Tips Membeli Tripod Kamera Sesuai Kebutuhan


4 Hal yang diperhatikan sebelum membeli tripod kamera sesuai kebutuhan


mrfdn - Tripod kamera merupakan peralatan kamera yang sering digunakan oleh fotografer, terutama fotografer landscape. Fungsinya bukan lain adalah untuk menahan goncangan yang terjadi pada kamera.

Bagi fotografer landscape memilih tripod merupakan salah satu hal yang penting. Karena ini mengenai bagaimana membuat foto yang benar-benar steady dan juga mengenai kenyamanan untuk dibawa-bawa.

Karena ukuran tripod yang besar, kadang orang berpikiran untuk tidak membawanya. Terasa ribet, belum lagi berat.

tips membeli tripod kamera susuai kebutuhan tripod kayu


Kali ini yuk kita bahas mengenai memilih tripod yang pas sesuai kebutuhan kita.

1. Pertimbangkan kebutuhan

Jika anda seorang fotografer landscape, maka memiliki tripod yang sedikit lebih mahal adalah investasi jangka panjang.

Di pasaran banyak sekali dijual tripod dengan bahan aluminium, atau carbon, atau bahan lain yang terasa ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Tripod yang direkomendasikan adalah tripod yang memiliki ball head di atasnya. Ball head akan membantu kita dalam mengkomposisikan foto lebih baik.
tips membeli tripod kamera susuai kebutuhan tripod landscape ball head carbon fiber

ball head tripod
ball head tripod


Baca juga :: Peralatan fotografer landscape

Lain lagi jika anda hanya fotografer model, mungkin anda tidak butuh tripod, kecuali untuk disimpan di dalam studio foto. Fotografer model sangat jarang membawa tripod kecuali sangat terpaksa. Yang dibawanya kebanyakan peralatan lighting.

Jadi tanyakan diri sendiri apakah memang sangat butuh untuk memiliki tripod? Apakah kegiatan fotografi yang dilakukan benar-benar membutuhkan tripod atau tidak?

2. Berat tripod

Hal kedua adalah beratnya. Tripod memiliki berat yang berbeda-beda. Ini bisa dilihat dari bahan apa yang digunakan untuk membuat tripod tersebut.

Dahulu tripod memiliki berat yang cukup membuat pegal lengan atau pundak ketika membawanya. Karena bahannya adalah kayu.

Setelah diproduksi tripod berbahan aluminium beratnya menjadi sedikit lebih ringan. Tripod bisa dilipat dan dibawa kemana-mana.

Namun seiring waktu ini pun terasa sedikit berat bagi sebagian orang. Maka berlomba-lomba produsen membuat tripod dengan bahan carbon. Bahan carbon meskipun sangat ringan, tetapi kekuatannya juga cukup kuat untuk menopang kamera yang cukup berat.

3. Ukuran tripod

Selanjutnya tripod juga memiliki jenis berdasarkan ukurannya.

Ada yang disebut tripod travel.

Tripod seperti ini memiliki ukuran yang lebih pendek dari tripod biasanya. Selain pendek, juga sangat enteng.
tripod travel for photographer travel

Makanya banyak fotografer yang senang melakukan hobi jalan-jalan membeli jenis tripod ini. Ukurannya yang pendek bisa disimpan di dalam tas atau diselipkan ke saku celana saja.

Untuk mereka yang hobi foto landscape, ukuran tripod yang panjang dan tinggi memiliki kelebihan tersendiri. Kita bisa mengkomposisikan gambar dari angle yang lebih tinggi dari badan kita, sehingga foto yang didapatkan tidak akan sama seperti yang pernah didapatkan oleh orang lain.

4. Bahan tripod

Bahan tripod sejauh ini saya hanya mengenal 2 yang beredar di pasaran. Yang pertama berbahan aluminium dan yang kedua berbahan carbon fiber.

Tripod yang berbahan carbon akhir-akhir ini lebih laris dibeli bagi orang yang ingin memiliki investasi tripod lebih lama dibandingkan tripod aluminium.

Kelebihan dari bahan carbon fiber adalah karena bahannya yang berupa serat carbon sehingga tripod ringan untuk diangkat, namun tetap kokoh saat digunakan di medan.
tripod really right stuff rrs carbon fiber

Bahan aluminium juga terkenal cepat keropos jika sering terkena air laut. Sedangkan tripod yang berbahan carbon tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Sangat tahan terhadap keropos/korosi akibat air laut.

Tetapi dengan kelebihan tersebut tripod carbon fiber harus dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal dari pada tripod berbahan aluminium.

Akhir kata

Memilih tripod ini penting bagi anda yang memang benar-benar butuh menggunakan tripod. Saran saya, jika anda hanya ingin membeli satu tripod untuk segalanya, beli saja tripod travel dengan ukuran yang tidak terlalu pendek yang berbahan carbon fiber.

Dengan demikian anda pun nyaman ketika membawanya ke mana-mana, dan juga bisa awet lebih lama.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :: Cara membersihkan dan merawat tripod
Loading...