Review KZ ZSN Pro Headset Detachable Buat Treble Head

KZ ZSN Pro headset detach murah ala kere hore


mrfdn - Kz (knowledge zenith) merupakan salah satu merek headset yang membuat headset bertipe iem detachable. Tidak seperti headset kebanyakan seperti misalnya rock zircon yang saya punya.

Detachable maksudnya antara kabel dan housing driver nya bisa dilepas. Perbedaan ini sangat mencolok ketika dipakai di telinga, kebanyakan headset bertipe detach kabelnya akan melingkar ke bagian atas telinga.

Kz memiliki berbagai macam produk iem detach seperti kz zst, zs4, zsa, zs6, dan masih banyak lagi. Nah, yang akan saya sampaikan pada artikel ini adalah produk kz zsn pro.

Untuk perbandingan saya menggunakan kz zsn yang lama supaya terasa perbedaannya satu sama lain.

Langsung saja yah..

Build quality KZ ZSN Pro

review-kz-zsn-pro-headset-iem-detachable-terbaik-murah
headset KZ ZSN Pro - headset detachable berbahan metal transparan
Dari segi build quality terasa solid. Karena memiliki body metal dan plastik yang transparan. Keren deh pokoknya. Saya punya yang berwarna abu-abu. Tadinya mau beli yang warna biru, tetapi sudah habis. 

Desainnya sama dengan kz zsn. Namun sedikit lebih tebal dari kz zsn. Hanya berbeda di tulisan yang ada pada bagian body-nya. 

Pin konektornya juga sama dengan kz zsn. Jadi kamu kalau punya kabel silver plated bisa langsung dicolok ke sini. Kalau dicolok terasa kokoh, tidak mudah copot. Ini karena desainnya yang berbeda dengan seri kz zst. Bagi yang pernah punya kz zst pasti kabel dan housing nya cepat copot kan!

Kabelnya bertipe sulam. Menurut saya kabel yang ada di headset ini cukup kuat, dan terlihat lebih keren.

Terdapat mic, yang bisa dipakai untuk berbicara melalui telepon.

Penghasilan suara KZ ZSN Pro

Kz zsn pro punya sound signature yang balance, dengan catatan pada bagian mid nya agak sedikit maju. 

Efeknya malah bagus menurut saya.

Dengan mid yang agak maju, bagi yang suka musik vocal mungkin akan terdengar agak maju.

Pada bagian high, extend.

Untuk kamu yang tidak suka treble, kz zsn pro akan sedikit piercing atau menusuk.

Tapi menurut saya justru karena efek high nya itu, yang pedas itu malah menambah rasa energik pada lagu yang diputar, terasa fun. Saya mengetesnya dengan lagu dream theater, live concert, terasa sangat hidup. Saya merasa seperti nonton konsernya, dan poinnya adalah saya suka.

Dengan adanya double magnetik dynamic maka suara low/bass akan terdengar lebih deep, dan rumble, namun tidak panjang. Bass nya juga asik, meskipun tidak se-boomy rock zircon saya.
kz-zsn-pro-headset-murah-terbaik
fitur double magnetic dynamic + balanced armature yang bikin sound stage megah dan lebar.

Dari sound stage nya lebar. Terasa ada perbedaannya sedikit daripada zsn sebelumnya. Suara instrument pada bagian kiri atau kanan terdengar lebih hidup. Mungkin pengaruh dari cross over yang dimilikinya. Sehingga frekuensi yang diterima bisa dimainkan dengan lebih baik.

Terasa airy, dan instrument separation nya bagus sekali. Saya kaget pertama pasang headset ini di telinga, saya bisa mendengar detail instrument lebih banyak.

Positioning juga terasa pas.

Headset kz zsn itu salah satu headset iem yang gampang di drive. Sehingga menghasilkan suara yang powerfull. Pada saat saya mencolok headset ini ke DAP Xduoo X3, saya harus menurunkan volumenya ke 55, dengan volume segitu saja sudah terasa besar suaranya.

Kekurangan kz zsn Pro

Berbicara mengenai headset murah, pasti ada plus minusnya. Menurut saya, iem kz zsn pro ini ada decay. Pada bagian bass kalau kamu dengar lagu edm, ini akan menambah bass dari musik tersebut.

Piercing yang bagi sebagian orang mungkin tidak cocok, namun ini improve dari kz zsn sebelumnya.

Fitting kz zsn pro nyaman namun bukan yang terbaik.

Kekedapan suara atau noise isolation yang dimiliki kz zsn bagus baik. Ditambah fitting yang nyaman. Suara sekitar tidak akan masuk ke kanal telinga kamu.

Terdapat suara hizz, saat saya mencolokkan headset ke hp, atau player xduoo x3 saya. Mungkin ini pengaruh dari player saya saja. Sehingga efek black background tidak saya dapatkan secara total.

Kesimpulan dan saran

kz-zsn-pro-headset-terbaru-termurah-terbaik-kere-hore
kz zsn pro mejadi iem detachable favorit banyak orang di komunitas audio kere hore
Kz zsn pro merupakan versi upgrade dari kz zsn. Dengan embel-embel pro yang dimilikinya memang terasa ada perbedaan performance dan pengalaman mendengarkan headset in ear monitor.

Kalau kamu sudah punya kz zsn pikir-pikir sebelum beli ini. Namun kalau belum pernah punya kz zsn, mending langsung ke sini saja. Karena ini adalah versi yang lebih baik.

KZ ZSN Pro cocok untuk

Kalau kamu senang dengar musik top 40, pop, edm, metal, rock, yang trebel dan low nya agresif, suka konser, gitaran, kz zsn pro adalah jawabannya. Namun bukan untuk all rounder.

Kz zsn cocok juga untuk mendengarkan lagu-lagu yang punya kualitas rekaman yang kurang baik.

Saya punya playlist lagu PADI yang masih mp3. Belum nemu file yang baik. Hehe..

Pas saya pakai kz zsn pro rasanya kualitas rekaman sedikit lebih baik. Ada suara-suara yang belum pernah saya dengar sebelumnya.

Misalnya pada lagu Bayangkanlah, ada suara bisikan di menit ke 2. Suaranya bergantian terdengar di telinga kanan dan kiri.

Saya juga coba putar lagu-lagu Mocca rasanya suara instrument simbal dan gitar nya terasa lebih padat.

Menurut saya ini solusi murah bagi yang ingin menikmati suara yang detail lebih baik.

Sebaliknya ketika putar lagu-lagu terbaru yang mana dari youtube atau spotify saja akan terdengar sangat jelas detailnya.

Update::
Setelah memakai kz zsn selama 1 bulan lebih, terasa perbedaan yang mencolok. Entah karena kebiasaan atau gimana, rasanya suaranya tidak begitu menusuk sekarang. Jadinya lebih enak saja dengar musik favorit ku. hhmm.. apa kamu juga merasa demikian?

Akhir kata

Terakhir yang selalu dinotice bahwa dunia audiophile itu adalah sangat subjektif. Tidak semua pendapat orang bisa diterima mentah-mentah. Kamu mesti percaya sama kuping sendiri.

Pendapat saya ini sangat subjektif dari referensi audio yang saya pakai mungkin berbeda dengan anda. Musik saya mungkin berbeda dengan selera anda, dan audio player yang saya pakai mungkin tidak sama dengan punya anda, begitupun dengan eartips-nya.

Mungkin dengan adanya review ini bisa sedikit menambah referensi ada sebelum membeli headset in ear monitor detachable kz zsn pro.

Sekian.

Cek harga KZ ZSN Pro di Blibli sekarang 
Cek harga KZ ZSN Pro di Lazada sekarang