Memaksimalkan Blogspot Supaya Tidak Kalah Keren dari Wordpress

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

Blogger pengguna blogspot wajib baca

mrfdn - Kalau anda merasa blog anda kurang bagus dari pada wordpress, tentu saja. Itu tidak bisa dibantah.

Dalam dunia blogging, seorang blogger suatu hari pasti sadar bahwa nge-blog untuk dapat uang, itu memang sebaiknya mulai dari wordpress.

Kenapa harus wordpress?

Karena wordpress punya segudang fitur untuk bisa dioptimasi.

Di awal nge-blog saya tidak berpikir bahwa hal ini akan berpengaruh, toh kita hanya perlu punya domain dan artikel yang bagus supaya google mengindeks web kita dengan cepat.

Tapi semakin hari, semakin saya sadar bahwa ada fitur yang tidak bisa saya dapatkan di blogspot, dan itu ada di wordpress. Misalnya fitur menampilkan permalink tanpa tanggal di wordpress. Di blogspot, itu tidak bisa dilakukan. Tahun dan tanggal selalu ada di setiap artikel kita.

Tapi, di satu sisi, ingat lagi bahwa google menyukai konten yang benar-benar unik, lengkap, padat, dan original.

Blogger pengguna blogspot yang ingin bertarung dengan para blogger lain yang pakai wordpress harus kerja ekstra keras untuk mendapatkan tempat di halaman satu google.

Menurut saya, hal yang harus dioptimasi di blog dengan platform blogspot adalah pertama haruslah konten, kedua tampilan yang didukung dengan template yang bagus dan cepat.
memaksimalkan-blogspot-supaya-tidak-kalah-dengan-wordpress



Mari kita bahas kedua hal tersebut.

1. Template

Sebaik-baiknya konten haruslah dibarengi dengan template yang bagus. Apa jadinya kalau template yang anda pasang tidak bagus. Misalnya kurang cepat, kurang responsif, dan lain sebagainya.

Kekuatan sebuah template blogspot terletak pada fiturnya, kode yang dipasang. Misalnya, ada template yang punya pengaturan kode yang bisa menghilangkan tanggal postingan di hasil pencarian google. Jadi yang muncul itu hanya judul, url, dan deskripsi pencarian.

Ini harus diperhatikan dengan baik. Ada baiknya anda cari tahu fitur apa yang ingin anda cari dan gunakan pada sebuah template untuk memaksimalkan blog anda.

Memang sekarang sudah banyak sekali template blogspot yang dijual dan harganya mahal-mahal.

Template yang mahal tersebut punya biasanya punya fitur yang lebih baik, misalnya sudah dioptimasi speed nya, meta tags yang digunakan, tampilan yang lebih responsif untuk tampilan mobile dan desktop.

Sehingga pengunjung pun bisa betah berada di dalam blog.

2. Konten

Sebaik-baiknya template, kalau tidak dibarengi dengan isi konten yang baik maka hasilnya akan nihil.

Melihat dari sisi webmaster, kita harus banyak membaca, menambah pengetahuan mengenai bagaimana update terbaru yang dilakukan oleh google, dan juga versi pembaruan google sebelummya. Supaya anda tahu apa saja yang bisa dan tidak bisa lagi dilakukan.

Misalnya, dahulu katanya sebelum google update, kata kunci apa saja yang diketik di google, bisa langsung muncul dengan mudah dengan sedikit optimasi. Sekarang jamannya sudah beda. Google semakin canggih, konten yang baguslah yang akan terus berada pada peringkat awal pencarian google.

Selain itu kita juga harus pelajari bagaimana mengorganisir konten blog kita. Disini peran penting dari "label" yang ada di blogspot.

Menurut saya, secara kasarnya label di blogspot sama halnya dengan kategori yang ada di wordpress, tapi punya sifat menyerupai tags. baca kategori dan tags.

Di blogspot anda bisa menulis satu artikel dengan memberikan 2 atau lebih label sekaligus. Kalau di wordpress meskipun bisa, ini tidak baik untuk dilakukan. Setiap artikel sebaiknya punya satu kategori saja, namun boleh punya beberapa tags. Kalau mau punya dua kategori dalam wordpress, buatlah kategori utama memiliki beberapa sub kategori.

Misalnya di wordpress, kita bisa buat kategori utama, contohnya gadget, lalu bikin lagi sub kategori dari gadget yaitu smartphone, tablet. Di dalam kategori tersebut kita bisa tuliskan tag merek hp seperti iphone, samsung, xiaomi, dan lain-lain.

Enak sekali kan? Kategori tersebut akan munucul di hasil pencarian google.

Label yang ada di blogspot bisa/akan muncul sebagai breadcrumb pada hasil pencarian google. (tergantung template nya).

Beda halnya dengan blogspot. Dimana kita tidak bisa membuat kagegori dan sub kategori. Tetapi ada cara yang bagus untuk dilakukan. Bagi anda yang ingin terlihat bagus juga tampilan breadcrumb nya di hasil pencarian, buatlah label utama namanya diawali dengan huruf yang tidak lebih pertama daripada sub label yang akan kita buat.

Pusing?

Contohnya, di blog ini, anda bisa menemukan kategori "android", di sana hanya ada satu kategori/label. Huruf awalnya diawali dengan a. Kalau saya ingin membuat sub label, maka saya harus cari kata yang mewakili label tersebut setelah huruf a. Misalnya saya bisa membuat kategori "game" untuk mengatur tulisan saya berada dalam kategori game. Tetapi saya juga ingin itu tampil dalam kagegori android.

Jadi di hasil pencarian nanti akan muncul home >> android >> game

Jadi terlihat lebih keren bukan?

Kesimpulan

Dari kedua hal ini saja yang mungkin blogger blogspot bisa lakukan untuk membuat blognya bisa bersaing dengan para blogger wordpress.

Bukan hal yang mustahil blogspot bisa lebih baik daripada wordpress. Tinggal bagaimana usaha kita untuk cari tahu sendiri apa kelemahan dan kekurangan anda saat ini selama nge-blog.

Artikel ini ditulis hanya berdasarkan pengalaman penulis, kalau ada hal-hal yang keliru silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Supaya saya dan anda bisa sama-sama belajar.