Cara Mengukur Luas Suatu Tempat Tanpa Harus Turun ke Lokasi

Cara mengetahui luas suatu tempat dengan mudah dengan GPS Google Maps

mrfdn - Jika anda hendak membeli sebuah rumah atau tanah tentu anda mempertanyakan dahulu berapa luas dari lokasi tersebut. Pengukuran suatu lokasi bisa dilakukan dengan 2 cara yakni turun langsung ke lapangan lalu mengukurnya dengan alat ukur, atau cara kedua yang lebih mudah.

Yakni dengan membuka Google Maps.

Yap kalau anda belum tahu, google maps menyimpan suatu fitur yang sangat keren yaitu fitur mengukur jarak dan luas suatu tempat. Dengan begitu anda tidak mesti turun ke lokasi untuk mengukur tempat tersebut.

Cara mengukur jarak, lokasi tanah atau bangunan dengan menggunakan google maps.


1. Buka google maps
2. Ketik lokasi yang anda inginkan. misalnya di sini saya ingin mengukur berapa panjang tulisan City of Makassar yang berada di Pantai Losari Makassar.
tulisan city of makassar

3. Klik pada bagian sudut kiri bawah tombol satelit sehingga anda bisa melihat lokasi secara gambar yang sebenarnya.
4. Arahkan lokasi yang anda inginkan, dengan lebih tepat. Lakukan zoom-in dengan menggeser scroll whell di mouse anda atau menekan tombol + dan - pada bagian sudut kanan bawah.
5. Klik kanan pada bagian kosong lalu pilih measure distance.
mengukur luas jarak suatu tempat atau lokasi dengan mudah dengan google maps atau gps

6. Mulai klik tiap sudut bagian lokasi yang ingin anda ukur.
7. Pada bagian bawah langsung akan muncul berapa jarak/panjang dari lokasi yang anda telah ukur sesuai titik yang anda klik.
mengukur panjang tulisan city of makassar dengan google maps
Saya mendapatkan panjang tulisan City of Makassar adalah sekitar 45 meter.
 8. Jika anda ingin mengukur berapa luas suatu tempat, arahkan titik pertama terus mengitari lokasi anda. Kemudian anda kembali ke titik awal anda memulainya.
luas mesjid 99 kubah di makassar
Di sini saya mencoba mengukur luas mesjid 99 kubah yang terletak di seberang pantai losari. Dan saya mendapatkan luasnya sekitar 11.000 meter persegi, atau sekitar 1.1 hektar.
 9. Pada bagian akhir anda akan melihat berapa luas suatu tanah atau tempat atau lokasi yang anda inginkan.

Sangat mudah bukan?

Namun, ini bukanlah ukuran yang sebenarnya. Tidak bisa dijadikan patokan yang pas. Sebab keterbatasan google maps dalam menunjuk suatu titik. Belum begitu akurat.

Untuk hasil pengukuran yang lebih tepat dan akurat, kita harus percayakan kepada pengukuran yang dilakukan oleh instansi yang bekerja dalam hal ini, seperti contohnya Badan Pertanahan Nasional.

Tetapi, tidak ada salahnya bagi anda untuk mengira-ngira secara kasar berapa jarak suatu tempat yang akan anda tuju atau berapa luas tanah atau bangunan yang ingin anda beli.

Semoga artikel ini bermanfaat.