Persamaan Belajar Blog dengan Belajar Fotografi - Part #2



Satu Pencerahan dari Blogging dan Fotografi


mrfdn - Silahkan baca dahulu artikel di part 1 mengenai Persamaan belajar ngeblog dengan fotografi.

Kalau artikel itu membahas bagaimana kiat ngeblog, biar rajin menulis, serta melihat persamaan yang terjadi antara ngeblog dengan memotret.

Berbeda dengan tulisan ini. Saya mendapat satu pencerahan.

Ketika saya menulis artikel sebelum ini. Pada bagian akhir saya menyimpulkan sesuatu tentang fotografi. Bahwa dalam fotografi, fotografer yang ingin terkenal, atau karya-karyanya terkenal maka dia haruslah rajin hunting.
Persamaan Belajar Blog dengan Belajar Fotografi - part #2


Nah, ini hal ini ternyata sejalan dengan blogging.

Ngeblog bagi saya adalah sesuatu yang mudah dan menyenangkan.

Mengapa mudah? Yap karena kita hanya tinggal di rumah, tidak kemana-mana, menulis artikel tentang apa saja. Lalu terbirtkan.

Bukankah itu sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan?

Namun, faktanya tidak segampang itu. Tantangan dalam ngeblog ternyata banyak sekali.

Pertama kita harus terbebas dari rasa malas, kedua harus memikirkan mau posting apa lagi selanjutnya.

Hanya dua hal itu yang menurut saya yang harus diusakan untuk menjadi seorang blogger yang ingin terkenal.

Terkenal
Dalam artian memiliki banyak pembaca, memilki kunjungan blog yang ramai setiap saat. Itu yang saya maksud dengan kata terkenal, ramai.

Mengenai fotografi

Coba lihat fotografer yang ramai postingannya di instagram, pastilah memiliki likes yang banyak juga. Kalau memang itu yang menjadi tujuan kita, maka memang haruslah kita rajin-rajin update, upload foto.
foto serangga Persamaan Belajar Blog dengan Belajar Fotografi - part #2


Okey, sampai di sini kamu dapat poinnya?

Kalau belum saya coba kongkritkan lagi deh.

Seorang blogger sebaiknya memiliki banyak postingan. Postingan itu haruslah dilakukan secara konsisten. Setidaknya dilakukan setiap hari.

Di awal-awal, memotret haruslah dilakukan sesering kali. Bahkan sebaiknya dilakukan setiap hari.

Maka benar kata bung frangki, katanya blogger pemula itu setidaknya setiap hari menerbitkan 3 postingan. Begitu seterusnya dilakukannya selama kurang lebih tiga bulan. Maka dia akan mendapatkan hasilnya.

Memulai blogging baru bagi saya. Sebagai pemula saya harus rajin. Sama seperti ketika saya awal-awal melakukan hobi fotografi. Saya sangat rajin pergi hunting. Hampir setiap hari kala itu saya hunting di belakang rumah, yang lokasinya adalah pantai. Sangat cocok buat praktek foto.

Sebagai blogger pemula, saya seharusnya melakukan hal yang sama

1. Menyingkirkan rasa malas menulis
Kadang rasa malas datang, ketika stak untuk mencari ide-ide tulisan lagi. Saya merasa tidak tahu mau tulis apa lagi. Tetapi kalau saya biarkan begini terus, maka saya tidak akan dapatkan apa-apa.

Kemalasan hanya tidak membuahkan apa-apa. Saya harus rajin menulis dan menulis.

2. Rajin membaca
Membaca adalah sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan kegiatan menulis.

Ada pepatah bahwa seorang penulis yang handal, dia adalah pembaca yang rakus.

Benar sekali, dengan membaca kita akan semakin banyak ide untuk menulis apa lagi. Ketika ide di kepala sudah buntu, maka membaca adalah salah satu solusi untuk menemukan ide itu muncul.

Ada banyak yang bisa dilakukan, seperti membaca buku, atau melakukan blog walking.

Blog walking sepertinya efektif untuk menambah pengunjung di blog kita. Selain itu kita bisa meniru style blog orang lain yang dianggap bagus.

Seiring waktu ketika semua hal itu tercapai, tulisan banyak, tulisan lengkap, detail, informatif, maka pengunjung blog kita akan menjadi banyak. Kita sudah memiliki semacam perpustakaan untuk pembaca. Mereka datang ke blog kita untuk mencari informasi.

Dan, bagi anda yang memasang iklan di blog ini akan sangat bagus. Karena pengunjung telah banyak. Jadi kita akan mendapatkan uang dari kegiatan ngeblog kita.

3. Memanfaatkan foto-foto yang saya miliki untuk cerita di blog
Saya merasakan bahwa ketika selesai menulis di blog, saya kadang terkendala di bagian memilih foto. Menentukan foto yang ingin digunakan dalam postingan blog adalah hal yang sedikit banyak butuh usaha.
foto daun pisang Persamaan Belajar Blog dengan Belajar Fotografi - part #2


Mengapa tidak saya gunakan saja foto-foto yang saya punyai.

Ternyata setelah saya membuka blog folder-folder foto saya, menemukan banyak foto-foto yang bagus. Bagus untuk dijadikan foto di postingan blog. Entah itu mengenai tutorial atau hasil karya foto saya.

Akhir kata

Bahwa kegiatan ngeblog di awal-awal sama ketika awal-awal melakukan hobi fotografi. Kita rajin hunting foto. Maka sebaiknya kita juga harus rajin menulis, menulis yang banyak, biar blog makin ramai.