Perbedaan Root dan Rom Android Bagi Pemula

Memahami root dan rom pada android

mrfdn - Anda mungkin sering mendengar istilah root dan rom di forum yang membahas tentang hp, atau android. Bagi orang-orang yang sudah paham seluk beluk tentang smartphone android pasti sudah khatam dengan istilah ini.

Di forum facebook yang ramai biasa terdapat penjelasan mengenai dasar android, disimpan di bagian files grup tersebut.

Mungkin anda salah satu yang awam dalam hal dunia custom rom android. Apa saja yang dibutuhkan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan supaya hp tetap berfungsi normal.

Mungkin ada yang masih belum paham maksud rom dan root itu apa.

Berikut penjelasan singkat mengenai rom dan root supaya tidak salah kaprah lagi.

Rom

Merupakan kepanjangan dari read only memori. Di mana ini berfungsi sebagai software untuk menjalankan sebuah hp android.

Setiap hp android pasti punya rom. Tanpa rom, anda tidak bisa melihat tampilan android anda. Tanpa rom hp tersebut tidak bisa berfungsi.

Pengertian rom secara kasarnya bisa juga diartikan sebagai operation sistem pada sebuah perangkat. Misalnya linux, windows, dll.. Pada android sendiri rom itu seperti oppo dengan color os nya, xiaomi dengan rom miui nya, dan lain-lain berdasarkan pabrikan smartphone tersebut
dengan memasang custom rom hp android menjadi lebih keren


Selain itu ada juga yang disebut dengan custom rom. Yakni rom yang dibuat dan atau diedit oleh developer dengan menambahkan atau mengurangi sebuah paketan rom. Macam-macam custom rom seperti,
Miuipro,
Pixy os,
Pixel experience,
Aex,
Dan lain-lain

Custom rom ini biasa diinstall bagi mereka yang menginginkan performa game yang lebih baik. Makanya di internet banyak sekali bertebaran mengenai rom yang bagus untuk main game.

Hal yang perlu diketahui sebelum melakukan ganti rom

Custom rom

Anda harus tahu tentang custom rom apa yang bisa dipasang di hp anda supaya berjalan dengan normal. Karena tidak semua custom rom bisa cocok di segala hp.

Baca juga :: Cara install custom rom Xiaomi Redmi

Root

Merupakan hal yang dilakukan supaya user (pengguna hp) bisa mengakses file inti dari hp tersebut. Istilah kasarnya yaitu seperti ketika anda membuka kunci supaya bisa masuk ke sistem lebih jauh.

Dengan melakukan root maka banyak yang bisa dilakukan oleh user seperti merubah boot animasi saat awal start, melakukan tweak terhadap peforma kecepatan prosesor hp, menghapus dan menambahkan file dan aplikasi yang tidak bisa diinstall melalui apk, dan masih banyak lagi.

Dengan melakukan root hp bisa menjadi lebih baik,
Namun, dalam melakukan root, harus hati-hati. Salah root bisa-bisa semua data yang ada di dalam hp bisa hilang. Anda tahu kan apa yang mesti dilakukan dahulu. Yap backup.
Ini yang akan anda lihat saat melakukan root di hp androi anda.


Terus langkah apa yang pertama dilakukan untuk mendapatkan root dan rom di hp androi kita?
Anda harus pahami dulu. Bahwa hp yang sudah di root akan membuka segel garansi hp itu dari segi software. Kalau anda masuk ke root, anda memaksa hp itu untuk membuka kuncinya terus anda bisa masuk ke dalam sistem dan mengacak-acaknya.

Jadi garansi dari pabrikan mengenai software sudah hangus.

Hal yang perlu diketahui sebelum melakukan root

Tanggung jawab

Apapun yang terjadi terhadap hp yang akan di root sudah menjadi tanggung jawab anda. Bisa saja hp itu mati total karena kesalahan root, bisa juga karena faktor kegagalan yang lain. Itu menjadi tanggung jawab anda. Pihak distributor, atau produsen hp kemungkinan besar tidak akan menerima komplain terhadap hp yang sudah diroot.

Unlock bootloader

Di sini anda akan masuk ke situs resmi produsen hp anda untuk mencocokkan emei hp anda untuk mendapatkan akses membuka kunci hp anda. Anda akan diminta mengkonfirmasi bahwa dengan unlock bootloader akan menjadi tanggung jawab anda.

Metode root

Metode root yang dilakukan biasanya ada 2 aplikasi yaitu supersu atau magisk. Saran saya sih magisk saja. Karena dengan magisk hp bisa mendapatkan root, tanpa harus root. Duh ngomong apa sih. Maksudnya, akses root bisa didapatkan. Kita bisa install aplikasi yang membutuhkan root terlebih dahulu seperti misalnya titanium backup. Dengan magisk lebih mudah daripada supersu.

Unroot

Kalau anda ingin hp kembali dalam keadaan root, bisa dilakukan dengan cara unroot. Setiap metode root punya cara masing untuk melakukan unroot. Silahkan browsing di youtube.



Mana yang lebih dahulu dilakukan root atau rom?

Jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Anda bisa melakukan root, bisa juga langsung sekaligus ganti rom hp android anda.

Tapi sebelum itu anda harus unlock bootloader dahulu.
Kemudian install adb di komputer
Lalu masuk ke mode fastboot
Kemudian flash/install twrp
Setelah install twrp, masuk lagi ke mode recovery
Lalu install file zip (supersu atau magisk) yang akan membuka root hp anda.
Sampai di sini hp anda sudah root. Anda bisa install aplikasi yang butuh akses root dahulu.

Kalau anda ingin melakukan custom rom
Ingat, bahwa twrp hanya diinstal sekali saja. Itu tidak akan hilang di hp anda. Kecuali hp anda mengalami gagal instal rom yang menyebabkan hp tidak bisa menyala lagi.

Untuk melakukan custom rom, anda cukup masuk ke mode recovery
Anda akan masuk ke twrp yang sudah anda install sebelumnya
Kemudian pilih file zip custom rom yang diinginkan kemudian install
Sampai di sini hp anda sudah berada pada satu custom rom tertentu, bukan lagi seperti pabrikan.

Perlu diketahui juga bahwa setelah install custom rom, hp anda belum tentu langsung bisa mendapatkan akses root.

Ada custom rom yang masih mengunci aksesnya untuk bisa di root. Jadi hp yang sudah dipasangkan custom rom masih belum tentu bisa install aplikasi seperti titanium backup tadi. Mesti di root lagi.

Tapi tenang saja, anda cukup masuk ke twrp kemudian install kembali file zip (supersu atau magisk) di hp anda.

Sekian.