tiba crash. Baik yang portable maupun versi full, sama saja.

Mau ngomong apa ya, mau stabil? Beli versi full dong... Mau enak kok gratisan..!

Kali ini biarlah saya mencaci diri sendiri..

Baca juga ::  Cara mengoptimalkan kinerja Photoshop yang lemot


Update

Untuk urusan update, pastilah adobe sudah menutup celahnya bagi yang menggunakan software nya secara gratisan. Maka dari itu, ketika photoshop digunakan saat online, terkadang tiba-tiba fungsinya tidak normal lagi. Adobe telah membaca bahwa photoshop yang sedang digunakan adalah photoshop hasil crack, tidak asli. Hihi..

Saya pernah mengalami itu.

Sehingga saat ini saya hanya menggunakan photoshop versi portabel yang terpasang pada laptop saya. Meskipun hanya portabel, ini terasa cukup karena saya hanya menggunakan fungsinya yang umum dipakai saja. Meskipun kadang juga tiba-tiba hang sendiri. Hihi..

Akhir kata

Jika punya duit banyak ada baiknya membeli photoshop yang asli. Ini lebih baik secara moril terlebih jika anda adalah para profesional yang terjun di bidang fotografi dan desain.

Semoga bermanfaat. :)