Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube Tanpa Aplikasi Tambahan

Menghemat kuota internet saat nonton youtube tanpa aplikasi tambahan


mrfdn - Saya sering nonton youtube. Hampir setiap hari, kapan saja, di mana saja, kalau ada waktu. Di rumah, di jalan, sementara berkendara pun saya biasa lakukan.

Heh? Yap, lagu-lagu di youtube kan bagus-bagus. Tidak ada salahnya dong saya putar sambil bawa mobil.
cara-hemat-kuota-intenet-nonton-youtube-streaming

Sebagaimana kita tahu semua bahwa youtube, viu, iflix, dan beberapa aplikasi serupa merupakan aplikasi yang memutar audio dan video.

Dengan tambahan video pastinya sedikit akan memakan kuota internet. Terlebih bagi yang menggunakan paket internet pas-pasan. Membuka youtube pasti dilakukan pikir-pikir dulu deh.

Namun bagi saya itu bukan masalah. Karena saya tahu apa yang mesti dilakukan untuk menghemat kuota internet saat menjalankan aplikasi youtube.

Saya sudah lama mempraktekkan cara ini, dan kuota internet saya pun tidak banyak habis hanya karena membuka youtube.

Cara setting aplikasi youtube untuk menghemat kuota internet

Caranya seperti ini

1. Buka video di youtube
2. Pada sudut kanan bawah, terdapat tombol tiga titik. Klik itu lalu pilih 144, atau maksimal 240 saja.
3. Selesai.

Penjelasan setting youtube di atas

Mengapa saya memakai settingan seperti ini? Penjelasannya seperti ini.

Tidak ada cara lain untuk menghemat kuota internet selain dengan menurunkan resolusi video yang diputar.

Semakin tinggi resolusi video yang diputar maka data yang digunakan juga banyak untuk memproses video tersebut. Memang sih kualitas video yang diputar akan lebih jernih, lebih tajam. Tapi semakin banyak data yang dibutuhkan, maka jumlah kuota internet juga dipakai lebih banyak.

Dengan menurunkan resolusi video youtube maka data yang digunakan hanya sedikit. Ini berimbas pada kualitas video yang ditampilkan di layar smartphone anda. Gambar akan kelihatan burik, pixelete, tidak jelas. Tapi penggunaan kuota jadi lebih sedikit.

Cara bijak dalam menggunakan kuota internet untuk nonton youtube

Ijinkan saya memberikan satu saran. Ini berlaku bagi anda yang memang sayang banget sama kuota internet.

Jika anda memang senang nonton youtube, mengambil informasi di sana. Coba pikirkan apakah informasi yang dijelaskan memang anda butuhkan untuk melihat videonya atau tidak.

Saya ambil contoh, jika anda senang menonton video stand up commedy dari youtube. Yang lebih diminan dinikmati apa? Tentu suaranya kan! Nah dengan begitu anda bisa menurunkan saja kualitas videonya menjadi 144. Dengan resolusi segitu saya jamin anda masih menikmati stand up commedy di youtube.

Bahkan bagi anda yang hanya senang memutar musik di youtube sambil berkendara (mobil), tidak ada salahnya memakai resolusi terendah, karena videonya tidak sering dilihat selama berkendara. Benar gak?

Beda halnya jika hal itu berupa sesuatu yang dijelaskan lewat tulisan di layar. Contohnya, tutorial mengedit css dan html. Di sini anda pasti diperlihatkan dengan tulisan yang ada di layar. Dan tulisan tersebut tidak akan jelas kelihatan tanpa resolusi video yang lebih tinggi. Maka dari itu, cobalah menaikkan resolusinya, sedikit dari 360p, atau 480p, kalau masih belum jelas, cobalah 720p. Pasti sudah jelas tulisan di layar smartphone anda.

Akhir kata

Menonton video online dari aplikasi youtube, memutar video, nonton drama streaming, di viu, iflix, dan lain-lain merupakan hal yang menyenangkan. Semua aplikasi serupa memiliki kesamaan sifat. Hanya dengan menurunkan setting resolusi video anda bisa menghemat kuota internet anda.

Dengan menjadi bijak maka kita pun menjadi smart people dengan smartphone di tangan.

Comments

Popular Posts