Pentingnya Memilih Sikat Gigi Yang Tepat

Ada 3 macam sikat gigi

mrfdn - Menyikat gigi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan setiap orang setiap hari. Tentunya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Namun menyikat gigi pun ada hal menariknya. Di sini akan saya coba ceritakan apa yang saya alami. Mungkin tidak terlalu penting. Anda bisa skip saja dari tulisan ini.

Kalau masih lanjut di kalimat ini mungkin saja anda tertarik apa yang akan saya ceritakan. Baiklah kalau begitu.

Sepengalaman saya menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang sudah banyak macamnya. Ada satu hal yang kadang tidak saya sadari. Yaitu memilih sikat gigi.


Mungkin anda sudah tahu bahwa ada 3 macam bulu sikat gigi. Bulu itu dibedakan berdasarkan seberapa keras dan lembut bulu sikat tersebut. Ada yang soft, medium, dan hard.

Perbedaan bulu sikat soft, medium dan hard

Ketika saya menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang soft, saya merasakan nyaman sekali saat menyeka gigi. Tetapi saya kadang merasa kalau terlalu lembut rasanya gigi saya kurang bersih. Imho.

Ketika saya menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang bulunya lebih keras, saya merasa gigi sedikit tertekan akibat pengaruh bulu yang keras tersebut. Tetapi setelah memakainya gigi terasa lebih bersih.

Mungkin beberapa orang suka sikat gigi yang keras, dan tidak merasa sakit saat menyikat giginya. Tapi bagi saya rasanya sedikit tidak nyaman menggunakan sikat gigi yang berbulu keras tersebut.

Akhirnya membeli sikat gigi pun ada spesifikasinya

Kita bisa membeli berdasarkan tipe bulunya yang lembut atau keras. Jadi tidak asal melihat sikat gigi itu kelihatan lucu.

Karena ketika anda punya gigi yang sensitif, menggunakan sikat gigi yang bulunya keras, akan membikin gigi terasa ngilu. Dan kalau dipakai berkepanjangan akan menyebabkan gigi cepat rusak.

Sebelum membeli sikat gigi perhatikan tulisan di kardus / pembungkusnya. Apakah terdapat tulisan soft, medium atau hard. Pilih sesuai kebutuhan anda atau bisa membeli ketiganya lalu mencobanya sendiri.

Akhir kata

Saya bukan dokter, ini hanya analisa saya saja.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada sikat gigi yang bulunya medium. Yang sedang-sedang saja.

Selain itu bulu sikat yang lembut juga akan lebih cepat rusak, daripada yang kasar. Tetapi aturan yang pernah saya baca adalah mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali.

Apabila gigi kita ada yang berlubang, ketika menyikat gigi akan berdarah. Mungkin anda pernah mengalami hal demikian. Itu karena sikat gigi melukai gusi kita.

Maka dari itu penting sekali memilih sikat gigi yang cocok bagi kita. Selain itu rutin datang ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk periksa gigi, atau sekedar perawatan dengan melakukan scaling.

Sekian. :)
Loading...