7 Rekomendasi Eartips Terbaik yang Nyaman di Telinga

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Hasil review dan rekomendasi eartips bagi pengguna headset iem, bikin musik lebih enak didengarkan

mrfdn - Eartips adalah alat yang terpasang pada in ear monitor atau iem. Terdiri dari 3 ukuran yaitu besar, sedang dan kecil.

Selain ukuran yang berbeda-beda eartips juga memiliki bahan yang banyak macamnya. Ada yang terbuat dari karet silikon, busa atau foam, yang sangat lembut yang ketika dipasang akan membuat telinga nyaman.

Efek penggunaan eartips di telinga

Mungkin anda belum atau tidak menyadari bahwa alat yang kecil ini punya peran yang cukup mempengaruhi kualitas audio yang anda dengarkan. Eartips yang baik selain membuat anda nyaman memakai headset/iem, juga memberikan kualitas suara musik yang lebih baik.

Dengan mengganti eartips yang terdapat di earphone anda bisa menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan kualitas audio/musik yang ingin anda dengarkan.

Kalau anda hendak membeli eartips berikut beberapa rekomendasi eartips terbaik yang bisa jadi pilihan anda.

Langsung saja eartips yang di review terdapat 7 pasang

1. Memory foam merk Comply

Desain eartips satu ini cukup unik. Bentuknya tidak bulat. Sedikit memanjang.
eartips comply nyaman
foto :: soundguy

Terbuat dari bahan busa (foam) yang sangat lembut. Ketika dipasang di telinga akan terasa sangat lembut.

Ketika pertama kali memakai eartips ini akan menyesuaikan bentuk lubang telinga. Memory foam akan menutupi area yang akan bocor. Jadi anda akan mendengar suara lebih jernih.

Ukurannya akan membesar ketika sudah masuk ke telinga. Mengikuti ukuran standarnya, tetapi tidak membuat telinga sakit.

Comply memiliki fitur untuk meredam noise di area sekitar.

Mungkin anda sering mendengarkan suara yang sibilance. Maka dengan eartips ini akan membuat suara tersebut terdengar lebih natural. Ajaib yah.

Dari sektor trebel juga menjadi lembut. Sedangkan bass nya akan bertambah lebih mantap.

Bagi yang suka berolahraga sambil mendengarkan musik, eartips ini akan membuat telinga anda nyaman. Karena bentuknya yang selalu menyesuaikan dan bahan foam yang dimilikinya.

2. Sony hybrid

Sebagai salah satu perusahaan yang sudah lama berada di dunia audio. Sony mengeluarkan eartips yang mereka sebut sony hybrid.
eartips sony hybrid


Bentuknya sama seperti eartips pada umumnya. Tetapi memiliki efek yang berbeda jika dipakai.

Menggunakan eartips ini maka suara mid akan terasa sedikit lebih tebal. Pada bagian low juga bertambah, jadi terdengar sedikit boomy. Sedangkan pada bagian high / trebel nya jadi terdengar lebih lembut.

Bagi anda yang tidak suka dengar suara treble yang terlalu pedas, bisa menggunakan eartips punya sony ini. Kata orang trebel nya jadi lebih jinak, tidak menusuk atau tidak pedas.
  

3. Triple flange eartips

Bentuknya seperti ini. Sedikit aneh. Terdapat 3 flange dengan nozzle kecil.
eartips triple flange

Eartips ini biasanya dipakai untuk yang ingin membuat suara mid atau vocal terdengar lebih maju. Dan pada bagin low atau bass juga bertambah. Secara karena ukurannya yang panjang akan masuk ke lubang telinga sedikit lebih dalam.

Sedangkan dari segi treble atau high nya dengan menggunakan triple flange eartips akan bikin high menjadi ketutup oleh mid dan high nya. Jadi yang suka dengar suara cring-cring tidak deh untuk eartips ini.

4. Double flange eartips

Kalau yang di atas punya 3 flange, yang satu ini punya 2 flange saja. Tapi efeknya sedikit berbeda.
eartips double flange


Dengan eartips ini sektor bass akan menjadi boomy.
Suara treble lebih terasa dan detail keluar.

Eartips double flange bisa menjadi pilihan bagi anda yang suka dengar lagu pop, atau idm.

5. Symbio eartips

Kalau eartips satu ini katanya gabungan dari foam dan silicon eartips. Pada bagian dalamnya terdapat busa, yang dibalut oleh karet silikon.
eartips symbio terbaik

Hasilnya suara vocal terasa lebih maju / forward,
Trebel jadi lebih luas,
Dan bass terdengar lebih ketat, tidak terlalu boomy.

Dari segi kenyamanan symbio eartips ini bisa dibilang mirip dengan menggunakan eartips comply.

6. Spinfit cp100

Mungkin anda sudah sering mendengar merek ini. Spinfit selalu fokus pada produk eartipsnya.
eartips spinfit nyaman

Spinfit yang banyak beredar di pasaran adalah yang bertipe cp100. Bisa didapatkan dengan harga di bawah 150.000.

Spinfit adalah salah satu eartips favorit saya. Karena sangat nyaman dipakai. Flange-nya bisa berputar menyesuaikan bentuk kanal telinga.

Hasilnya di sektor mid akan bertambah sedikit maju.
Trebel akan terdengar lebih jernih, tanpa membuatnya terlalu cring.
Low / bass terdengar tight tetapi tidak boomy.

Spinfit cocok untuk yang ingin dengarkan segala jenis lagu, all rounder.

Spinfit ada 4 warna yaitu putih, merah, kuning, dan ungu.

7. Monoprice eartips

Selain spinfit ada jug aeartips yang cukup nyaman yaitu merk monoprice. Bentuknya yang mirip dengan spinfit, tetapi memiliki ketebalan flange yang lebih tipis.
eartips monoprice

Suara yang dihasilkan juga mirip dengan spinfit. Hanya saja dari segi kenyamanan menurut saya lebih nyaman spinfit.

Harganya juga lebih murah daripada spinfit.

Kesimpulan

Dari beberapa tipe dan merk eartips di atas mungkin anda berpikir suaranya akan sama saja. Anda sebaiknya harus coba sendiri deh.

Mungkin saja ada yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan efek suara dan kenyamanan terbaik buat headset/ iem yang anda punya.

Pengetesan ini saya gunakan digital audio player (dap) Xduoo x3 dengan iem codongui shizuku dan radius nef11.

Baca juga :: Review 12 headset dan headphone murah terbaik

Dengan mengganti eartips, tidak serta-merta membuat suara headset anda menjadi berubah banyak. Ini hanya opsi yang sifatnya enhance saja.

Catatan penting, telinga saya mungkin berbeda dengan telinga anda. Maka dari itu percaya dari hasil pengetesan sendiri.