3 Cara Supaya Tidak Nafsu Beli HP Baru

Beberapa cara yang bikin saya bertahan pakai Redmi 4x, salah satunya dengan melakukan optimasi supaya performanya semakin lancar

mrfdn - Hp smartphone Xiaomi Redmi 4x yang saya punya 2 tahun lalu alhamdulillah masih bertahan sampai sekarang. Tadinya mau kasi judul, "Cara bertahan dengan hp jadul" karena pembahasan artikel ini tentang mengapa saya masih suka pakai redmi 4x saya, kelebihan dan kekurangannya.

Kalau kita melihat-lihat ukuran ram yang tersemat di hp ini sudah termasuk kecil. Terkadang muncul pikiran untuk mengganti hp ini saja karena performa nya tidak kompromi lagi buat main pubg. Hehehe.. 
Optimasi hp smartphone xiaomi redmi 4x supaya cepat tidak nge-lag saat main game pubg
Foto hp nge lag saat main game. Perlu di optimasi dulu.


Setujukah anda kalau sekarang orang ganti hp karena tidak puas main pubg?

Bagi saya sampai saat ini belum ganti hp ini karena saya merasa bahwa hp ini masih bisa saya explore. Salah satunya dengan melakukan beberapa tweak dalam hal software nya.

Kalau dari segi hardware atau fisiknya, hp xiaomi redmi punya ukuran yang pas. Sangat enak untuk digenggam. Mungkin tidak senyaman ketika menggenggam iphone 6, atau samsung s8.

Tapi bagi saya inilah pilihan yang paling murah meriah mencret yang bisa saya dapatkan.

Beberapa kendala seperti hp cepat panas, atau ngelag kadang muncul. Hal hal seperti itu yang bikin pikiran untuk mengganti saja hp ini. Tetapi saya selalu mengusahakan bagaimana supaya hp ini bisa nyaman lagi saya pakai.

Belum lagi ketika menonton video review hp terbaru di youtube. Rasanya hp ku semakin lama semakin jauh dari yang dibilang smartphone jaman sekarang. Ckckckckck.

Sungguh pikiran ini kadang melayang terlena oleh review-er gadget di youtube sana. 



Cara saya mengoptimalkan dan memaksimalkan performa xiaomi redmi 4x


Alternatif yang saya lakukan kemudian terhadap redmi 4x kesayangan saya adalah melakukan optimasi seperti,

1. Mengganti custom rom Redmi 4x

Apakah tidak bosan melihat tampilan miui yang begitu-begitu saja dari dulu? Mungkin beberapa orang sependapat dengan saya untuk memiliki tampilan menu yang benar-benar beda.

Sepeti tampilan google pixel misalnya. Yang mana lebih mengutamakan fungsi hp dan kenyamanan dalam menggunakan hp. Tidak ada iklan yang muncul, dan lain-lain.

Dengan mengganti custom rom saya mendapat banyak sekali perubahan.
melakukan ganti custom rom, kernel dan ganti casing redmi 4x
contoh hp yang sudah custom rom.
Bukan hanya dari sisi tampilan, tetapi juga merasakan performa hp yang lebih baik. Ketika sudah memasang custom rom saya selalu merasa baru membeli hp baru. Tampilan yang fresh, dan performa yang lebih baik.

Setelah saya memasang custom rom, saya pasti memasang aplikasi wajib, seperti whatsapp, line-lite, telegram, gmail, youtube, notepad, dan game pubg mobile.

Kalau fungsi-fungsi standar seperti menjalankan aplikasi whatsapp, line, dan sebagainya mungkin terbilang ringan, dan masih bisa dihandle oleh redmi 4x saya. Tetapi untuk membuat saya yakin bahwa rom ini lebih bagus daripada rom sebelumnya adalah dengan melakukan test game pubg mobile.

Menjalankan aplikasi berat semacam pubg akan membuat performa hp mencapai maksimalnya. Dengan software rom yang baru saja diinstall akan ketahuan seberapa bagus performa hp xiaomi saya.

Entah sudah berapa banyak custom rom yang sudah saya pasang di hp ini. Semua punya kelebihan dan kekurangan. Dan saya belum pernah puas di satu custom rom saja.

