Tips Merawat Headset yang Baik Supaya Tetap Awet

Kalau punya headset bagus dan mahal begini cara merawatnya supaya tidak cepat rusak


Tak hanya sekadar aksesori semata, earphone atau headset merupakan salah satu piranti gadget yang memiliki banyak fungsi.

Anda tentu tidak bisa mengandalkan speaker ponsel atau PC terus menerus saat berada di lingkup publik, bukan? Headset bisa menjadi solusi kenyamanan Anda mendengarkan audio atau berkomunikasi tanpa mengganggu orang lain. Toh, harga headset Sennheiser bervariasi mulai harga termurah hingga kelas atas.

Meski memiliki fungsi yang beragam, headset sering menjadi benda yang tidak begitu dipedulikan. Kelalaian pengguna sering menimbulkan headset cepat rusak dan mengganggu kenyamanan telinga.

Oleh sebab itu, Anda wajib tahu 7 cara merawat headset yang baik berikut ini.
cara merawat headset yang baik
koleksi headset saya


1. Hindari menaikkan volume yang maksimal

Pengaturan suara atau volume headset yang maksimal bisa saja merusak gendang telinga Anda. Sebaiknya Anda menghilangkan kebiasaan menaikkan volume hingga maksimal yang bisa merusak telinga serta membuat komponen pada earphone atau headset mudah sekali rusak.

Intensitas menggunakan headset dengan pengaturan volume maksimal bisa membuat kejernihan suara terganggu.

2. Menggulung kabel headset

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan agar headset Anda tidak mudah rusak adalah perhatikan cara menggulung kabel headset yang tepat. Cara menggulung kabel headset yang benar adalah menggunakan tiga jari yaitu telunjuk, jari tengah dan jari manis.
Menggulung kabel headset yang benar supaya tidak kusut dan awet

Sebaiknya Anda juga menyisakan kabel sepanjang 10 senti lalu lepaskan gulungan dari tiga jari. Lalu, pegang gulungan kabel agar menyisakan ruang kosong di bagian bawah dan gulungkan sisa kabel 10 senti sebagai pengikat. Masukan colokan headset pada bagian tengah gulungan sebagai langkah terakhir.

3. Bersihkan headset secara rutin

Seperti yang Anda ketahui bahwa harga headset Sennheiser tidak murah sehingga Anda harus merawat headset lama dengan baik agar tidak perlu membeli headset baru.

Sebaiknya bersihkan headset secara rutin menggunakan alkohol untuk membunuh bakteri. Gunakan cotton bud yang telah diberikan cairan alkohol dengan kadar 70 persen untuk membersihkan bagian earbud.

4. Mengeringkan telinga agar headset tidak terkena kelembaban air

Meskipun piranti headset terbaik telah diberikan fitur sweat resistant yang bisa tahan dengan kelembaban, Anda tetap harus mengeringkan telinga sebelum menggunakan headset ya!

Terlalu sering menggunakan headset saat telinga terkena air atau berkeringat bisa saja merusak bagian komponen dalam headset.

5. Simpan headset di tempat khusus

Anda wajib menyimpan headset di tempat khusus seperti kotak kemasan atau kantong tertentu. Hal ini untuk menghindari headset terkena gesekan atau bercampur dengan benda-benda lain.
menyimpan headset yang benar
Tempat penyimpanan headset dan perlengkapan audio

Sebagai contoh, anda bisa menggunakan kaleng bekas permen yang ukurannya kecil untuk menyimpan headset anda.

6. Membersihkan bantalan headset

Harga headset Sennheiser lumayan premium sebab terbuat dari bahan berkualitas termasuk bantalan yang empuk dan lembut. Bantalan ini juga harus Anda bersihkan secara rutin agar tidak mengganggu kenyamanan Anda saat mendengarkan audio.

Sebaiknya hindarkan headset dari sinar matahari secara langsung dan bersihkan menggunakan kain microfiber.

Baca juga :: Rekomendasi eartips yang bikin nyaman telinga pakai iem

Bisa pula menggunakan lap kain bersih yang telah diberi cairan pembersih khusus untuk membersihkan bantalan dari noda kotoran atau debu. Agar bantalan headset awet, sebaiknya Anda menghindari asap rokok atau berkeringat terlalu berlebihan saat menggunakan aksesoris gadget ini.

7. Jangan meminjamkan headset pada orang lain

Terdengar sombong ya! Sebenarnya ada manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan tidak meminjamkan headset pada orang lain. Perpindahan kuman atau bakteri bisa saja menginvasi telinga Anda akibat kecerobohan ini.

Baca juga :: Hati-hati sebelum memakai headset orang

Aktivitas ini kadang diabaikan orang, pinjam headset teman dengan alasan mau dengar lagu-lagu. Saya pernah melihat headset teman saya yang sudah kotor banget. Jijik banget deh kalau lihat nya. Dan saya tidak ingin ini terjadi pada Anda.

Akhir kata

Beberapa tips merawat headset yang baik di atas bisa Anda jadikan panduan agar tidak perlu ganti headset berulang kali. Harga headset Sennheiser yang premium tentu bisa menjadi pilihan aksesoris gadget yang awet dan tahan lama. Tentu Anda tetap harus rutin membersihkan dan merawat headset Sennheiser yang benar ya!

Dapatkan berbagai pilihan produk headset Sennheiser terbaik di Bukalapak.com sekarang juga! Harga yang terjangkau dengan jaminan produk original menjadi memberikan keuntungan ganda. Yuk, belanja online yang aman dan anti ribet hanya di Bukalapak.com!