Antara Mengedit Foto di Laptop atau PC

Enakan mana mengedit foto pakai laptop atau PC?


mrfdn - Kegiatan lain fotografer selain memotret adalah mengedit foto-foto yang sudah diambilnya. Ada yang megedit melalui pc, ada juga yang mengedit pakai laptop.

Bagi sebagian orang mengedit di laptop bagus karena bisa dilakukan di mana saja. Tetapi sebagian yang lain tidak bisa mengedit di laptop karena kurangnya kemampuan dari laptop itu sendiri. Untuk lebih jelasnya simak saja artikel ini.

Mengedit foto dengan laptop memang cukup memudahkan. Selain karena bisa dilakukan di mana saja, juga hasilnya cepat. Tetapi tidak semua laptop bisa diperlakukan sebagai laptop untuk mengedit foto. Menurut saya hanya laptop-laptop yang memiliki spek tinggi saja yang bisa berjalan normal dan lancar untuk kegiatan mengedit foto.
download aplikasi edit photo untuk laptop; aplikasi edit foto pc ringan; aplikasi edit foto kekinian di laptop; download editor photo tercanggih;


Mengedit foto yang sederhana saja seperti cropping, atau mengatur kontras, dan saturasi sudah cukup dilakukan di laptop saya. Untuk mengedit foto yang banyak dan ukuran besar, saya lebih mengandalkan pc saya.

Mengedit foto di pc memberikan kita keleluasaan selain dapat mengedit lebih banyak juga file yang dihandle bisa lebih besar, dan prosesnya juga lebih cepat. Tetapi, kekurangannya ya itu, tidak bisa ke mana-mana. Mesti edit di tempat pc itu diletakkan saja.

Dengan pc saya bisa mendapatkan warna foto yang lebih baik. Karena monitor yang digunakan pada pc lebih baik kualitasnya daripada layar laptop yang saya gunakan. Selain itu ukurannya juga lebih besar sehingga ketika mengedit foto terasa lega dan detail.
download aplikasi edit foto for pc windows 7; cara mengedit foto di laptop tanpa aplikasi; cara edit foto di komputer; aplikasi edit foto pc online;


Ada juga laptop yang bisa melakukan editing foto secara profesional. Yang sangat terkenal tidak lain adalah produk dari Apple, yakni Macbook pro. Macbook pro menyasar kalangan fotografer dan visual editor lainnya. Dengan menanamkan layar yang memiliki kualitas tinggi, foto bisa tampil sangat bagus, selain itu hardware yang ditanam di dalam laptop Macbook bekerja sangat cepat. Jadi tidak jarang fotografer membeli Macbook hanya untuk kebutuhan mengedit foto saja.

Perbedaan Macbook dan laptop

Untuk mengedit foto menggunakan laptop, ada sedikit perbedaan antara laptop dengan Macbook. Berikut penjelasannya.

1. Layar Macbook pro memiliki tingkat akurasi warna yang lebih tinggi daripada laptop pada umumnya yang seharga 3-4 jutaan. Fotografer hanya membutuhkan akurasi warna yang tinggi, sehingga foto bisa dicetak atau ditampilkan dengan warna yang normal. Ketika mengedit menggunakan laptop yang pada umumnya terinstall windows, biasanya warnanya sedikit agak meleset.

Untuk itu, supaya mengedit foto di laptop menjadi bagus, haruslah disandingkan dengan laptop dengan harga yang setara dengan harga Macbook. Memang tidak murah, tetapi itulah sebaik-baik laptop. Menurut saya warna akan terlihat normal ketika mengedit pada laptop yang sedikit lebih mahal. Seperti contoh laptop seri atas milik MSI, Asus ROG, Dell XPS, dan Windows Surface.

Tapi, ada juga mereka yang sudah lama terbiasa menggunakan laptop, juga mampu menghasilkan warna yang normal kok.

Jadi, di sini saya tidak mengeneralisir semua laptop itu sama. Tidak sama sekali. Hanya menunjuk sebagian kecil saja.

2. Proses edit foto pada Macbook terasa lebih cepat daripada laptop karena dukungan hardware yang lebih baik daripada laptop murah.

Struktur hardware yang ditanam pada Macbook sedikit berbeda daripada laptop pc yang berbasis windows. Macbook mampu memproses data sedikit lebih cepat daripada windows. Entah mengapa, tetapi pengalaman mengatakan demikian.

Software yang terinstall pada Macbook berjalan stabil dan bekerja sangat cepat dibandingkan windows. Mungkin ini juga pengaruh dari software Apple.

Akhir kata

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya tidak mengeneralisir semua laptop itu sama. Ada juga laptop yang mempu mengedit cepat sama seperti Macbook. Mengedit foto di laptop bisa dilakukan di mana saja, bisa di rumah, di kantor, di cafe, atau di warkop sekalipun. Sedangkan menggunakan pc sudah jelas lebih baik dan lebih cepat prosesnya, namun hanya terkendala dari segi kompatibilitasnya saja.

Jadi yang mana menjadi pilihan anda?