Para developer custom rom selalu memberikan update terbaru, mereka dengan mudah bisa didapatkan di forum-forum. Saya sendiri memantau hal itu di forum redmi 4x yang ada di facebook dan telegram.

Yang di facebook mungkin lokal seputar Indonesia saja, tetapi kalau di telegram di sana lebih sadis. Update terbaru bisa didapatkan dengan cepat langsung di forum resmi si pembuat rom, seperti forum rom aex, rom botlegger, arrow os, pixel experience, dan lain-lain.

Tips: bagi anda yang senang gonta ganti rom juga, ada baiknya anda install telegram lalu cari forum yang membahas hp smartphone anda di sana. Telegram dibuat untuk orang yang aktif main di forum.

Kalau tidak puas, saya lanjut ke tahap kedua yaitu,

2. Mengganti kernel

Tweak selanjutnya yang saya lakukan adalah mencari tahu kernel apa saja yang cocok untuk rom yang sedang saya pasang.

Di sini perlu dicatat bahwa tidak semua kernel itu cocok dipasang di semua versi android. Kernel itu ibarat bios dari hp. Ketika diotak-atik akan mempengaruhi performanya. Di bios komputer anda mungkin pernah mengubah ukuran ram vga anda. Nah, seperti itu fungsi dari kernel.

Dengan mengganti kernel di android ternyata berpengaruh dengan performa rom.

Ada banyak kernel yang sudah saya coba, seperti rockstar, gabriel, clarity, wolf, jaguar, dan lain-lain.

Saat ini saya sedang menggunakan kernel Rockstar v5 dengan rom Pixy os (android based Pie).

Setelah saya mengganti ke versi kernel yang lebih baru, dan lebih baik, saya menjajal kembali game pubg.

Kalau game berjalan dengan lancar, artinya rom tersebut bagus, dan perlu saya berikan tanda bahwa settingan tersebut adalah settingan yang bagus untuk redmi 4x.

Setelah kedua hal di atas sudah saya lakukan, namun belum mendapatkan kepuasan, saya kembali ke cara pertama.

Tapi kalau sudah lama berada di rom dan kernel yang berjalan bagus sekali. Saya mungkin merasa bosan dari sisi fisik/hardware.

Maka cara yang saya lakukan kemudian adalah

3. Mengganti casing hp Redmi 4x

Yap, siapa di antara kalian yang sering jalan-jalan ke toko hp. Lalu mencari-cari casing yang bagus.

Dengan mengganti casing hp rasanya seperti baru. Dari segi genggaman terasa nyaman di tangan.

Saya sudah punya banyak casing xiaomi redmi 4x. Saya membeli yang hard case sampai softcase.

Dan saat ini saya sedang menggunakan casing soft case. Bentuknya sangat sederhana, hitam polos, dan ini adalah casing yang paling tipis yang pernah saya pasang di hp saya ini.
casing hp redmi 4x tipis murah tidak licin bikin enak digenggam
Casing soft case yang redmi 4x saya. Tipis dan harganya murah meriah.
Hp saya terasa lebih enak digenggam,
Tidak licin di tangan,
Kalau main game rasanya adem saja karena panasnya tidak lagi sampai di tangan seperti setrika.

Kadang pula mau pasang aksesoris seperti stiker di bagian belakang, tapi belum nemu penjualnya di sini. hehehe..

Akhir kata

Mungkin saya orang yang gampang bosanan terhadap sesuatu. Dengan mengganti sistem di hp, dan mengganti casing akan sedikit mengobati keinginan saya untuk tidak membeli hp baru.

Memaksimalkan performa dan optimasi hp xiaomi redmi 4x saya rasanya menyenangkan. Lebih menyenangkan daripada membeli hp baru yang memang sudah punya spek yang tinggi.

Entah sampai kapan nanti akhirnya hp redmi 4x bakalan saya ganti.
cara-mempercepat-dan-mengaktifkan-mode-performa-xiaomi-redmi-4x
Hp xiaomi redmi 4x saya pun lebih bagus setelah optimasi.

Mungkin selama tidak ada kerusakan yang berarti di hardware nya mungkin hp ini akan tetap saya pakai. Tapi entahlah.

Sekian. Selamat bermalam minggu.