Aplikasi Catatan Buat yang Kecanduan Nge-blog di Mana Saja

Aplikasi catatan untuk blogger yang bisa digunakan secara mobile

mrfdn - Kalau anda seorang blogger yang aktif, anda pasti sangat butuh dengan aplikasi catatan. Aplikasi catatan gunanya untuk mencatat dengan segera apa saja hal terkait dengan...
- ide yang muncul tiba-tiba
- kejadian terkini
- keyword penting
- sumber informasi penting
- dan lain-lain

Saya seorang yang hobi nge-blog, mungkin bisa dibilang kecanduan. Di hp dan laptop saya sudah install beberapa aplikasi mengenai catatan.

aplikasi-catatan-blogger-buat-nulis-artikel-di-mana-saja
Sehingga saya bisa menulis artikel di mana pun saya berada. Bukan cuma saat di kamar, saat di kampus, nongkrong di cafe, di angkot, dan lain-lain. 

Aplikasi itu seperti

- Simplenote
- Notepad di Android
- Google keep
- Microsoft one note
- Notepad++

1. Simplenote

 aplikasi-catatan-blogger-simple-note
Aplikasi ini bisa digunakan dengan sangat baik. Kita bisa sinkron dengan beberapa device yang berbeda. Seperti laptop, smartphone android, dan ios.

Menariknya, di simpe note kita bisa memasang beberapa style format tulisan seperti pengaturan title dan subheading. Sehingga artikel yang ditulis akan mudah dicopy paste ke draft blog kita nanti. Tidak perlu edit lagi.

Simple note dilengkapi dengan tag dan kategori. Sehingga kita bisa organisir artikel apa saja yang sudah dan akan dibuat.

Ingat untuk menggunakan aplikasi ini di beberapa device pastikan anda koneksi dengan internet.

Simple note bisa juga dibuka langsung melalui browser yang sudah ada di laptop. Tentu dengan login terlebih dahulu dengan akun yang sudah dibuat.

2. ColorNote Notepad Notes

aplikasi-catatan-blogger-untuk-menulis-artikel

Aplikasi gratis ini merupakan favorit saya. Saya hanya install di hp saja. Ukurannya sangat kecil. Tidak sampai 1 mb.

ColorNote Notepad sudah saya install bertahun-tahun. Jauh sebelum saya mulai nge-blog.

Mencatat apa saja tanpa mesti pusing menyimpan file nya. Semua tersimpan secara otomatis di akun yang sudah saya integrasikan ke sosial media saya.

Tidak perlu koneksi internet. Segala catatan yang telah dibuat akan disimpan otomatis di aplikasi ini. Nanti kalau menemukan koneksi internet akan sinkron dengan sendirinya.

Kekurangannya hanya tidak bisa sinkron dengan beberapa device. Jadi untuk menulis artikel saya kadang mengirimnya ke draft email atau paste ke simple note atau google keep.

3. Google keep

aplikasi-catatan-blogger-google-keep-terbaik

Aplikasi satu ini juga sangat bagus. Fitur menariknya adalah bisa sinkron dengan hp dan laptop.

Untuk membukanya di laptop saya gunakan browser. Tidak seperti simple note yang punya aplikasi sendiri yang bisa diinstall langsung di laptop.

Kekurangannya adalah untuk lanjut menulis dari hp ke laptop tentu butuh koneksi internet dulu.

Aplikasi ini sangat cocok yang sering mobile di beberapa device.

Kelebihannya adalah kita bisa melakukan copy paste tulisan, foto, link, membuat tulisan hand writing. Terdapat juga fitur reminder, dan tag untuk beberapa keperluan khusus.

Tampilannya di hp sangat menarik. Bisa dikasi warna, sehingga dengan gampang kita bisa menandai sendiri artikel tentang apa telah dibuat.

4. Microsoft one note


Bagi pecinta aplikasi microsoft, anda tentu tidak mau ketinggalan untuk install aplikasi ini. Di one note anda bisa mencatat dengan mudah dan cepat.

Kalau saya sih tidak install ini lagi. Karena ribet pakainya. Mungkin karena saya merasa aplikasi ini terlalu lengkap fiturnya untuk dijadikan sebagai aplikasi catatan.

5. Notepad++ untuk laptop

Kau yang satu ini khusus saya install di laptop saja. Saya sudah pernah membuat ulasannya di artikel ini.

Kesimpulan


Menggunakan aplikasi catatan ini sangat membantu bagi para blogger. Mengumpulkan data akan terasa lebih mudah dan efisien.

Beberapa aplikasi di atas bukan yang terbaik tetapi bisa menjadi pilihan. Karena setiap orang punya cara masing-masing dalam menulis artikel.

Pilih salah satu atau 2 saja. Saya yakin pengalaman nge-blog anda akan terasa lebih nyaman.

Saya menulis artikel ini sambil menunggu antrian di telkomsel langsung menggunakan aplikasi google keep yang saya install di hp android saya.