Cara Edit Foto dengan Curve di Photoshop untuk Mendapatkan Efek Film Klasik

Belajar edit foto dengan efek film klasik menggunakan curve di Photoshop


mrfdn - Mengedit foto pada tonal warna bisa dilakukan di photoshop atau lightroom. Dengan bantuan slider curva anda bisa mendapatkan berbagai macam warna yang menarik bagi foto anda.
cara edit foto dengan tone curve adjustment di photoshop dan lightroom

Tone curve ini biasanya dilakukan bagi mereka yang menjual preset lightroom atau photoshp action. Namun tidak semua tonal warna bisa diaplikasikan ke semua foto. Kalau terlalu memaksakan preset tertentu pada satu foto maka haslnya bisa menjadikan foto anda menjadi kurang sedap dipandang.

Dengan mempelajari tone curve ini anda bisa membuat preset sendiri sesuai keinginan anda, dan sesuai kondisi pencahayaan dari foto yang anda edit. Setelah anda mengerti cara mengedit tone warna dengan curve maka anda akan semakin kreatif dalam mengedit foto berwarna.

Ada banyak tutorial photoshop atau lightroom yang menjelaskan tentang cara edit tone curve ini. Salah satunya dijelaskan oleh Julia Trotti. Salah satu fotografer cewek yang foto-fotonya bergaya klasik ala film.. Penasaran bagaimana cara mengeditnya, silahkan ikuti tutorial berikut. Pada tutorial ini saya mencontohkannya pada photoshop. Anda juga bisa mengaplikasan cara yang sama pada lightroom.

1. Pertama buka foto anda di Photoshop
2. Klik curve adjustment
3. Mainkan slider curve. Coba klik tiga titik seperti contoh di bawah ini. Lalu geser ke atas dan ke bawah. Sampai anda mendapatkan warna yang bagus.
mengedit foto dengan curve adjustment di photoshop mudah

4. Pindah ke channel warna lain. Pada bagian atas klik rgb, lalu ganti ke warna red, green, dan blue, lalu lihat apa yang terjadi ketika anda menggeser slider curve tersebut.
5. Kalau menggesernya ke atas maka warna akan menjadi lebih terang, jika menggeser ke bawah maka warna akan menjadi lebih gelap.
6. Setelah mendapatkan efek yang diinginkan, simpan gambar anda.

Ini contoh hasil foto saya menggunakan tone curve. Warna lebih pop up, dengan sedikit sentuhan efek film (film look). Udah keren belum?

cara edit foto dengan tone curve di photoshop dan lightroom

Kalau penasaran step by step cara editnya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini..