Custom ROM Terbaik Redmi 4x

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

Mengapa Redmi 4x hp bisa pasang banyak custom rom?

mrfdn - Saya sangat senang memasang custom rom di redmi 4x santoni. Sewaktu hp ini saya beli dahulu, di pikiran bawah sadar saya di masa yang akan datang saya akan melakukan gonta-ganti custom rom.

Mungkin betul kata orang-orang yang mengatakan "mending xiaomi". Alasan tersebut muncul karena pengalaman orang berbeda-beda. Ada yang berpikir karena xiaomi itu enak, bisa custom rom, jadi lebih irit budget, gak mesti ganti hp baru kalau sudan bosan.
custum-rom-terbaik-redmi-4x
berbagai macam custom rom yang bisa dipasang di redmi 4x

Dan menurut saya benar juga. Tidak lama sejak saya membeli hp redmi 4x ini dulu saya melakukan root dan ganti custom rom.

Custom rom yang pertama saya pasangi adalah lineage os, jauh sebelum pixel experience muncul. Waktu itu versi android masih Android M (marshmallow).

Baca juga :: Cara install custom rom di redmi 4x step by step

Pengalaman memakai Redmi 4x untuk daily driver / driver online / grab dan gocar

Hp redmi 4x saya dulu sering saya pakai untuk menjalankan pekerjaan sebagai driver online. (grab). Hehehe.
driver-online-grab-gocar-gojek-pakai-smatphone-redmi-4x-juaranya-custom-rom
Anggap saja dia adalah driver online yang sedang pakai hp xiaomi redmi 4x yang sudah custom rom, lagi dapat orderan. :)

Dan karena alasan itu pula, saya ingin mendapatkan performa yang baik, ingin cepat dapat orderan, ingin cepat gps nge-lock, tidak ingin gps kesasar kemana-mana, sehingga mengganggu performa seorang driver online.

Dengan mengganti rom hp ini saya merasakan banyak perbedaan. Dari segi performa gps, bisa lebih cepat lock, meskipun waktu itu masih kadang tidak pas.

Pengalaman belajar android dengan Redmi 4x

Hardware yang terpasang di xiaomi redmi 4x kalau dibandingkan dengan hp jaman sekarang masih terbilang masih mampu untuk dijajal bersama dengan hp teranyar.

Seperti chipset yang tertanam yakni snapdragon 435. Masih bisa dimaksimalkan berkat dukungan developer-developer yang memberikan software gratis untuk memaksimalkan performa redmi 4x saya.

Banyak yang sudah saya lakukan terhadap redmi 4x ini. Seperti
mengganti custom rom, 
mengenal apa itu gapps
mengganti kernel,
dan yang terparah adalah membongkar hp yang mati total.
Hingga akhirnya bisa hidup kembali.

Baca juga :: Tips kalau Anda bosan pakai redmi 4x

Dari hp ini saya juga mendapat banyak sekali pengalaman. Saya sudah bisa melakukan perbaikan hp sendiri tanpa mesti bawa ke tukang servis. Saya sangat senang, kemudian membagikan pengalaman itu di blog ini.

Terima kasih buat youtube dan mahaguru google yang sudah memberikan pencerhan ketika saya stak. Tanpa mereka mungkin hp saya akan bawa ke tempat servis.

Urusan custom rom redmi 4x juaranya

Entah sudah berapa banyak custom rom yang sudah saya flash / install di hp ini. Mulai dari versi android nougat, oreo sampai android pie.

Rom yang sudah saya pasang di redmi 4x saya antara lain
Lineage os
Mokee
Pixel experience
Pixel experience go
Miui
Havoc
Arrow OS
Aex (aosp extended)
Pixy os

Rom yang belum saya coba yaitu
Bootleggers rom
Dot os
Dragon
Oxygen
Dan masih banyak lagi...

Hari ini saat tulisan ini terbit, saya menggunakan rom yang bernama pixy os. Setelah sebelumnya mendapatkan hotspot dan wifi tidak bisa berfungsi. Saya mencari-cari cara untuk memperbaiki tapi tidak dapat. Mesti format factory, kalau mesti gitu saya pikir mending ganti saja rom-nya saja.

Di dalam sd card saya sudah download beberapa custom rom. Saya bisa kembali ke rom arrow untuk bisa bermain pubg dengan lancar lagi. Tetapi di sini saya ingin mencoba rom pixy os. Katanya ringan.
rom pixy os custom rom ringan
Tampilan custom rom Pixy os, sederhana dan ringan di redmi 4x.

Dan benar saja, pixy os hadir dengan minimal sekali kustomisasi. Mengingatkan saya sama pixel experience, rom yang pernah saya bilang paling stabil. Setelah main pubg bagus. Dapat 60 fps setelah pasang gfx tool.

Eh, kembali ke topik.
Ada beberapa alasan redmi 4x juaranya custom rom, di antaranya adalah

1. Developer yang membuat rom terus update

Mereka para pembuat custom rom berkumpul di xda developer. Kategori redmi 4x selalu saja muncul di halaman depan situs. Karena begitu banyak orang yang ingin membuat hp ini lebih baik dari hari ke hari.

Kalau ada update pasti ramai-ramai didownload, lalu dicoba. Kalau tidak bagus, kadang reviewnya sedikit, tapi kalau bagus maka pasti banyak yang akan menyarankan rom.

Rom yang dibuat juga banyak sekali macamnya. Banyak rom yang muncul dengan berbagai nama baru. Rom yang baru itu tidak hanya memberikan kustomisasi dari segi tampilan saja, tetapi juga menangkat performa hp redmi 4x.

Saat ada muncul masalah atau bug di rom yang dibuatnya, tidak lama akan dikeluarkan rom baru yang merupakan fixed dari rom sebelumnya. keren

2. Forum yang membahas rom

Redmi 4x ternyata banyak yang pakai juga. Di forum redmi 4x biasa dikenal dengan nama santoni. Forum yang ada di facebook dan telegram selalu ramai. Membahas rom, kernel, sharing tutorial, dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang sering muncul di forum adalah mengenai rom terbaik. 

Lihat saja banyak sekali yang menginginkan hp xiaomi nya lebih baik dari hari ke hari. Membahas rom tidak ada matinya. Percaya deh. Karena setiap hari ada-ada saja update yang diberikan oleh developers dari dalam maupun luar negeri.

Dengan gabung di forum anda akan melihat banyak sekali hal baru, seru dan membuat anda senang pakai redmi 4x jadul anda.

Review dan tutorial dari youtube

Saya harus mengucapkan terima kasih buat mereka yang capek-capek bikin video tutorial dan review custom rom di youtube. Dengan melihat tampilan review di sana kita bisa memutuskan rom apa yang ingin dipasang.

Akhir kata
Redmi 4x santoni pantas disebut juaranya custom rom. Berkat dukungan dari developer yang selalu setia bikin custom rom, hp ini masih mampu dijajal kemampuannya. Sehingga tidak kalah sama hp keluaran terbaru jaman sekarang.

Dari smartphone ini saya pun belajar banyak hal mengenai smartphone, khususnya android. :)