Keren ROM AEX Dapat Fitur Gaming Mode

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Review rom AEX dengan kernel WOLF bawaan di Redmi 4x


mrfdn - Apa itu AEX? AOSP extended adalah singkatan dari android open source project. Ini merupakan custom rom yang bisa anda pasang di handhone android anda. Misalnya anda memiliki handphone android xiaomi Redmi 4x yang mana rom bawaannya adalah miui, maka anda bisa menggantinya dengan rom AEX ini.

Secara kasar bisa dibilang seperti menginstall windows ke linux di komputer atau laptop gitu. Sebagaimana kita ketahui bahwa andoid adalah sistem yang dikembangkan berdasarkan sistem linux.

Di situsnya tertulis AOSPextended rom an android custom rom that aims to provide useful customizations with stability.
rom-aex-redmi-4x-kernel-wolf-terbaru dengan fitur gaming mode


Pengembangnya pada awal bernama Shubham Singh. AEX sendiri sudah ada sejak tahun 2016. Belum lama sih, tetapi pengembangannya sangat pesat dan bagus. Membuat pengalaman menggunakan android lebih menyenangkan.

Sampai sekarang (artikel ini terbit) rom AEX sudah berada pada versi 6.2 yang mana menggunakan sistem operasi android pie 9.0. Dengan kernel bawaan kernel wolf versi 4.5+.

Setelah saya pasang romnya saya memasang lagi kernel wolf terbaru yakni versi 5.7+, makin smooth jadinya.

Selain AOSP extended, anda mungkin pernah mendengar rom-rom seperti aokp, cyanogenmod, lineageos, miui, oxygenos, resurrection remix os, dan lain-lain. Mereka adalah induk dari beberapa custom rom yang berada di tangan developer. Ada yang sudah berhenti dikembangkan, dan ada juga yang masih terus didevelop.

Alasan memasang rom AEX

Jika anda memang penasaran memakai custom rom, tidak ada salahnya menggunakan AEX. Dari beberapa custom rom yang bertebaran, ternyata banyak sekali developer yang menggunakan AEX based untuk menciptakan custom rom yang lain. Seperti misalnya Pixel Experience.

Memakai rom Pixel Experience seperti menggunakan sistem operasi google pixel. Semua ini berkat adanya customisasi yang berikan oleh para developer. Mulai dari tampilan sampai fitur-fitur yang ditanam di dalamnya.

Kalau anda menginstall rom AOSP extended ini maka anda seperti menginstall android murni dengan beberapa settingan kustomisasi.

Selain tampilan, segi performa handphone juga perlu seimbang supaya handhphone berfungsi dengan baik.

Kelebihan memasang rom AEX

Terdapat fitur yang saya sukai dari rom AEX terbaru ini. Di antaranya :

Free ads iklan atau aplikasi sampah
Kita kadang kesal melihat iklan atau aplikasi sampah yang tidak diinginkan berada di android kita. Seperti pada saat pertama kali kita membeli smartphone.

Ada-ada saja aplikasi yang ditaman oleh brand hp, tetapi kita sebagai pengguna jarang sekali memakainya.

Selain karena tidak berguna sama sekali juga mengandung iklan yang sering muncul di smartphone kita.

Dengan custom rom kita bebas dari hal itu semua.

Mengaktifkan atau menonaktifkan tombol navigasi

Saya sangat menyukai fitur ini karena navigasi bisa tampil di layar dan tombol navigasi bisa dinonaktifkan.

Hide apps drawer dari rom

Fitur ini berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi yang berada di halaman drawer atau menu aplikasi tanpa mesti menghapus atau uninstall aplikasi yang kita miliki.

