Cara Menentukan Niche Blog Untuk Blogger Pemula

Pengalaman menentukan niche blog sebagai blogger pemula

mrfdn - Anda blogger pemula? sama dong.

Apakah tahun ini anda baru tahu dari teman anda bahwa nge-blog itu menyenangkan? Atau ada motivasi lain anda ingin membuat blog?

Pasti ada dong, kalau tidak kenapa anda harus sampai ke halaman ini.

Baiklah, anggap saja anda pemula yang sedang mencari cara untuk membangun sebuah blog. Pada artikel ini saya akan membahas sedikit tentang niche.

Apa itu niche?

Pada saat awal saya membuat blog, tugas awal saya adalah membaca sebanyak mungkin artikel blog. Sebagai blogger pemula saya tidak bisa menentukan apa yang ingin saya tulis di blog saya.

Sampai suatu hari saya menemukan istilah niche.

Niche itu bahasa Inggris (bacanya nish, atau nics, bukan nais atau nise) yang setelah di translate artinya ceruk. Kalau anda belum pernah mendengar kata ceruk, berikut artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia - KBBI.

Ce.ruk /cĂȘruk/
  1. n relung yang masuk ke dinding (tembok, tanah, dan sebagainya); lekuk, lubang
  2. n lombong (dalam tambang)
  3. n gua (di gunung)
  4. n ruang berpetak-petak (di lemari dan sebagainya)
  5. n sudut (pojok) di dapur (kamar, rumah, dan sebagainya)
  6. n lekuk (di geladak kapal dan sebagainya)
  7. n rongga (sela-sela dalam timbunan barang dan sebagainya)
  8. n serokan; teluk kecil
  9. n sudut jalan; jalan kecil (simpangan dan sebagainya)

Kata niche akan banyak anda temukan dalam kamus blogger. Niche di sini lebih spesifik artinya tentang hal atau topik apa yang fokus anda bahas di dalam blog anda.
menentukan-niche-blog-pemula
seorang blogger pemula mencari ide tulisan di blognya


Mungkin anda pernah masuk ke situs jalan tikus, yang mana isinya seputar smartphone dan game, atau situs gamebrot yang membahas tentang game saja. Itu merupakan niche. Mereka membahas satu hal saja. Tidak melebar ke mana-mana.

Jika anda pemula, sangat disarankan untuk membangun sebuah niche blog yang sesuai dengan hal-hal yang anda kuasai saat ini.

Misalnya, anda sedang ibu rumah tangga, anda mungkin bisa menulis tentang hal apa saja seputar mengurus rumah tangga, mulai dari mengurus anak, mengurus dapur, mengurus rumah, dan lain sebagainya. Mulai dari kebiasaan anda sehari-hari.

Dengan begitu anda tidak akan kehabisan ide menulis.

Mengapa demikian?

Karena hal kecil bisa anda jadikan artikel. Misalnya anda bisa membuat artikel tentang pengalaman menjadi ibu rumah tangga dalam keluarga baru, tips sarapan yang pas buat anak sebelum ke sekolah, daftar belanjaan di pasar menjelang lebaran, dan lain-lain.

Google sangat suka hal-hal yang baru. Semakin banyak konten unik di blog anda, Google akan mempertimbangkannya untuk dinaikkan ke halaman pertama google.

Tips memilih niche blog untuk pemula


Niche yang dan sesuai dengan anda akan memotivasi anda membuat banyak artikel. Sebagai seorang blogger, tidak ada yang bisa memotivasi anda untuk membuat artikel selain anda sendiri.

Niche yang tidak sesuai minat anda, dapat membuat anda hilang semangat menulis dalam jangka panjang.

Jika saat ini pengunjung blog anda belum banyak, jangan khawatir, teruslah menulis, pikirkan hal-hal yang kira-kira orang cari di internet. Kalau anda kebetulan mengerti dengan jelas tentang hal tersebut, buatlah artikelnya. Saya yakin akan ada orang yang mengunjungi blog anda.

Mulai dari hobi anda, sebelum ngeblog. Anda pasti punya hobi atau kegiatan yang anda kuasai. Misalnya saya, waktu pertama menulis blog ini paling banyak mengisi seputar fotografi. Hampir 150 artikel sudah saya tulis tentang itu. Lumayan banyak untuk blogger pemula.

Tulislah artikel anda sepenuh hati, penuh cinta rasa senang. Tidak semua orang mungkin bisa menulis seperti yang anda tulis di blog anda. Mungkin saja ada blogger yang kebetulan mampir di blog anda, dan merasa tertarik membaca artikel-artikel anda. Siapa tahu.

Ketika hal yang dilakukan secara alami akan berbeda rasanya ketika hal tersebut ditulis berdasarkan topik yang anda kurang tahu.

Alasan lain adalah anda tidak akan merasa stres atau kehilangan energi selama menulis. Tulis topik artikel dan jadikan selengkap-lengkapnya. Meskipun itu terkesan hanya curhatan anda.

Pikirkan bahwa internet itu tempat orang mencari sesuatu, dengan adanya blog anda di sana, pasti akan memberikan warna baru dengan niche blog anda.

Seiring waktu berjalan, ke depannya anda bisa membaca-baca tulisan anda yang dahulu, anggap saja itu sebagai diari anda. Kelak akan bermanfaat buat anak cucu anda.