Apa itu Recoil Pada Game PUBG dan Cara Mengatasinya

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Apa itu recoil dan cara mengatasinya

mrfdn - Recoil merupakan satu istilah yang sering disebut player game PUBG. Mungkin bagi sebagian orang terutama yang pemula bermain pubg mobile sering mendengarkan istilah ini. Sebenarnya apa sih recoil itu?

Dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan apa yang dimaksud dengan recoil, serta bagaimana kiat dalam mengatasinya.

Tapi sebelumnya saya bukanlah yang jago-jago amat main game pubg, istilah ini saya dapatkan dari share beberapa teman. Sehingga saya tarik kesimpulan dalam artikel ini.

Apa itu recoil?

Recoil berasal dari bahasa Inggris yang artinya hentakan. Ketika menembak, senjata yang kita gunakan akan mengalami hentakan. Itu dikarenakan setiap senjata memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Ada senjata yang punya damage tinggi, juga memiliki recoil yang besar.

Efeknya adalah pada saat peluru pertama ditembakkan, arah bidikan akan berubah, tidak stay pada posisi yang kita inginkan. Bidikan kita akan kacau.

Adanya recoil dalam pubg membuat game terasa lebih realistis. Kalau arah bidikan konstan mungkin game pubg tidak akan seru untuk dimainkan. Orang-orang pun akan bosan karena bosan tidak adanya hal yang menantang.
apa-itu-recoil-dalam-game-pubg-dan-cara-menguasainya

Macam-macam recoil

Anda harus mengetahui macam-macam recoil dalam bermain game shooting. Dalam game pubg berikut beberapa recoil tersebut

1. Recoil pattern

Dengan recoil pattern anda bisa mengetahui seberapa besar dan termasuk jenis mana recoil yang dimiliki oleh senjata yang anda gunakan. Anda bisa mencoba seberapa besar dampak dari recoil ini.

Di sini kita mencoba melakukan beberapa tembakan dan spray down ke satu tembok atau sasaran yang dekat.

Cobalah masuk ke mode training. Pilih senjata AR, misalnya M416 senjata terbaik PUBG Mobile.
Kemudian arahkan bidikan tepat ke satu titik yang dekat saja. Tidak usah jauh. Kemudian tekan terus menerus lalu habiskan peluru sampai isi ulang / reload.

Anda akan melihat jalur titik titik yang dihasilkan oleh pergerakan senjata. Ada yang ke atas, ke bawah, atau ke samping. Tidak ada yang tetap di tengah di mana arah bidikan awal kita.

Ini dikarenakan sistem game pubg yang realistis.

Sebenarnya begitu pula yang terjadi saat kita mencoba senjata ini sebenarnya. Meskipun saya sendiri belum pernah menggunakan senjata tersebut.

Ketika senjata digunakan untuk menembak musuh, anda harus mengontrol recoil pattern tersebut supaya tidak terjadi pergerakan yang banyak. Anda harus menghasilkan bidikan yang pas selama menembak, terlebih saat melakukan spay down.

2. Horizontal recoil

Horizontal recoil bisa anda rasakan ketika hentakan senjata mengarah ke samping. Bukan ke atas. Ketika melakukan spray down, senjata seakan mengarah ke samping kiri atau kanan.

Untuk mengurangi dampak dari horizontal recoil, cobalah dengan memasang aksesoris attachment seperti angled foregrip dan half grip dan compensator.

3. Vertical recoil

Kalau senjata cenderung mengarah ke atas, artinya senjata tersebut memiliki recoil yang vertical.

Untuk mengurangi dampak recoil dari senjata yang seperti ini, gunakan vertical foregrip, half trip, thunb, dan compensator.

4. Recoil recovery

Recoil recovery maksudnya seberapa besar dampak hentakan senjata sehingga kita bisa kembali lagi ke posisi bidikan awal. Semua senjata punya recoil recovery. Namun yang paling terasa adalah ketika kita menggunakan senjata single bolt seperti kar98, awm, win.

Untuk mengurangi dampak dari recoil recovery senjata tersebut bisa dipasangkan attachment seperti half grip dan light grip.

Senjata yang sebaiknya tidak digunakan karena recoilnya yang besar

1. Akm

Senjata akm merupakan senjata assault riffle yang menggunakan peluru cokelat ukuran 7.62mm. Dari semua senjata dengan peluru cokelat, akm yang paling mudah didapatkan. Tetapi hati-hati dalam menggunakannya. Kalau tidak lincah, maka anda yang akan cepat dihabisi musuh. Itu karena recoilnya yang sangat besar.

2. Vector

Sebagai senjata smg, vector juga mudah didapatkan di beberapa lokasi lot. Tetapi untuk urusan recoil, jangan ditanya deh, parah abis. Kalau attachment tidak lengkap percuma pakai senjata ini.

3. Groza

Groza memang cukup sulit didapatkan. Biasanya muncul di airdrop saja. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan senjata ini. Ada baiknya untuk mengetahui bahwa senjata ini pakai peluru cokelat ukuran 7.62mm, dan memiliki recoil yang besar.

Kelebihan dari senjata ini adalah firing speed nya yang kencang. Sehingga kalau dipakai spray musuh akan lebih cepat mati (kalau kena).

Sekilas mengenai attachment senjata dalam game PUBG Mobile

Anda juga harus mengetahui bagaimana memasangkan attachment yang benar pada setiap senjata. Dan tidak semua senjata punya attachment yang sama. Berikut penjelasan mengenai attachment senjata pubg mobile.

