Kenapa Harus Pakai SSD di Laptop dan Komputer

Alasan mengapa sekarang orang banyak pakai ssd daripada hdd di laptop dan komputer

mrfdn - Jaman sekarang sudah semakin canggih. Apa-apa serba komputer. Peralatan komputer pun sudah tidak lagi jadul. Terus berkembang dan semakin cepat seiring kebutuhan zaman yang serba mobilitas tinggi.

SSD adalah

Ssd (solid state disk) merupakan salah satu perangkat komputer yang bertugas untuk menyimpan data, dan memproses operation system.
alasan-harus-pakai-ssd-di-laptop-komputer-2019

Kalau sebelum jaman adanya ssd, kita kenal hdd atau hard disk. Fungsinya sama seperti ssd, namun hdd kemampuannya terbatas, dari kecepatannya.

Sekarang siapa sih yang tidak butuh komputerisasi yang serba cepat. Dengan adanya ssd, kita akan sedikit terbantu. Mulai dari membuka operation system, mengoperasikan software, sampai memainkan game. Semua bisa dilakukan dengan cepat dengan menggunakan ssd.

Alasan mengapa kita harus pakai ssd di komputer atau laptop

Inilah kelebihan memakai ssd daripada hdd.

1. SSD bikin laptop menjadi lebih cepat

Sebagai perangkat keras inti dari komputer, ssd sudah tidak lagi menggunakan piringan di dalamnya. Yang ada hanya chip tempat untuk menyimpan data. Kalau diibaratkan sama seperti usb flash disk gitu deh.

Bayangkan saja kalau chip memori dibandingkan dengan pirangan yang berputar. Lebih cepat mana prosesnya? Tentu chip memori dong.

Sudah banyak review di youtube yang menunjukkan betapa cepatnya proses data melalui ssd tersebut. Ada yang sampai 5 kali lipat kecepatannya daripad hdd biasa, bahkan yang terbaru bisa 20 kali lebih cepat dari hdd pada umumnya.

Transfer data bisa mencapai 2 gigabyte per second. Gila gak tuh.

Ssd bertipe itu adalah ssd nvme. Merupakan teknologi terbaru. Sangat cocok digunakan untuk laptop atau pc yang digunakan untuk desain grafis atau memainkan game.

2. SSD itu tahan banting

Karena ssd hanya memiliki chip di dlamnya, jadi bisa tahan lebih lama. Ini merupakan keuntungan sendiri bagi pengguna laptop. Jika laptop dipasangi dengan ssd, maka tidak perlu lagi pusing dengan guncangan.

Jika dibandingkan dengan hdd, laptop dengan ssd di dalamnya, bisa dipakai tanpa perlu khawatir berpindah tempat atau memakai laptop dengan posisi miring. Karena tidak ada piringan yang berputar di dalamnya.

3. Menggunakan SSD komputer menjadi lebih efisien

Kalau anda pemakai laptop dan bermasalah dengan beratnya, coba ganti dengan ssd. Ada 2 macam ssd yang bisa dipasang ke laptop, satunya berjenis hdd (slotnya sama dengan hardisk internal laptop) dan satunya lagi berjenis m2.

Ssd m2 memiliki kecepatan yang lebih daripada ssd berjenis hd.

Kalau m2 itu bentunya lebih kecil lagi. Ukurannya kira-kira sama seperti memori ram komputer. Dipasang pada slot khusus m2 jika motherboard laptop anda mendukung.

Selain itu ssd juga membuat kerja komputer sedikit lebih senyap. Tidak ada lagi suara bising dari hardisk. Kinerja os menjadi semakin cepat.

Pada satu kondisi ssd juga bisa membuat daya baterai laptop semakin irit. Ini karena komponen untuk menjalankan ssd tidak membutuhkan daya yang besar.

4. SSD harganya sudah cukup murah

Sepertinya tidak ada lagi alasan untuk tidak membeli ssd di tahun 2019 ini. Ada banyak sekali pilihan ssd di pasaran.

Kalau dulu ssd berukuran 160 gb bisa didapatkan dengan harga 1 juta lebih, sekarang bisa ditemukan dengan harga 200 ribuan saja. Sedangkan untuk ukuran 240 gb, bisa didapatkan dengan harga 500 ribuan.

Sedangkan ssd berjenis m2 sata berukuran 160gb bisa didapatkan dengan harga di bawah 350 ribu.

Kekurangan menggunakan SSD


Meskipun ssd banyak sekali kelebihannya, ada juga beberap hal yang perlu dicatat sebagai kekurangannya. Hal ini perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli ssd yang tepat.

Beberapa kekurangan ssd adalah sebagai berikut

1. Slot untuk memasang ssd belum banyak didukung oleh mainboard

Kekurangan pertama yaitu, tidak semua mainboard komputer atau laptop menyediakan slot untuk memasang ssd. Meskipun bisa diakali dengan memakai ssd pada port sata yang dipakai pada hard disk, pun masalah selanjutnya muncul, yaitu kapasitas.

Jika anda menemukan harga ssd yang murah, tetapi slotnya tidak mendukung di laptop/komputer anda, pun masih menjadi kekurangan.

Anda harus ketahui beberapa slot ssd yang bisa dipakai, seperti pcie, m2, msata, nvme.

2. Kapasitas storage ssd yang kecil menjadikan pilihan yang sulit

Saat anda memutuskan untuk mengganti ssd, ada hal yang harus dikorbankan, yaitu storage yang lebih kecil.

Jika dibandingkan dengan hdd, kapasitas ssd masih terbilang sangat kecil.

Kapasitas ruang penyimpanan data di ssd itu masih terbilang kecil. Ini berdampak bagi anda yang menggunakan satu drive saja di laptop atau komputer.

Saya mengatakan kecil/sedikit maksudnya jika dibandingkan dengan storage hdd yang bisa mencapai 500 gb sampai 1 tb. Sedangkan kita ketahui ssd dengan harga yang sama dengan hdd hanya bisa didapatkan dengan ukuran 160 sampai 250 gb saja.

Misalnya jika di laptop anda hanya mendukung satu slot hdd saja, maka tidak ada pilihan lain selain mengorbankan ruang penyimpanan itu dengan ssd yang ukurannya kecil.

3. Beberapa tipe ssd punya harga yang masih mahal

Terakhir banyak ssd yang punya harga selangit. Misalnya ssd yang bertipe nvme, atau intel optane. Harganya bisa sangat mahal, sekitar jutaan sampai puluhan juta.

Jika anda benar-benar memutuskan untuk membeli ssd, pilihlah dengan tepat sesuai dengan budget dan kebutuhan anda saja. Jangan sampai membeli ssd yang paling mahal sedangkan kebutuhan anda ternyata tidak terlalu memerlukan hal yang demikian.

Akhir kata

Ini hanya saran supaya anda bisa meningkatkan produktifitas dalam menggunakan dan mengoptimalkan komputer atau laptop anda. Gunakan ssd dan rasakan sendiri perbedaannya.

Dengan memakai ssd di komputer maka os, program berat, dan game berat bisa dijalankan dengan lebih ringan. Terlebih jika spek laptop yang anda gunakan cukup jadul. Ssd merupakan solusi cerdas.