3 Alasan Kenapa Harus Install Linux dan Windows Secara Dual Boot

Manfaat install linux di sistem windows secara dual boot

mrfdn - Bagi saya memilikii sistem yang stabil di komputer merupakan hal yang sangat penting. Saya tidak bisa membayangkan punya perangkat desktop atau laptop dengan sistem yang kacau.

Mungkin anda juga demikian. Terkadang kalau mendapatkan komputer tiba-tiba hang kadang bikin jengkel. Bawaannya setres, pekerjaan tidak ada yang selesai, dan lain sebagainya.


Sebenarnya mudah saja memperbaikinya, terlebih jika sudah ada pemahaman tentang komputer yang baik. Namun bagi sebagian orang yang hidupnya tidak ingin dipusingi dengan serba serbi teknologi, malah mencari teman yang jago komputer.

Nah, apa kamu juga demikian?

Di sini saya ingin memberitahukan satu hal yang keren, yaitu Linux.

Apa kerennya linux?

Bagi saya linux merupakan satu hal yang menjadi kebutuhan dalam sistem komputerisasi saya. Dengan adanya linux, sedikit banyak pekerjaan saya lebih mudah saya lakukan, dan juga lebih aman.

Saya memakai linux sudah belasan tahun.

Selama itu saya sudah mencoba berbagai macam distro, misalnya ubuntu, red hat, open suse, mandriva, mint, elementary, dan lain-lain.

Dari sekian banyak distro yang bisa dipilih, anda punya banyak pilihan sesuai kebutuhan. Tapi tunggu dulu, dari tadi mungkin anda tidak mengerti apa yang saya bicarakan.

Poinnya adalah

1. Linux itu aman

Saya memakai linux sebagai operation sistem yang berjalan bersama dengan windows yang ada di laptop saya. Istilahnya dual boot.

Bagi saya fungsi utamanya adalah untuk menjaga sistem windows saya. 

Loh kok?

Begini, hal yang paling utama adalah saya kalau hendak ingin mencolok flash disk dari teman ke komputer/laptop saya, saya login menggunakan linux.

Kenapa?

Mungkin anda pernah mendengar istilah virus. Meskipun virus saaat ini sudah tidak begitu ngaruh, tapi saya sampai sekarang tidak ingin ribet berususan dengan yang namanya virus. Atau hal sepele yang membuat sistem windows saya rusak.

Saya mengakui saya adalah fanboy windows. Hahaha. Alasan belum mampu beli macbook. Sstt..

Setelah pasang linux di laptop, tidak perlu khawatir lagi. Kalau ada flashdisk mau numpang copy data, film, foto, dll. Tinggal colok dan mainkan.

Linux itu tidak mengenal virus. Istilah kasarnya kira-kira seperti itu. File virus yang ada di flashdisk tidak akan aktif jika terhubung dengan sistem linux. Dia hanya dikenal sebagai berkas file biasa.

Makanya banyak orang yang biasa melakukan hapus virus menggunakan linux. Kalau pakai windows sepertinya sulit dilakukan.

2. Linux itu stabil

Saya kalau lagi bosan pakai windows, saya masuk ke linux. Sekedar untuk refreshing. Melihat tampilan yang unik, dan pemakaian sistem yang berbeda.

Sistem linux terbilang stabil. Mau jalankan aplikasi apa saja sama seperti windows. Cepat, stabil.

Meskipun program tidak sama dengan punya windows, ada aplikasi yang serupa. 

Misalnya, microsoft office di windows, linux punya libre office, photoshop di windows, linux ada gimp, corel di windows, di linux kita bisa pakai inkscape, dan lain sebagainya.

Dan apa yang baik dari itu semua yaitu bisa didapatkan dengan gratis.

3. Linux itu keren

Bagi yang mau gaya-gayaan ke teman, tampilan desktop linux itu keren-keren loh.

Banyak sekali pilihan mode desktop. Misalnya, gnome, kde, xcfe, dan masih banyak lagi.

Karena tampilannya keren, cara pakainya pun unik antara satu mode desktop dengan yang lainnya. Bagi yang sudah bosan pakai windows, coba deh pakai linux.

Akhir kata

Demikian pandangan saya mengenai mengapa pentingnya menggunakan linux bersama dengan windows. Rasanya windows tanpa linux seperti sayur tanpa garam.

Linux sebagai pelengkap sistem operasi windows dari segi keamanan. Selebihnya windows emang masih juara bagi saya. Thanks to all developers and open source.

Kalau anda juga menginstall linux di laptop/komputer anda, coba sebutkan pada kolom komentar di bawah, distro apa yang sedang anda pakai saat ini?