Penyebab dan Solusi HP yang Lama Penuh Charge-nya

Share pengalaman baterai hp yang lama dicas


mrfdn - Mungkin anda merasa akhir-akhir ini kalau ngecharge hp lama baget. Padahal dulu waktu pertama beli hp cepat sekali charge nya.

Atau mungkin anda sering utak atik hp seperti mengganti rom dan kernel. Hingga mendapatkan lama waktu pengisian baterai menjadi sangat lama.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan baterai hp lama baru terisi full.

Berikut saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Di sini saya masih menggunakan hp Redmi 4x saya.

Saya juga sudah mendapatkan moment ini. Pasalnya saya sering melakukan gonta ganti custom rom.

Alasan yang membuat baterai lama penuh saat di-cas

1. Sumber listrik yang tidak stabil

Pasti beda kalau anda charge baterai langsung dari colokan listrik dibandingkan dicolok dari kabel usb di dalam mobil.

Semakin sering anda charge hp dengan arus listrik yang tidak stabil maka ini akan berpengaruh kepada komponen ic dan baterai anda.

Aliran listrik yang stabil akan membuat arus listrik selama proses pengecasan berjalan lebih cepat dan normal.

2. Charger dan kabel yang tidak bagus

Sebelum menggunakan charger, alangkah baiknya periksa dahulu kondisi charger yang akan dipakai. Banyak kabel charger tapi tidak semua punya kemampuan transfer data dan transfer arus yang baik.
kenapa xiaomi lama ngecas baterai
foto hp sony saya, hp xiaomi redmi 4x saya pake menjepret. Kondisi kabel yang sudah tidak bagus.

Kabel buat nge-cas hp yang bagus itu yang punya kemampuan buat fast charge. Sedangkan untuk adapter cas yang baik pilih sesuai spek bawaan hp anda.

Bagi yang ingin fast charge gunakan adapter yang punya nilai ampere tinggi. Misalnya 2 atau 3 ampere. Tapi hati-hati jangan kelamaan charge nya bisa-bisa baterai hp anda rusak atau bahkan meledak.

Makanya lebih baik gunakan selalu adapter charger bawaan hp. Kalau hilang, beli yang ori, jangan beli yang palsu karena ini akan sangat mempengaruhi kondisi dan ketahanan baterai hp anda.

3. Rom dan kernel yang tidak cocok

Nah bagi anda yang sering melakukan gonta-ganti rom. Memasang berbagai macam custom rom, dan install banyak kernel. Ini bisa mempengaruhi waktu pengecasan.

Saya pernah mendapatkan hp saya lama sekali dicas sewaktu menggunakan salah satu custom rom. Saya sudah lupa custom rom itu apa. Akhirnya saya mencoba ganti kernel, dan masih mendapatkan hal yang sama.

Akhirnya saya mengganti ke custom rom yang lain, dan masalah sudah fix.

Jadi ini bisa menjadi salah satu penyebab baterai hp lama waktu mengisi.

4. Hardware dalam hp sudah kala

Jika kendala itu sudah tidak bisa diatasi, mungkin saja terjadi kerusakan pada bagian dalam hp anda. Komponen berupa ic, adalah hal yang krusial di dalam setiap hp. Kalau ic rusak, maka kinerja hp tidak akan normal lagi.

Solusinya bawa ke tukang servis hp.

5. Baterai rusak

Terakhir, kalau baterai lama sekali cas nya mungkin saja baterainya yang sudah rusak, sudah kala. Jadi mesti ganti baru.

Tips saat charge hp biar baterai cepat terisi penuh

Nonaktifkan mobile data, jika anda ingin mendapatkan waktu pengecasan yang lebih cepat, sebaiknya jangan main game, tidak usah buka wa, line, atau sosmed dulu. dengan menonaktifkan data ini akan membuat hp tidak menangkap jaringan data seluler lagi. Kalau perlu lakukan pengecasan dengan plane mode (mode pesawat).

Simpan hp di lantai saat di charge, ini untuk menghindari kontak arus listrik korslet. juga baterai hp jadi lebih dingin.

Jangan biasakan charge terlalu lama. Meskipun hp canggih sekalipun kalau dibiarkan over charge efeknya juga tidak bagus ke hp. Segera cabut setelah mencapai full charge.

Jangan keseringan pakai power bank. Meskipun power bank anda bagus, tetap saja arus listrik dengan adapter dan kabel bawaan lebih baik.

Jangan main game selama charge hp. 

Akhir kata

Demikian tips singkat mengena penyebab hp lama charge. Semoga masalah anda tetap terselesaikan. :)
Loading...