1. Scope

Mungkin ini yang paling gampang untuk dibedakan. Scope maksudnya aksesoris untuk memudahkan kita membidik musuh. Dengan memasang scope kita bisa melihat musuh dari jarak yang jauh.

Attachment untuk scope bisa berupa ::
Red dot sight
Scope x2, x3, x4, x6, dan x8

2. Muzzle

Merupakan bagian paling depan pada senjata. Bagian ini bisa dipasangkan dengan attachment berupa ::
Suppressor untuk meredam suara sehingga kita bisa menembak tanpa diketahui oleh musuh. Suppressor bagus untuk senjata sniper.

Flash hider untuk menghilangkan percikan api yang timbul saat menembak. Ini bagus supaya tidak gampang terlihat oleh musuh.

Compensator atau biasa juga disebut kompe. Gunanya untuk mengurangi recoil. Sebaiknya pemula menggunakan attachment ini. Supaya senjata lebih mudah dikendalikan.

3. Foregrip

Attachment ini dimana semua fungsi dari recoil diatur. Salah menggunakan grip maka senjata tidak akan maksimal. Malah akan sulit untuk digunakan.
Terdapat beberapa grip yang bisa dipasangkan seperti
- Thumb grip
- Angle foregrip
- Vertical foregrip
- Half grip
- Light grip

4. Extend

Attachment ini fungsinya untuk menambah kapasitas. Ada 2 tipe extend yaitu ::

Magazine extend, untuk menambah kapasitas jumlah peluru
Extend quickdraw, untuk menambah kecepatan reload sehingga saat ganti peluru jadi lebih cepat
Hybrid, yang mana merupakan gabungan dari extend pertama dan kedua.

Dengan menggunakan extend, firing speed senjata kita juga bisa bertambah.

5. Stock/pad

Attachment ini tidak ada pada setiap senjata. Terdapat 2 tipe aksesoris yang bisa dipasangkan pada attachment ini yaitu ::
- Tactical stock, untuk mengurangi getaran dan recoil senjata
- Chick pad, bantalan untuk meredam recoil (biasanya dipakai untuk senjata sniper semacam kar, atau awm).

Settingan recoil terbaik untuk beberapa senjata populer

Setelah anda mengetahui apa itu recoil, kini saatnya kita mencoba melakukan beberapa settingan attachment untuk mengurangi recoil pada senjata.

Dalam game pubg kita pasti sudah sering mendapatkan senjata semacam akm dan m416. Kali ini saya ingin membagikan settingan terbaik untuk recoil senjata tersebut.

Setting atachment untuk recoil senjata M416

Senjata m416 memang populer. Hampir setiap player suka memakainya. Selain karena gampang, juga mudah didapatkan, dan damagenya tinggi. Pantas dijuluki sebagai senjata pubg terbaik.

Untuk memaksimalkan senjata m416 biasanya player pro menggunakan thumg grip dan stock. Dengan memasang kedua benda tersebut, saat menembak dalam mode auto atau lagi spray, lebih gampang dikendalikan, dan lebih tepat sasaran.

Setting attachment untuk recoil senjata AKM

Senjata akm juga sangat sering ditemukan di berbagai lokasi. Akm memiliki damage yang besar namun recoilnya sangat kacau.

Maka dari itu anda bisa menggunakan compensator rifle di bagian muzzle nya. Orang biasa bilang kompe. Nanti saat menembak dalam mode auto/spray akan sedikit lebih akurat.

Setting attachment untuk recoil senjata UMP9

Sebagai senjata SMG favorit, anda bisa memaksimalkan kinerjanya dengan menambahkan compensator.

Tips cara menguasai recoil setiap senjata dalam game PUBG

Pelajari dulu spek setiap senjata. Untuk pemula gunakan senjata yang gampang digunakan seperti m416, scar-l, ump9 atau mini-14.

Setelah memilih senjata tersebut, pasangkan dengan attachent atau aksesoris yang tepat. Jangan sampai salah pilih. Ingat, setiap senjata berbeda-beda recoilnya, tidak semua bisa dipasangkan vertical grip, anda harus mengetes lagi bagaimana dampak recoil senjata tersebut tanpa menggunakan attachment.


Gunakan grip yang sesuai dengan karakter senjatamu. Biasanya orang punya grip favorit, karena dia sudah tahu cara pakai senjatanya. Hanya dengan menambahkan grip, akan memaksimalkan fungsi dari senjata yang dimiliki.

Gunakan scope yang sesuai. Scope yang terlalu jauh (bisa zoom jauh) memiliki recoil yang besar kalau tidak sesuai dengan recoil yang dipasangkan. Kalau jarak dekat gunakan saja red dot sight atau scope x2, kalau jarak jauh, gunakan srope x4 lalu kontrol cara menembak anda. Jangan terlalu dispray down.

Menekan tombol tembak yang tepat. Jika menggunakan tombol tembak kanan untuk spray down, gerakkan jari yang menembak tersebut ke bawah/tarik ke bawah. Sehingga dampak recoil bisa dikurangi. Sebaliknya jika menggunakan tombol kiri untuk menembak, jempol kanan akan tetap berfungsi untuk digerakkan ke bawah.

Atur sensitivitas game pubg yang sesuai. Tangan setiap orang bebeda-beda. Ada yang lincah, ada yang baru belajar. Untuk pemula saya menyarankan untuk menggunakan settingan sensitivity low, namun itupun dikurangi lagi. Sesuaikan settingan ads yang pas buat anda.