Gaming mode di rom AOSP Extended

Saya belum pernah menemukan fitur ini di rom manapun. Setelah menginstall rom AEX saya merasa surprise menemukan fitur ini terpasang di quick setting.
gaming mode aex redmi 4x

Dengan mengaktifkan gaming mode fungsi hape akan berubah menjadi selayaknya sebuah hape game. Contohnya, menonaktifkan panggilan masuk, menonaktifkan notifikasi, menonaktifkan tombol navigasi (home, back, recent), dan lain-lain. Jadi anda akan fokus bermain game saja.

Hasil rekaman suara lebih jernih di Redmi 4x

Saya juga menemukan fitur screen record dan voice record. Dan saya menyukai fitur perekam suarnaya. Seperti saat saya merekam suara dosen sedang menerangkan di kelas. Atau membuat status di whatsapp yang isinya hanya suara, hasilnya akan menjadi lebih jernih daripada rom yang lain.

Wallpaper keren-keren di AEXpapers

Selain itu terdapat juga sebuah wallpaper option yang mana kita bisa memilih wallpaper dan gambar screen lock keren dari AEX secara gratis dengan resolusi tinggi. Menjadikan hape anda menjadi AEX bangetlah.

Fitur keren lain seperti
Gesture navigation – yang mana akan mengganti fungsi dari tombol recent apps menjadi slide. Caranya dengan menekan tombol home lalu slide ke kiri atau ke kanan. Karena android jaman sekarang sudah banyak yang memakai fitur gesture ini untuk bernavigasi. Dan masih banyak kelebihan lainnya.

Kekurangan rom AEX
Setelah mencoba memakai rom ini lama kurang lebih 4 minggu, saya menemukan lag yang sangat parah di game PUBG saya. Awalnya saya mengira karena jaringan, ternyata tidak juga. Saya melepas config memainkan dengan settingan standar hape, hasilnya tidak lagi smooth seperti biasanya. Saya memasang kembali config favorit saya, namun hasilnya tidak memuaskan.

Kesimpulan mengenai Rom AEX dengan game PUBG

Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil dari sisi permainan pubg yang terbilang salah satu game berat ini adalah rom tidak terlalu mulus memainkan pubg. Meskipun di awal saya merasakan mulus, entah mengapa seiring waktu redmi 4x jadi tidak begitu mulus memainkan game. Masih lebih smooth, lancar dan stabil di rom Arrow os sebelumnya.

Baca juga :: Custom Rom Gaming Arrow os buat main PUBG

Cara memasang rom AEX di smartphone android redmi 4x

Untuk memasang rom AOSP extended anda mesti mengetahui dan lakukan hal berikut :

1. Must have unlock bootloader - sebab tanpa unlock bootloader anda tidak bisa mengakses android anda. Setelah itu anda pasang twrp melalui adb.
2. Must-have custom recovery - ini yang saya maksud dengan twrp. Untuk mengakses android dari menu recovery.
3. Download rom AEX extended terbaru
4. Masuk ke recovery mode melalui twrp di sini saya menggunakan twrp orange fox.
5. Lakukan wipe data system cache dalvik
6. Install rom & gapps nano
7. Reboot - pada boot pertama akan memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit. Untuk setup dan lain-lain.
###Enjoy
rom-aex-redmi-4x-kernel-wolf-terbaru

Setelah saya memflash rom AEX ini, saya mendapatkan update terbaru kernel wolf yakni versi 5.7. sehingga saya pun langsung install saja. Hasilnya berjalan lebih smooth, ringan dan adem daripada kernel bawaan.

Silahkan download rom AEX terbaru.

Akhir kata

Rom AEX sangat bagus untuk anda yang menyukai kustomisasi. Kalau rom lain dibuat khusus untuk game, mungkin berasal dari rom AEX ini dengan beberapa tweak yang sudah diperbaiki demi untuk memperlancar permainan game. Jadi bisa dibilang inilah induk dari rom-rom gaming yang ada. Seperti contoh rom Pixel Experience, havoc, atau Arrow os semua based on AOSP extended.

Jadi kalau demikian mengapa tidak mencoba rom AEX saja dulu.