4 Fitur Tersembuyi dari Google Translate yang Sangat Bermanfaat

Google translate bukan hanya dipakai untuk menerjemahkan tulisan di artikel bahasa asing

mrfdn - Anda pernah jalan ke satu tempat lalu menemukan tulisan yang tidak tahu artinya? Mungkin itu tertulis dalam bahasa inggris atau bahasa lain, entah itu tulisan jepang, korea, atau tulisan lain.

Anda pasti penasaran dengan maksud dari tulisan tersebut. Mau tanya orang pun susah karena tidak tahu apa yang ingin disampaikan.

Kecanggihan teknologi jaman sekarang membuat segalanya bisa kita dapatkan dengan mudah.

Google sebagai perusahaan raksasa yang memiliki segudang aplikasi yang memudahkan orang-orang dalam bekerja, salah satunya adalah google translate.

Google translate mungkin setiap hari digunakan orang. Oleh mahasiswa di kampus, orang kantoran, atau yang sedang pergi traveling ke luar negeri.

Aplikasi ini tidak hanya bisa dibuka lewat pc kemudian copy paste tulisan yang ada di sana kemudian membaca artinya. 

Terdapat fitur yang lebih canggih di balik aplikasi keren ini.
fitur-google-translate-terbaru-word-lens
fitur word lens pada google translate

Yang menjadi fokus saya adalah word lens. Pada tahun 2010 (saya melihat videonya di youtube tahun 2010) saat pertama kali aplikasi ini diperkenalkan, namanya word lens. Seiring waktu fitur word lens pun ditanam pada aplikasi google translate.

Makanya kalau anda mengetikkan word lens di playstore akan muncul google translate. Dan mungkin banyak orang yang masih belum tahu fitur ini.

Konsepnya adalah kita menggunakan kamera yang ada di smartphone android atau iphone untuk memotret sebuah tulisan, kemudian secara otomatis tulisan tersebut akan muncul di layar hp dalam bentuk translate ke bahasa yang anda mengerti.

Menarik sekali bukan?

Menurut saya ini adalah hal yang sangat bermanfaat. Mengingat teknologi google ai yang semakin hari semakin canggih.  Tidak ada lagi orang yang akan tersesat jika bepergian ke luar negeri. Dengan adanya teknologi ini akan sangat membantu bagi traveler.

Cara menggunakan aplikasi google translate

Pertama-tama install dulu aplikasi google translate dari playstore.

Buka aplikasinya lalu anda anda akan melihat 4 pilihan metode translate.
fitur-terbaru-google-translate-bermanfaat
4 fitur terbaru aplikasi google translate di android

1. Camera (digunakan untuk men-translate tulisan dari bahasa asing langsung dari kamera hp, hasil terjemahan akan muncul di hp anda)
fitur-google-translate-terbaru-camera
bisa langsung translate tulisan

2. Handwriting (digunakan untuk menuliskan apa yang ingin disampaikan di hp dalam bentuk tulisan tangan)

3. Conversation (digunakan untuk menyampaikan maksud dalam bentuk suara, secara otomatis akan disampaikan langsung dalam bentuk suara pula sehingga orang akan memahami maksud anda, begitupun sebaliknya)


4. Voice (untuk mengetahui maksud orang dalam bentuk tulisan, secara otomatis apa yang disampaikan orang dalam bentuk suara akan tertulis di layar hp dalam bentuk tulisan, jadi kita bisa membacanya).
fitur-google-translate-terbaru-voice
bisa langsung translate dari percakapan dengan orang asing.

Sampai saat ini google sudah mendukung lebih dari 100 bahasa untuk ditranslate. Di antaranya Afrikaans, Albanian, Amharic, Arabic, Armenian, Azerbaijani, Basque, Belarusian, Bengali, Bosnian, Bulgarian, Catalan, Cebuano, Chichewa, Chinese (Simplified), Chinese (Traditional), Corsican, Croatian, Czech, Danish, Dutch, English, Esperanto, Estonian, Filipino, Finnish, French, Frisian, Galician, Georgian, German, Greek, Gujarati, Haitian Creole, Hausa, Hawaiian, Hebrew, Hindi, Hmong, Hungarian, Icelandic, Igbo, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Javanese, Kannada, Kazakh, Khmer, Korean, Kurdish (Kurmanji), Kyrgyz, Lao, Latin, Latvian, Lithuanian, Luxembourgish, Macedonian, Malagasy, Malay, Malayalam, Maltese, Maori, Marathi, Mongolian, Myanmar (Burmese), Nepali, Norwegian, Pashto, Persian, Polish, Portuguese, Punjabi, Romanian, Russian, Samoan, Scots Gaelic, Serbian, Sesotho, Shona, Sindhi, Sinhala, Slovak, Slovenian, Somali, Spanish, Sundanese, Swahili, Swedish, Tajik, Tamil, Telugu, Thai, Turkish, Ukrainian, Urdu, Uzbek, Vietnamese, Welsh, Xhosa, Yiddish, Yoruba, Zulu.

Dan 59 di antaranya bisa dinikmati dalam bentuk offline translate.

Jadi untuk lebih memudahkan anda bepergian, ada baiknya untuk mengunduh terlebih dahulu bahasa setempat di mana anda datangi. Untuk mengantisipasi hilangnya koneksi data internet.

Lihat video keren berikut ini

Akhir kata

Dengan segala fitur yang diberikan oleh google bekerja rasanya semakin lebih mudah. Tidak mesti bawa kamus yang tebal ke mana-mana.

Cukup dengan satu genggam smartphone di tangan, kita bisa datang ke tempat yang menarik tanpa perlu tersesat.

Inilah yang disebut teknologi google ai. Kalau mau dihitung-hitung berapa kira-kira biaya yang kita butuhkan untuk mendapatkan fitur keren ini, sedangkan google sudah memberikan kepada kita secara cuma-cuma.

Hadirnya word lens membuat kamera smartphone tidak hanya dipakai untuk mengambil foto selfie saat traveling ke luar negeri.

Semoga tidak ada orang yang tersesat lagi. Thanks google.