Sentuhan Ilmu Fisika dalam Game PUBG

Ternyata Ilmu Fisika itu Luas Sekali Cakupannya, Kalau Kamu Jago Bisa Bikin Game Seperti PUBG


mrfdn - Satu ilmu pengetahuan ternyata bisa diaplikasikan pada pembuatan game. Bukan hanya pengetahuan tentang koding, atau animasi game.

Tetapi ada hal yang lebih menarik daripada itu.

Tahukah anda bahwa game-game yang dibuat secara tiga dimensi menggunakan rumus fisika atau penerapan beberapa ilmu fisika. Sebelumnya saya menginfokan bahawa saya bukanlah anak fisika. Pengetahuan saya tentang ilmu fisika hanya sedikit.
 
Ilmu fisika yang bisa dipraktekkan di sekolah atau kampus

Penerapan ilmu fisika dalam game PUBG dan PUBG mobile

Di sini saya akan ambil sampel game pubg. Game yang paling populer dimainkan saat ini.

Tahukah anda, kalau tiap element yang tampil di dalam game itu semua memiliki bentuk dan dimensi yang berbeda-beda. Kalau dilihat dari satu arah, akan berbeda ketika mendekat.

Untuk membuat element terlihat lebih realistis, tentu dipakai pengetahuan fisika. Mungkin anda berpikir ini adalah komputer yang menjalankannya secara otomatis. Tetapi, tidak juga demikian. Dalam membuat satu bentuk berdimensi dibutuhakn pengukuran secara tepat dan sangat tepat. Sehingga antara satu objek dan objek lain dapat kelihatan wujudnya sebenarnya.

Rumus fisika dan perhitungan matematika yang presisi ternyata sangat berperan penting di sini. Maka dari itu tim developer sebuah game besar biasa terdiri dari puluhan sampai ratusan orang. Mereka diberikan tugas untuk membuat rumus fisika kemudian mengkonversi ke dalam bahasa komputer yang digunakan untuk menjalankan sebuah game.
Orang awam pasti pusing kalau lihat kode-kode bahasa komputer seperti ini.

Contoh lain misalnya kita menandai posisi musuh di dalam map game pubg mobile. Di sana langsung tertera seberapa jauh jarak kita dari musuh. Perhitungan itu pula dilakukan oleh fisika.

Setiap senjata yang digunakan memiliki spek yang berbeda-beda. Begitupun keluran pelurunya, ada yang cepat ada yang lambat. Dengan fungsi-fungsi yang telah dibuat maka dengan memakai senjata tertentu maka efeknya akan berbeda. Ada yang sakit, benar-benar sakit, ada yang tidak sakit, ada juga yang lambat dalam pengoperasian, dan sebagainya.

Semua dibuat secara realistis. Untuk menerapkan semua itu ke dalam game, tentu pembuatannya sangatlah sulit jika hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja.

Dengan mengukur jarak atau titik yang ingin ditembak akan berpengaruh terhadap jenis senjata yang digunakan. Kalau jaraknya jauh, tentu dengan menggunakan sniper seperti awm, dp-28 atau kar98 peluru yang ditembakkan akan lebih maksimal. Belum lagi kalau membidik musuh yang posisinya jauh, ditambah lagi dengan pengaturan sensitivitas senjata. 

Dengan menggunakan scope 6x atau 8x, akan lebih mudah terlihat. Jarak zoom sebuah scope juga masuk ke dalam perhitungan rumus fisika dan matematika tadi.

Salah satu sample yang detail bisa dilihat ketika berkendara. Anda bisa melihat seberapa pergerakan dari per yang terpasang di mobil. Pergerakannya terlihat sangat realistis, sebanding dengan medan yang dilalui dan kecepatannya. Semakin cepat mobil maka per akan bermain lebih cepat pula, semakin bergelombang jalanan maka mainnya juga terlihat sangat cepat.
Bukankah yang demikian adalah hasil peng-code-an kendaraan yang sangat sempurna.

Entah apa yang ada di benak si pembuat game di saat awal memikirkan game ini. Bisa gila saya kalau memikirkannya sendiri detail demi detail yang akan dibuat. Yang jelas mereka semua keren. Keren.

Setelah rumus fisika dibuat

Selanjutnya setelah rumus atau fungsi-fungsi dibuat ke dalam bahasa yang dipakai game tersebut. Sekarang saatnya hardware dipacu. Seberapa mampu komputer atau smartphone menjalankan game tersebut.
developer mengetes game di hp smartphone

Di sinilah oleh para desainer hardware terus berkembang dari waktu ke waktu. Menciptakan hardware yang lebih baik. Untuk memenuhi kebutuhan pasar akan itu.

Karena rata-rata game jaman sekarang butuh spek hp yang tinggi untuk bisa berjalan normal. Itu salah satu alasan kenapa orang selalu ingin upgrade hp yang dimilikinya saat ini. Kebutuhan akan gaming yang lancar membuat kita harus mengganti hp.

Meskipun ada cara seperti melakukan tweak di hp sendiri, tetapi bagi sebagian orang dengan mengganti hp ke versi yang lebih baru merupakan cara yang paling baik.

Baca juga :: Tips main game PUBG - Menjaga kesehatan mata saat bermain

Akhir kata

Saya masih terkagum-kagum terhadap betapa kerennya anak fisika itu. Meskipun pasti tidak semua anak fisika bisa sampai ke arah ini, tapi yang bisa sampai ke sini itu keren deh. Pasti otaknya sangat encer banget.

Bagi saya yang hanya sebagai penikmat game saja, hanya tahu dari sisi front end-nya saja. Hanya tahu kalau game ini berjalan lancar, game ini bisa begitu realistis ternyata memakai sentuhan ajaib anak fisika juga.
penerapan-ilmu-fisika-dalam-game-pubg-mobile
tampilan game pubg


Tanpa melupakan developers lain yang bukan anak fisika, saya salut dan terima kasih sudah menciptakan permainan yang sungguh realistis ini.

Di masa yang akan datang entah apa yang akan saya lihat, apakah game akan tampil lebih realistis daripada hari ini?

Sekian.