Fungsi Advanced dari Plugin Wordpress Akhirnya Saya Ketahui

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

Akhirnya tahu fungsi dari advance dari plugin itu

mrfdn - Di sini saya hanya menuliskan catatan mengenai apa yang saya pahami. Alasan saya menulis simple, supaya saya bisa ingat saja, jadi buat anda yang sudah bisa menyimpulkan isi tulisan ini dari judulnya saja, silahkan di skip.

Saya pengguna blog wordpress juga. Meskipun cuma satu dua blog di sana, saya belum tahu banyak mengenai hal ini. Sebelumnya saya cukup tahu saja tentang bagaimana sistem pempostingan artikel dari  WP. Setelah mengetahui hal ini saya jadi tahu mengapa orang banyak yang pakai wordpress. 

Apa yang bisa dilakukan dengan memasang Plugin di Wordpress?

Ada hal yang menarik yang saya akhirnya paham mengenai wordpress, yaitu mengenai plugin.

Plug in di wordpress yang paling terkenal seperti Yoast, yang mana katanya bisa memberikan sinyal kepada si pembuat konten bahwa kontennya sudah masuk seo, atau belum cukup seo.

Begitulah sependek pengetahuan saya dahulu, "oh, jadi plug in itu gunanya hanya untuk itu saja".

Its fine. Lalu saya tinggalkan. Karena saya tidak terlalu tertarik akan hal demikian.

Oh iya, dari tulisan yang saya baca di Quora, terdapat lebih dari 29.000 plugins wordpress pada tahun 2016, yang bisa anda gunakan untuk membuat website sesuai keinginan anda.

Wow. Developer begitu banyak yang mendukung wordpress berkembang pesat.

Nah di blog utama saya, salah satunya yang ini, blogger. Di sini yang saya serius untuk fokusi saja. Saya selalu mencari cara untuk bisa membuatnya tampil bagus, keren, cepat, dan sebagainya. Hehe..

Kalau di blogger kan kita tahu di sana kita bisa mempercantik blog dengan menambahkan elemen yang ingin ditampilkan seperti labels, headers, pages, tombol followers, dan lain-lain. Itu semua tersedia di dalam widget/gadget.

Namun beda halnya dengan wordpress. Mereka memiliki plugins. Plug in ini fungsinya kurang lebih sama seperti widget atau gadget di blogger, tetapi bisa lebih advance.

Misalnya, anda ingin membuat tampilan blog anda menjadi grid seperti tampilan postingan di bukalapak atau tokopedia, anda bisa mecari plugin untuk itu. Atau anda ingin mengubah tampilah headernya dan menunya, anda bisa memasangkan plugin yang berfungsi untuk itu. Jadi lebih advance kan.
fungsi-advance-plugin-wordpress-keren
gambar :: d-board. net

Untuk menjadi catatan adalah bahwa plug-in di wordpress ini semakin banyak dipasang di blog, maka blog akan menjadi lebih lambat, karena setiap plugin harus bekerja satu-per satu.

Beda halnya jika anda memasangkan template yang sudah didesain untuk tampil seperti grid, template yang demikian akan berjalan normal apa adanya, tidak seberat dengan memasang plugin.

Plug in wordpress, ada 2 versi. Ada yang gratis, dan ada juga yang harus berbayar. Dengan segenap fasilitas dan kelebihannya pasti plugin berbayar akan lebih bagus.

Ada juga yang berikan versi gratis dulu, nanti setelah waktu tertentu akan dinakan biaya untuk lanjut memakainya.

Jadi di sini bisa dilihat kelebihan dari plugin yang terdapat pada wordpress. Tanpa harus mengotak atik tampilan css dari template yang kita miliki, dengan hanya beberapa klik, kita bisa mengubah tampilan blog wordpress kita menjadi semakin cantik.

Cara mencari plug-in wordpress sesuai keinginan

Untuk mencari dan memasang plugin di wordpress, anda cukup masuk ke sidebar wordpress
>> Kemudian di bagian bawah appearance,
>> Terdapat menu plugin.
Di dalamnya anda bisa mengetikkan apa yang anda inginkan, nanti sistem akan menampilkan dan merekomendasikan anda plug in yang anda inginkan.
>> Pasang, lalu ikuti cara penggunaannya.

Kesimpulan

- Mengubah tampilan blog di wordpress dengan plug in sangatlah bisa
- Plug in wordpress itu ada yang berbayar dan gratis
- Anda bisa mengubah tampilan blog anda seperti grid atau kolom-kolom thumbnail saja dengan plugin
- Terlalu banyak memakai plug-in akan mempengaruhi performa web

Pantas saja banyak yang mengatakan blog wordpress itu bagus-bagus. Ya karena dukungan dari fitur plug-ins yang ada di sana.

Dengan bantuan plugin ngeblog dengan wordpress membuat anda lebih bebas mengatur website anda tampil seperti apa, tanpa harus tahu banyak mengenai kode-kode atau bahasa pemprograman komputer. 

Kalau di dalam tulisan ini ada yang keliru atau kurang saya ketahui, tolong tambahkan di kolom komentar di bawah.

Demikian catatan saya.