Belajar dari Blog Travel dan Wisata di Halaman Pertama Google

Sudut pandang saya mengenai blog keren yang berada di halaman pertama pencarian Google


mrfdn - Ada blogger yang menginginkan blog-nya terkenal, ada juga yang tidak. Kesenangan menulis orang berbeda-beda.

Ada yang senang menulis karena merasa senang kalau menulis, ada juga yang menulis karena ingin share sesuatu yang bermanfaat, dan ada pula yang sengaja membuat tulisan karena tulisan itu dibutuhkan orang dan dengan itu dia mendapatkan uang, dan lain-lain sebagainya.


Bagi saya menulis dan mendapatkan uang dari google itu adalah hal yang menyenangkan bagi seorang blogger. Saya masih terbilang baru di dunia blogging. Meskipun sudah lama saya mengetahui platform ini.

Menulis pun masih sebatas share pengalaman pribadi, dan sesekali mengecek kata kunci untuk membuat artikel.

Ketika saya membuat artikel yang menembak kata kunci, saya selalu berpikir, apakah tulisan ini akan bisa mengalahkan artikel blog yang sudah lama berada di halaman pertama google?

Saat membaca-baca tulisan orang di sana, bagi saya cukup sederhana kok yang dijelaskan, tetapi kenapa blognya tidak bisa digeser?

Pasti banyak faktornya seperti, domain authority yang tinggi sehingga membuat google terus mempertahankan blog tersebut untuk berada halaman itu. Atau mungkin karena blog tersebut memberikan manfaat kepada orang, sehingga nilai sharenya semakin banyak, dan pastilah google mempertimbangkan akan menaikkan ranking tulisannya ke halaman pertama. Dan masih banyak faktor lain yang belum saya pahami betul.

Di luar situs yang berkategori news atau berita, saya bisa belajar satu hal dari situs/blog mereka yang berada di halaman pertama. Yakni, cara menyampaikan informasi yang tidak bertele-tele, yang penting padat dan jelas. Boleh saja bercerita tetapi jangan sampai meninggalkan kesan informatif.

Di lain hal saya juga mempelajari cara mereka menempatkan iklan. Karena saya senang ngeblog dan adsense merupakan salah satu faktor penambah semangat menulis. Hehehe..

Penempatan iklan yang baik akan sangat berpengaruh kepada hasil yang didapatkan.

Contoh penempatan iklan blog wisata/travel

Misalnya, sebuah blog yang membahas tentang traveling atau wisata. Penempatan iklan yang mereka lakukan adalah ::
- Pada awal artikel menempatkan iklan yang bergambar (bisa responsif atau bisa juga square). Iklan yang muncul akan memberikan gambar-gambar menarik yang akan membuat pengunjung mulai tertarik, peluang kliknya akan tinggi.
- Pada bagian tengah artikel juga terdapat iklan bergambar (bisa juga iklan native)
- Pada bagian akhir mereka menempatkan iklan tautan / link. Setidaknya ini akan menyumbang banyak klik ketika orang selesai membaca tulisan tersebut. Karena dengan link tautan orang secara tidak sadar bisa langsung mengklik opsi yang disediakan, oleh karena tulisan yang bersifat informatif dan pengajakan yang bagus oleh si penulis blog travel/wisata tersebut.

Sangat menarik sekali. Satu kata, cerdas.

Kalau anda memiliki blog yang membahas wisata, boleh mencoba hal demikian.

Akhir kata

Demikianlah sudut pandang saya mengenai blog-blog yang bertengger di halaman pertama google. Posisi mereka memang sulit untuk disaingi, tetapi untuk beberapa hal kita bisa meniru bagaimana mereka membuat artikel, penyampaiannya bagaimana, dan bagaimana mereka menempatkan iklan yang baik.

Tapi kembali lagi dimana kesenangan anda, kalau memang suka menulis karena itu saja ya why not. It's okay.
Loading...