Belajar Nge-blog Sampai Tahu Koding

Belajar koding bisa dimulai dari membuat blog

mrfdn - Saya sepertinya tidak percaya saya bisa melakukan hal yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Yaitu mengedit html dan css. Ngeblog membuat saya paham tentang bagaimana internet, dan website itu bekerja.

Dalam hal mengedit html dan css, bagi saya ini adalah hal yang sangat menyenangkan. Saya senang sekali melihat tampilan blog saya. Mungkin karena saya orang yang cepat bosan. Heheh..

Ada berbagai macam pilihan untuk mengedit template blog. Seperti mengubah header, mengubah font, mempercepat loading, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang terakhir yang saya lakukan terhadap blog ini adalah saya akhirnya menemukan cara untuk memasang tombol buka komentar pada komentar disqus yang saya pasang di blog ini.

Saya menyukai disqus. Tetapi saya tidak suka melihat iklan yang muncul pada bagian atas komentar. Hal ini juga membuat loading blog saya menjadi cukup berat. Karena harus loading disqus juga.

Akhirnya saya menemukan tutorial dari mbak igniel, seorang blogger cewek yang jago koding. Kalau mba kebetulan baca ini, koment di bawah ya, itu pakai kode dari mba loh.

Loh, kok malah bahas orang lain sih, hahaha..

Terus apa yang saya pelajari?
belajar-nge-blog-sambil-koding-html-css-keren
ekspresi saat berhasil membuat koding yang menarik di blog.


Ya, pelan-pelan saya pun memahami konsep dari kode-kode html, seperti div yang fungsinya untuk membungkus satu elemen tertentu. Konsep animasi, dan transisi yang bisa anda lihat pada halaman home blog ini, dan beberapa hal lainnya. 

Meskipun sekedar hanya copy paste, kode-kode html dan css tersebut perlahan bisa saya baca dan pelajari. Saya pun berkreasi dengan apa yang saya imajinasikan. Dan ini menyenangkan bagi saya.

Mengenai templatenya, saya memakai template punya bung frangki. Template ini adalah template magazine. Gratis, makanya saya tidak hapus kreditnya di bawah.

Eh, tapi template ini sudah sangat berbeda dari tampilan default nya. Saya telah menambahkan/mengubah beberapa kode di dalamnya. Kalau bung frangki kebetulan membaca blog ini, maaf ya templatenya saya acak-acak. Hehehe..

Sudah sekitar 2 tahun saya belajar ngeblog, pengetahuan koding saya pun semakin bertambah. Selain tutorial dari para blogger yang saya temukan di google, saya juga sengaja subscribe beberapa channel youtube yang membahas tentang koding, website, dan semacamnya.

Memang benar kata orang, kalau kita tertarik pada sesuatu, fokus kita, energi kita akan tertuju pada hal tersebut.

Dalam blogging, koding merupakan salah satu bagian yang sebaiknya diketahui oleh para blogger. Akan sangat menyenangkan kalau blogger mampu mengkreasikan imajinasinya melalui blog dengan internet.

Happy koding.