Review ROM Syberia di Redmi 4x dan Permasalahannyaa

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Rom Syberia keren abis, tapi...

mrfdn - Akhirnya bisa pindah juga dari rom Pixy OS. Kali ini saya install rom syberia di hp redmi 4x santoni saya. Tidak berbeda dengan rom yang lain. Rom ini cukup minimalis tetapi punya beberapa kustomisasi yang bikin tampilan terlihat keren.

Saya melakukan clean install terhadap rom ini, lalu install gapps pico. Spek rom ini adalah Syberia v2.3 dengan android 9 (pie). 
review-rom-syberia-di-redmi-4x-santoni


Aplikasi bawaan seperti kamera, file manager, juga sudah ada. Hasil kamera bagus, standar lah.

Apa kelebihan dari rom syberia?

Saya menyukai notifikasi led yang dibuat kedip saat masuk pesan dalam kondisi layar sedang mati.

Kalau menekan dan tahan lama pada layar utama, terdapat home setting. Kita akan diarahkan ke custom home. Yang bisa dilakukan di antaranya seperti
Pemilihan tema (bisa install kustom icon)
Pengaturan desktop (bisa atur besar kecilnya icon)
Widget (menampilkan tanggal dan jam di layar utama)
Dock (menampilkan atau menyembunyikan aplikasi yang ada di bagian bawah layar home)
App drawer (bisa sembunyikan aplikasi)
Dan lain-lain

Masuk ke home terdapat syberia setting
Di sana terdapat pengaturan yang cukup banyak seperti
System (di dalamnya terdapat general tweak, animation, button, privacy guard, wakelock blocker, alarm blocker, standby apps, sound setting, dialer)
Panel (menu ini untuk mengatur statusbar, navigation bar, dan notifikasi)
Lockscreen
Battery setting (kita bisa mengatur warna lampu led saat charge hp, juga mengatur tampilan icon persentase baterai yang ada di bagian sudut kanan atas)
Gesture (kita juga bisa mengubah cara kita melakukan navigasi, dengan gesture kontrol, kita bisa pindah ke menu tanpa menekan tombol home, back, atau recent. Tetapi dengan pergerakan jari di layar saja)

Baterai yang sangat tahan lama. Kalau masalah konsumsi baterai rom ini juaranya. Hp saya bertahan sekitar 18 jam lebih dengan penggunaan sosmed standar, youtube, wifian. Tidak main game berat seperti pubg mobile.

Entah mengapa dengar musik dari Rom ini rasanya lebih enak. Lebih jernih. Terdapat aplikasi Equalizer bagi yang ingin mencari settingan audio nya sendiri. Tapi menurut saya standar saja sudah enak banget.

Kekurangan rom syberia yang saya dapatkan

Tidak terdapat gaming mode. Mungkin ini alasan mengapa rom ini baterainya bisa irit sekali. Tidak seperti rom aex, atau pixy os yang menyematkan fitur mode game di quick setting.

Hp Restart sendiri saat dipakai hotspot tethering

Tadinya saya ekspektasi rom ini sempurna saat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Tetapi saya salah.

Saya menemukan bug pada rom ini. Pasalnya hp saya gunakan sebagai alat untuk hotspot tethering ke laptop saya. Yang saya dapatkan adalah hp malah sering restart sendiri.

Saya mencoba mengganti kernelnya ke kernel rockstar v5, tetapi hasilnya sama saja.

Kesimpulan

Rom syberia ini bagus sekali buat yang ingin daily driver, menggunakan hp sebagai alat komunikasi standar, sosial media, youtube, foto-foto. Konsumsi baterainya yang tidak cepat.

Andai saja rom ini tidak sering bikin hp saya restart sendiri saat melakukan hotspot tethering, mungkin saja rom ini juaranya.

Mungkin ada di antara anda yang pernah pakai rom syberia ini, dan aman-aman saja ketika melakukan hotspot tethering, tolong beritahu saya bagaimana solusinya supaya hp saya tidak sering restart sendiri. Apakah hp saya yang sudah rusak?