Cara Menggunakan Memu Emulator untuk Bermain Game Android di PC

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

Cara menggunakan memu emulator

mrfdn - Bermain game dengan emulator merupakan salah satu alternatif kalau hp yang digunakan kurang mampu memainkan game berat seperti pubg mobile, free fire, atau game-game android lainnya.

Ada banyak aplikasi emulator yang ada di internet. Salah satunya yang terbaik adalah memuplay emulator, atau biasa disebut memu emulator.

Emulator ini adalah salah satu yang paling ringan untuk dipasang di komputer/laptop windows. Dan kalau main pakai emulator game yang dimainkan bisa berjalan dengan grafik yang tinggi, sesuai dengan kemampuan processor dan vga yang ada di dalam komputer kalian.
cara-menggunakan-memu-play-emulator
fitur memu play emulator

keymapping-memu-play-emulator

setting-memu-play-emulator

Pertama-tama download aplikasinya di memuplay.com, kemudian install. 

Install aplikasi atau game android di memu emulator

Untuk install game yang diinginkan, terlebih dahulu kamu harus login menggunakan akun google kamu. Pada layar utama akan muncul notifikasi untuk login terlebih dahulu.

Setelah berhasil login, buka playstore kemudian pilih game yang akan diinstall. Misalnya pubg mobile, free fire, atau mobile legend.

install-app-memu-play-emulator
install game pubg di memu emulator


Bagi kamu yang sudah punya file apk game bisa langsung seret ke layar memu emulator untuk menginstall nya.

Setting memu emulator di pc

Buka aplikasi memu emulator lalu klik setting, nanti akan muncul jendela baru.

Pada tab general, performance sesuaikan cpu nya. Ubah ke custom dan pilih cpu 4. Untuk komputer yang dual core seperti intel i3, ubah cpu ke 2 atau lebih besar. Untuk komputer yang prosesornya i5, atau lebih kencang pilih 4 atau lebih tinggi.
setting-memu-play-emulator

Pada bagian memory ram, jika di komputer kamu terpasang 8 giga memori, silahkan atur nilai memory menjadi setengahnya saja (4gb) dan maksimal 6 gb.

Pada bagian resolusi sesuaikan resolusi yang ada di komputer kamu. Untuk layar monitor hd pasang minimal ke 1366x768 (254dpi), untuk bermain dengan settingan layar tablet pasang ke 1280x720 (192dpi).


Frame rate pastikan 60 fps.

Gunakan grafik directx

Dan bahasa yang digunakan english.

Klik save.

Keyboard mapping memuplay emulator


Pertama-tama masuk ke game yang telah diinstall. Lalu lihat tombol apa saja yang muncul di layar game.

Pada bagian kanan atas akan muncul beberapa menu bulat berwarna hijau tosca.

Mulai di bagian kiri.
Klik set direction control lalu drag ke bagian kiri bawah layar. Gunanya untuk bergerak ke arah kiri, kanan, atas dan bawah. Setelah itu set masing-masing tombol yang ingin digunakan untuk bergerak. Pada umumnya sudah diatur dengan w, a, s, d.


Klik shoot game. Drag di mana saja untuk menempatkan tombol untuk menembak. Shot game ini digunakan untuk kamu yang bermain game tembak-menembak seperti pubg mobile emulator.

Set gravity accelerometer untuk bermain game balap.

Nah, untuk mengatur tombol yang ada di game, bisa diatur sesuai keinginan, tinggal klik pada bagian layar lalu tekan tombol keyboard untuk set perintah pada tombol yang ada di layar. Misalnya untuk posisi bertahan, klik tombol di layar, lalu tekan tuts/huruf/angka di keyboard yang kamu inginkan untuk menandai posisi bertahan tersebut. Begitu seterusnya.

Untuk reset setting keyboard mapping yang sudah dibuat, klik tombol reset yang ada di menu.

Untuk menyimpan settingan keyboard mapping yang telah dibuat, klik tombol yang bergambar centang.

Menu rotasi

Ini berguna untuk kamu yang ingin play game dengan mode potrait atau landscape.

Menu app

Untuk install aplikasi yang bukan dari playstore. Tetapi dari file .apk yang sudah kamu download.

Menu kill process untuk menghentikan proses yang berjalan di emulator supaya emulator berjalan lancar.

Menu screen recorder

Kamu juga bisa merekam layar menggunakan screen recorder. Tips saya, bagi yang menggunakan komputer dengan spek rendah yang ingin merekam permainannya dengan screen recorder memu play emulator, mending pakai aplikasi recorder lain saja seperti obs, shadow play, dll. Ini hanya akan memberatkan proses selama kamu main game. Akan terasa lag pada game.

Menggunakan joystick di memu play emulator


Pertama colok dulu joystick kamu ke komputer. Lalu lihat pada bagian control panel >> hardware and sound >> devices and printers.

Klik kanan icon joystick >> game controller setting
Kemudian klik properties.
Test fungsi analog, dan tombol-tombol yang ada di joystick. Tahap ini penting supaya kamu tahu kalau semua tombol joystick berfungsi normal.
setting-memu-play-emulator-joystick

Sekarang download software bernama joy to key di joytokey.net.
Setelah didownload file .rar, ekstrak kemudian cari joytokey.exe.
Klik kanan file tersebut lalu run as administrator.
setting-memu-play-emulator-joystick

Pilih joystick 1
Set fungsi stick1 tanda panah kiri, kanan, atas, bawah sama dengan tombol w,a,s,d yang sudah di set di aplikasi memu emulator.

Begitupun dengan semua tombol yang ada. Kalau sudah klik file >> save.

Akhir kata

Memu play emulator bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin main game android seperti pubg mobile, free fire, mobile legend, dan lain sebagainya.
memu-play-emulator-free-fire
mencoba main free fire menggunakan emulator - lancar no lag

Dengan emulator ini game kamu akan berjalan dengan lebih ringan, dan lancar juga mendapatkan kualitas grafik yang tinggi.

Semoga tutorial ini membantu anda yang ingin bermain game dengan menggunakan emulator di pc.