Cara Blogger Bersaing dengan Youtuber

Menurut saya begini cara blogger bersaing dengan youtuber

mrfdn - Tulisan berikut ini hanyalah pendapat semata dari saya. Pengalaman anda dengan saya mungkin berbeda. Kalau anda mendapat manfaat maupun kekeliruan dari tulisan ini beritahu saya di kolom komentar di bawah. 
cara-blogger-bersaing-dengan-youtuber
Darren Rowse Blogger dan Pew Die Pie Youtuber
Sebagai seorang yang hanya melakukan kegiatan blogging, menjawab pertanyaan dari judul di atas lebih simplenya saya menjawab dengan melakuan update kontent berkualitas setiap hari.

Apa yang dimaksud konten berkualitas?
Menurut saya konten yang dibuat berdasarkan riset terlebih dahulu. Dimana sebelum membuat artikel terlebih dahulu si blogger menargetkan satu kata kunci. Dengan melakukan beberapa optimasi maka hasilnya akan lebih baik.

Kata kunci itu harus memiliki jumlah pencarian yang banyak, tetapi punya persaingan yang sedikit.

Menjadi Blogger

Misalnya, blog saya yang membahas tentang android. Mungkin anda sering membaca di blog ini saya sering menyebutkan redmi 4x. Kata kunci dengan hp ini lumayan banyak yang mencarinya di google, tetapi persaingannya sedikit.

Dengan kata lain, bahwa blogger yang membuat tulisan tentang redmi 4x masih sedikit, sedangkan yang orang-orang yang mengetikkan kata kunci redmi 4x di google cukup banyak. Nah di sanalah blogger bisa masuk.

Lain halnya jika anda menggunakan kata kunci abadi seperti cara menghilangkan jerawat. Memang kata kunci ini banyak sekali yang mencarinya di google. Banyak sekali. Tetapi anda harus lihat juga jumlah saingan anda yang membuat artikel mengenai ini tidak sedikit.

Kalau anda memang baru memulai ingin menembak satu kata kunci, cobalah dari hal yang anda kuasai terlebih dahulu.

Di sini saya menulis banyak tentang redmi 4x karena saya memiliki hp ini. Dan saya sudah cukup menguasainya. Sudah beberapa kali saya melakukan otak atik di hp ini. Sehingga ada-ada saja ide yang muncul yang bisa saya jadikan artikel.

Menjadi Youtuber

Bukan hal yang sulit menjadi youtuber. Namun yang dibutuhkan adalah ide yang kreatif dan fresh, konsisten dan sabar.

Memulai sebuah channel youtube harus punya modal itu. Anda harus punya channel yang benar-benar beda dari orang lain.

Mengapa?

Karena youtube mengandalkan penonton dan banyaknya subscriber untuk mendapatkan uang dari adsense.

Kecuali anda ingin membuat channel yang tidak ingin dimonetisasi, bisa saja menghiraukan hal itu. Tapi hari gini tidak banyak yang ingin melakukan hal dengan percuma. Kalau bisa menghasilkan uang, kenapa tidak diseriusi saja, ya gak?

Di situs youtube, setiap harinya ada banyak sekali video yang diupload. Anda harus bersaing dengan banyaknya video untuk menjadi trending, dan mendapatkan banyak penonton di video yang anda buat.

Video yang dibuat haruslah unik, fresh, lucu, atau bermanfaat. Semakin bagus kualitas video yang dibuat dari segi kontennya maka subscriber dan penonton akan semakin banyak.

Ditambah lagi bahwa anda harus konsisten. Karena dengan konsisten, maka seorang youtuber akan melihat sendiri hasil yang akan didapatnya kelak.

Tidak ada orang yang langsung berada di puncak. Semuanya harus merangkak dari bawah. Hingga nanti mendapat kesuksesan dari channel yang dibuatnya.

Kalau anda jarang update atau upload video di youtube anda akan kehilangan penonton, subscriber dan google akan menonaktifkan channel anda untuk dimonetisasi.

Meskipun sebelumnya anda sudah pernah mendapatkan monetisasi dari adsense di akun yang sama. Google akan menganggap bahwa channel itu tidak aktif lagi. Iklan yang tayang akan dihapus secara otomatis oleh google. Akun dan video yang telah diupload tetap tersimpan. Tetapi orang tetap bisa menonton, hanya tanpa iklan lagi.

Untuk mengaktifkannya anda harus aktif melakukan upload video yang rutin lagi. Menambahkan video lebih banyak lagi. Dengan begitu google akan menganggap akun youtube tersebut aktif kembali. Maka tombol monetisasi akan aktif kembali.

Tetapi beda halnya kalau anda melakuakn pelanggaran yang berat di akun youtube anda. Paling fatal jika akun channel youtube anda dibanned oleh google. Permanent. Maka dari itu tetap patuhi aturan di youtube.

Bagaimana cara blogger bersaing dengan youtuber saat ini?

Lakukan riset. Pilih kata kunci.
Pasang add-ons keywords everywhere di blorwser firefox mozilla, atau masuk ke ubersuggest kemudian cari kata kunci yang akan anda bidik.
Lihat nilai tingkat persaingannya apakah rendah atau atau tinggi.

Lakukan dengan konsisten.
 
Akhirnya tiba kita pada kesimpulan, menurut saya blogger dan youtuber punya kolamnya masing-masing. Di mana blogger punya pembaca, dan youtuber punya penonton.

Perlu di catat bahwa

Tidak semua orang suka menghabiskan kuota dengan menonton youtube, dan tidak semua orang juga suka membaca artikel.

Seorang blogger hendaknya bisa terus mengupdate blognya, membuat artikel yang bagus untuk orang baca, konten yang bermanfaat tentunya.

Seorang youtuber hendaknya terus update dengan video-video yang lebih menarik hari ke hari.

Apapun yang anda buat, lakukanlah dengan serius, fokus dan buat itu lebih berkualitas dengan terlebih dahulu melakukan riset.

Terakhir anda harus ingat adalah bahwa rejeki sudah ada yang mengatur. 

Dengan demikian tidak ada lagi persaingan antara blogger dan youtuber.

Catatan, tulisan ini saya buat tidak berdasarkan atas riset kata kunci terlebih dahulu. Muncul ide untuk menulisnya saja, saat sedang menggosok gigi di kamar mandi barusan.

Sudah ya, mau tidur dulu.

Baca juga :: Kata bijak dalam bahasa inggris tentang gamers yang keren dari orang terkenal beserta artinya