Cara Melakukan Blogwalking di Blogger Tanpa Harus Mengetikkan Situs Orang

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

Cara melakukan blogwalking di blogger dengan sangat mudah

mrfdn - Blogwalking atau bw merupakan satu hal yang menyenangkan. Mengunjungi artikel-artikel teman di blog, membaca lalu memberikan komentar atau tanggapan adalah satu hal yang menyenangkan.

Tetapi kadang dalam melakukan blogwalking kita harus ketik satu alamat blog yang ingin kita kunjugi. Hal itu mungkin terasa melelahkan, sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk anda bisa membaca tulisan teman kita yang terakhir dan terupdate. Pada bawah nanti akan saya jelaskan.

Bagi anda yang mungkin baru ngeblog, anda setidaknya sekali-sekali melakukan blogwalking ini. Ada banyak manfaatnya, seperti ::
- blog anda jadi lebih terkenal
- tulisan anda jadi punya karakter
- punya teman dan kenalan baru
- menemukan inspirasi dari penulis lain
- pengunjung/trafik blog anda semakin ramai
- membuka pikiran bahwa tidak semua yang ngeblog itu mengenai tutorial dan traveling saja
- dan masih banyak lagi, anda akan temukan sendiri nanti seiring waktu berjalan

Dari berbagai manfaat di atas kiranya aktifitas blogwalking tentu menjadi sarana buat kita dalam nge-blog.

Bagaimana cara melakukan blogwalking yang baik

1. Pertama-tama anda harus dapatkan satu atau dua blog dulu yang kiranya dapat menjadi blog favorit anda untuk datangi. Biasanya blog yang anda sukai itu punya banyak komentator di setiap artikelnya.

2. Buka halaman utamanya (home), lalu temukan bagian yang tertulis followers. Kalau tidak terdapat tulisan followers, lakukan hal di bawah nanti. Kalau terdapat tombol follow, klik follow.
cara-blogwalking-blogger-reading-list
widget followers saya pasang di footer home saja, difollow ya guys. Gratis. :)
Maka secara otomatis anda sudah mengikuti blog tersebut. Jangan khawatir, memfollow blog itu gratis kok, tidak berbayar sama sekali, dan tidak menimbulkan pemberitahuan di email anda, spam atau semacamnya tidak ada. Aman karena ini adalah milik Google.

3. Setelah anda klik follow, anda masuk ke salah satu artikelnya yang memiliki banyak komentar, buka profil salah satu komentator. Pada bagian contact me klik "my web page" atau di bagian my blogs klik blog apa saja yang dimiliki oleh komentator tersebut. Setelah itu lakukan hal yang sama seperti nomor 2, klik follow kalau widget followers itu disematkan dalam blognya.

Lakukan pada setiap blog yang anda kunjungi, semakin banyak blog yang difollow maka kesempatan anda mendapatkan followers juga semakin bagus.

Sampai di sini anda sudah punya beberapa blog untuk difollow. Kemudian selanjutnya anda pasang juga widget followers di blog anda. Tidak usah merasa sedih kalau terlihat followers masih belasan tidak masalah sama sekali. Ini hanyalah soal waktu. Hehe..

Tempatkan saja widget followers di bagian sidebar blog anda, atau pada bagian footer.

Okey, sampai di sini anda sudah cukup punya beberapa blog yang sudah anda follow. Mari kita melakukan blogwalking.

Melakukan blogwalking dari menu reading list di blogger

Ada cara yang sangat mudah tanpa harus mengetikkan lagi alamat blogger yang ingin kita kunjungi. Semua blog yang sudah kita follow tersebut tersimpan di halaman reading list. Dari sini anda bisa melakukan blogwalking dengan sangat menyenangkan.

Anda masuk ke dashboard blogger anda. Pada bagian bawah di bawah pengaturan / setting, klik tulisan Reading List. Di sana anda akan melihat banyak sekali tulisan dari blog orang yang sudah anda ikuti.
cara-blogwalking-blogger-reading-list


Dari menu reading list ini sebenarnya ada cara lain untuk memfollow blog orang yang tidak memasang tombol follow di blognya. Caranya seperti ini.
1. Pada bagian sudut kanan atas, terdapat icon pena (manage blog i'm following). Klik.
cara-blogwalking-blogger-reading-list

2. Pada halaman yang muncul klik tulisan add yang berada di sudut kanan atas.
3. Masukkan url atau alamat blog orang yang ingin anda follow. Anda bisa memasukkan beberapa url sekaligus, dengan menekan tombol add another. Setelah mengisi url selanjutnya tekan next.
4. Tekan ok untuk konfirmasi.
5. Selesai. Anda sudah punya berbagai macam daftar blog yang bisa anda kunjungi untuk melakukan blog walking.

Sangat simple bukan!

Nah, sekarang mari kita bahas mengenai fitur reading list ini lebih lanjut.

Di dalam kolom manage blog i'm following, anda bisa menghapus atau unfollow blog yang tidak ingin anda lihat lagi. Caranya dengan menekan tombol stop following yang bergambar tong sampah yang berada di sebelah kanan daftar.

Di reading list anda akan melihat daftar tulisan berdasarkan blogger yang telah menerbitkan tulisan terakhirnya. Diurut berdasarkan tulisan terupdate.

Selain itu anda juga bisa membaca berdasarkan tulisan dari blogger tertentu yang anda ingin lihat tulisannya saja, dengan cara menekan tombol nama blog di sebelah kanan. Semuanya akan diurut berdasarkan dari tulisan terakhirnya.

Akhir kata

Nah itulah cara melakukan blogwalking dengan memanfaatkan fitur reading list di blogger. Mungkin di antara teman-teman masih ada yang belum pernah mengklik fitur keren ini dari blogger. Silahkan dicoba lalu kunjungi situs yang anda sukai.

Semoga bermanfaat.