Artikel Clickbait yang Mengurangi Pengunjung

Tips menambah pengunjung blog - Jadikan pengunjung blog pertama anda berkesan

mrfdn - Bikin tulisan yg dipercaya orang supaya orang tidak menganggap berita yg disampaikan itu bukan hoax.

Kebangetan,

Saya mendapat link artikel yang judulnya ternyata click bait. Saya tidak ingin share link nya di sini. Karena saya tidak ingin itu semakin viral.

Tetapi saya ingin menceritakan pengalaman saya selama membaca artikel itu.

Siapa sih yg tdk tertarik sama yg peristiwa aneh. Misalnya, seekor monyet mati sehabis show topeng monyet, atau foto peristiwa seorang wanita hamil besar lahir di tengah jalan kota.

Dari judulnya saja sudah bikin geger. Jempol ini tidak tahan kalau tidak membukanya.

Namun apa yang terjadi kalau hal tersebut tidak sesuai ekspektasi kita. Rasa sebal campur marah hadir di pikiran.

Mungkin niat si penulis bagus supaya ada yang membaca tulisannya. Supaya pengunjung blognya semakin ramai dan sebagainya.

Tetapi konten juga harus seimbang dong.

Saya percaya bahwa judul pada sebuah postingan artikel itu harus diramu sebaik mungkin, se-click bait mungkin, yang bisa bikin orang penasaran dan menyesal kalau tidak dibuka. 

Judul bisa menjual, tetapi belum tentu kontent. Sayang saja kalau judul bagus tetapi isinya tidak seimbang. Apalagi sampai menipu pengunjung. Di akhir kalimat si penulis malah mengaku lagi, katanya judul di atas hanya pemanis saja.

Yaahh.. Apakah anda tahu apa yang muncul di kepala saya pertama kali mengetahui blog tersebut menghasilkan artikel yang demikian?

Saya pikir, jangan-jangan semua artikel yang diterbitkannya di blog itu mengandung click bait di judul saja. Meskipun terdengar positif, tapi saya tidak ingin menghabiskan waktu membaca artikel yang tidak benar. Berita palsu yang dibuat hanya sebagai judul, tetapi isi berita tidak menceritakan kejadian yang sebenarnya sama sekali.

Wasting time

Saya melihat relative post dan melihat beberapa judul yang bikin penasaran. Tapi saya urungkan. Ya karena itu tadi, rasa percaya sedikit berkurang. Akhirnya menutup halaman tersebut.

Sebagai pengunjung saya merasa ketipu. Ekspektasi saya tidak tercapai.

Pelajaran yang saya dapatkan

Di internet kita memang bebas bisa buka apa saja, kita juga bebas bisa nulis apa saja.

Jika anda blogger yang ingin punya banyak pengunjung di web nya, bikin tulisan yang tidak menipu pengunjung, tulisan yang jujur. Terlebih kalau anda membuat blog yang berupa berita, tampilkan sisi informatif, jangan hanya karena viral saja.

Tulisan yang bisa membuat pengunjung enak membaca, dan merasa punya manfaat karena membaca tulisan di blog anda.

Bukankah kalau apa yang kita beritakan baik dan benar itu malah membuat orang semakin tertarik untuk mencari tahu lebih dalam di blog kita?

Tunjukkan kepercayaan kepada orang lain. Dengan sendirinya pengunjung akan datang ke blog kita.

Sayang sekali kalau artikel dengan judul yang sebaik itu, dishare ke banyak grup, dan dibaca oleh banyak orang. Untuk yang pertama kali mengunjungi tulisan yang seperti demikian mungkin cukup itu yang pertama dan terakhir kalinya datang ke sana. 

Saya sebagai pengelola blog ini sendiri, pun kadang bertanya pada diri sendiri. Apakah tulisan saya sudah cukup bikin orang lain dapat manfaatnya. Semoga saja iya.

Tapi kalau tidak, tolong bantu saya tuliskan alasannya di bawah.