Tips Memilih GAPPS yang Tepat untuk Perangkat Android

Apa itu gapps dan bagaimana memilih gapps yang tepat

mrfdn - Apabila anda sedang menggunakan android, dan tertarik untuk melakukan custom rom ke hp anda, anda akan menjumpai istilah gapps.
tips memilih gapps android

Apa sih gapps itu?

Gapps adalah singkatan dari google applications/apps. Yang mana merupakan kumpulan software bawaan dari google sebagai aplikasi bawaan yang harus ada pada sebuah smartphone berbasis android. Kalau tidak ada gapps, android anda tidak akan berfungsi dengan normal.

Anda pasti sudah mengetahui "play store", itu adalah salah satu bundle aplikasi yang terdapat di dalam gapps. Playstore sangat wajib ada dalam sebuah smartphone android, tanpa playstore maka anda tidak akan bisa menginstall aplikasi lain pada hp anda.

Selain playstore google juga melengkapi aplikasi standar lain seperti, kalender, kalkulator, google chrome, kontak, gmail dan lain-lain.

Nah, perlu diketahui bahwa gapps itu sendiri memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Mulai yang rendah sampai gapps yang paling lengkap.

Kok bisa gitu?
Yap, ini merupakan sebuah layanan gratis dari google. Dengan demikian pengguna android bisa memilih sendiri apa yang ingin diinstall pada smartphonenya.


Jika anda mengunjungi situs open gapps, anda akan dihadapkan pada 9 pilihan. Mulai dari tvstock, pico, nano, micro, mini, full, stock, super, dan aroma.

Tv stock

Merupakan gapps yang ditanamkan pada android tv. Jadi kalau anda install ulang android tv anda anda wajib install gapps tvstock saja. Ini tidak disarankan untuk pengguna smartphone.

GAPPS Pico dan nano

Ini adalah gapps yang paling banyak diinstall mereka yang sering gonta ganti custom rom. Anda bisa memilih antara pico atau nano. Bedanya adalah kalau pico hanya berisi aplikasi standar google seperti google play, sistem base, kalender, sync dan dialer.
gapps nano buat android custom rom
contoh variant gapps yang sebaiknya didownload setelah install custom rom

Sedangkan gapps nano hadir melengkapi gapps pico dengan tambahan android share system, face detection dan face unlock. Jadi bagi anda yang punya android dengan face unlock sebaiknya memasang gapps nano.

saya menyarankan untuk memilih gapps nano saja. Karena ukurannya yang kecil dan sudah cukup untuk bisa menjalankan aplikasi google di android anda.

Micro
Paket ini menyimpan aplikasi standar seperti gmail, google now launcher, pixel icon dan pixel launcher. Dengan tentunya sudah include aplikasi yang sudah disertakan di dalam nano.

Super
Memiliki semua aplikasi yang ada di dalam google seperti youtube, google maps, street view, translate, google plus, google duo, google drive. Keren sekali bukan! Tetapi itu harus dibayar dengan ruang penyimpanan yang cukup besar. Dan tanyakan kembali kepada diri sendiri apakah kita memang butuh aplikasi sebanyak itu?

Aroma
Merupakan pelengkapan dari semua gapps yang ada. Dengan beberapa penyesuaian aroma hadir untuk memuaskan para pengguna android tingkat lanjut.
gapps aroma terlengkap dari android premium
gapps aroma ukurannya sangat besar

Aroma akan memberikan pengalaman android yang sangat maksimal bagi anda. Setelah install aroma mungkin anda tidak akan melirik berbagai macam aplikasi google lagi di playstore.

Nah, selain pilihan di atas, sebelum mendownload anda juga perlu memilih gapps apa yang cocok untuk device android kita. Misalnya kita install android pie android (9.0) maka kita harus juga memilih gapps yang versi 9.0. Kalau memakai rom oreo, maka harus pilih gapps versi 8.1. Intinya sesuaikan gapss dengan rom yang dipasang.

Biar tidak bingung mencocokkan angkanya, berikut keterangan versi android yang bisa diinstall GAPPS saat ini,

PIE = 9.0
OREO = 8.0 dan 8.1
NOUGAT = 7.0 dan 7.1
MARSHMALLOW = 6.0
LOLIPOP = 5.0 dan 5.1
KIT KAT = 4.4
Sekarang rata-rata android sudah menggunakan versi Pie, dan dukungan untuk android kit kat dan lolipop sudah mulai ditinggalkan. Beberapa aplikasi juga sudah tidak mendukung untuk berjalan pada sistem android tersebut.

Kemudian mengenai arm atau arm64. Itu adalah istilah untuk spek perangkat anda. Anda harus mengetahui chipset perangkat android anda berjalan pada arsitektur apa, apakah arm atau arm64.

Biasanya untuk smartphone terbaru saat ini sudah menggunakan arsitektur arm 64 yang lebih cepat daripada arsitektur arm.

Cara install gapps pada custom rom android


Download gapps melalui open gapps.

Gapps tidak bisa diinstall seperti install apk seperti biasanya. Gapps juga tidak tersedia di playstore.

Untuk memasang gapps anda harus masuk ke menu recovery, kemudian ke TWRP.
Pilih gapps yang sudah didownload lalu swipe to install.

Proses instalasi gapps biasanya tidak memakan waktu yang terlalu lama. Tergantung berapa besar file gapps yang ingin dipasang.

Sekian penjelasan mengenai memilih open gapss untuk android. Semoga artikel ini bermanfaat.
Loading...