7 Cara Main Game PUBG, Mobile Legend, Free Fire Supaya Tidak Panas di Tangan

Cara main game PUBG mobile supaya handphone tidak panas

mrfdn - Anda sedang membaca artikel ini mungkin sedang mengalami masalah dengan panasnya smartphone anda ketika bermain pubg mobile.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bermain game yang lumayan berat seperti pubg akan memakan lebih banyak daya daripada aplikasi lainnya.

Salah satu penyebab panasnya handphone saat bermain pubg mobile adalah karena bekerjanya prosesor dan vga untuk merender banyaknya informasi.

Dan tahukah anda bahwa handphone yang memiliki spek yang tidak terlalu tinggi akan memproses grafik yang besar tersebut untuk bisa ditampilkan di layar smartphone anda. Lalu karena kurangnya kemampuan smartphone itu untuk bisa memproses lebih cepat maka smartphone akan mengalami panas yang berlebih saat bermain pubg mobile.

Lalu perlu diingat bahwa selain device smartphone yang kurang tinggi, faktor jaringan internet yang digunakan juga sangat berpengaruh kepada panasnya handphone. Jaringan yang lambat akan memaksa perangkat untuk bekerja lebih supaya bisa menghasilkan ping yang tinggi terhadap internet.

Jika ping yang didapatkan menunjukan angka yang besar seperti (200-300 dan seterusnya) maka game pubg juga akan menjadi lambat responnya.

Baca juga :: Mengatasi lag game pubg mobile

Untuk itu ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan ketika mendapatkan handphone anda panas saat bermain pubg mobile.
penyebab pubg mobile panas di tangan


1. Sebelum bermain PUBG Mobile hapus semua recent app

Ini sangat penting. Terlebih jika spek smartphone adalah smartphone kentang. Bermain pubg haruslah benar-benar hanya menjalankan game pubg mobile saja. Jangan yang lain. Maka dari itu sebelum membuka aplikasi game terlebih dahulu bersihkan recent app anda.

2. Gunakan settingan grafik rendah

Di dalam settingan grafik pubg mobile terdapat beberapa pilihan seperti smooth, balance, HD, HDR, dan ultra HDR. Selain itu ada juga settingan fps (frame per second) yakni low, mid, high ultra sampai extreme.

Untuk handphone yang super kentang, default hanya bisa menjalankan game dengan settingan grafis low dan smooth. Meskipun begitu hasilnya tetap juga panas. Karena handphone yang memang tidak kuat.

Jika handphone anda bisa menjalankan sampai ke fps extreme, artinya mampu menjalankan game dengan pengalaman terbaik. Semakin tinggi fps maka semakin lancar game tersebut untuk dimainkan, semakin halus gambarnya.

Jika anda nyaman dengan fps high, yang sekitar 60 fps, menurut saya sebenarnya sudah sangat nyaman bermain pubg mobile. Saat diturunkan lagi ke mid, maka akan berubah sekitar 30 fps, dan handphone menjadi sedikit lebih adem.

Jadi intinya menggunakan spek grafis rendah, handphone tidak akan terasa panas, tetapi pengalaman bermain game sedikit berkurang.

3. Matikan mobile data dan gunakan jaringan wifi

Seperti yang telah diterangkan di atas bahwa bermain pubg dengan mobile data sedikit akan membuat smartphone manjadi panas. Cobalah bermain pubg dengan jaringan wifi di sekitar anda. Dengan jaringan wifi smartphone akan tidak kewalahan untuk memproses data dari kartu sim anda.

Pastikan juga wifi nya kencang. 

Karena kalau wifi lemot maka pengalaman bermain game juga akan menjadi kurang nyaman. Efeknya biasa game menjadi lag, bahkan minta game close. Anda pasti tidak ingin tiba-tiba bermain squad kemudian jaringan anda sendiri yang lambat bukan!

Kalau handphone yang anda pakai xiaomi redmi 4x dan sudah di root atau dipasangkan twrp, anda bisa menginstall atau flash driver wifi fix bernama eximious v1 pada link ini

4. Gunakan hard case atau soft case smartphone

Ini lebih ke kenyamanan tangan anda. Bagian belakang smartphone biasanya pada bagian dekat kamera akan menjadi lebih panas. Itu karena posisi processor dan vga nya berada di sana. Game pubg akan memakan resouce yang lebih untuk dijalankan. Sehingga menyebabkan smarphone terasa panas.

Untuk membuat sedikit lebih adem, gunakan hard case atau soft case. Ini sedikit akan menjadikan tangan anda tidak gerah atau kepanasan saat menggenggam hape anda.

5. Gunakan stik game berkipas


stik-game-berkipas-supaya-tangan-tidak-panas
Ini adalah solusi paling bagus. Bentuknya sama seperti stik pada umumnya, tetapi pada bagian atasnya terdapat 2 kipas yang berputar.

Cara pakainya sangat mudah, cukup menjepit hp lalu tekan tombol power untuk menyalakan kipasnya.

Stik ini punya baterai yang bisa dicharge menggunakan kabel usb, dan tidak menggunakan power dari hp untuk menyalakannya.

Beli di toko handphone atau pesan di toko online favorit anda.

6. Bermain game di depan kipas angin

Terakhir cobalah bermain di depan kipas angin, ini arahkan kipas angin ke smartphone anda.

Sedikit kelihatan bodoh sih, tapi ini bisa dilakukan di kamar anda saat anda santai bermain pubg atau game lainnya yang serupa.

7. Ganti handphone yang lebih baik

Game pubg selalu melakukan update. Dan setiap kali update tentu akan menambahkan hal-hal untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik. Makanya update tersebut harus didukung dengan smartphone yang canggih, yang memiliki spek yang lebih tinggi.

Akhir kata

Itulah beberapa tips mencegah handphone menjadi panas ketika bermain pubg. Anda bisa memilih yang mana yang lebih pas buat anda, supaya anda bisa chicken dinner.


Loading...