7 Perbedaan SSD dan HDD yang Harus Anda Ketahui Sebelum Upgrade

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Simak penjelasan perbedaan ssd dan hdd untuk komputer dan laptop terbaru


mrfdn - Di tahun 2019 sepertinya tidak ada alasan untuk tidak mengenal komponen komputer yang bernama ssd. Ssd merupakan generasi lanjutan dari hdd atau hard disk.

Apa itu ssd dan hdd?


SSD merupakan singkatan dari solid state disk, sedangkan hdd kepanjangannya adalah hard disk drive.
perbedaan-ssd-dan-hdd-sebelum-upgrade


SSD maupun hdd selalu ada di setiap komputer dan laptop, tanpa itu os tidak bisa berjalan. tidak ada data yang bisa diolah oleh komputar. Ssd memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat untuk menyimpan data. SSd biasanya dipakai untuk menyimpan operation sistem saja, sedangkan hd dipakai untuk menyimpan data.

Meskipun keduanya dipakai untuk menyimpan data, ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok antara ssd dan hdd. Jika anda saat ini masih menggunakan hdd dan mau beralih ke ssd, mungkin artikel ini bisa membantu anda dalam membedakan ssd dan hdd.

Perbedaan ssd dan hdd untuk komputer dan laptop


1. Prinsip cara kerja hdd dan ssd


prinsip-kerja-ssd-dan-hdd
Prinsip kerja hdd yaitu secara mekanik. Maksudnya di dalam sebuah perangkat hdd itu terdapat piringan yang berputar. Piringan tersebut sebagai tempat dimana data di komputer atau laptop kita disimpan.

Berbeda dengan ssd dimana pada tidak terdapat perangkat piringan yang berputar. Yang ada hanyalah chip-chip memori yang menempel di dalam ssd.

2. Slot Ssd dan hdd

SSD dengan tipe NVME terbaru

Antara keduanya, terdapat slot yang sama ukurannya. Yaitu berukuran 2.5 inch. Berjalan di slog sata. Slot ATA (Advanced Technology Attachment) tidak ada di ssd. Slot ata hanya ada pada teknologi hardisk komputer pc, bukan laptop.

Ssd tidak bisa berjalan pada slot ATA. Sedangkan sedangkan hdd bisa ada yang bisa berjalan di slot sata, ata, yang mana slot-slot tersebut sudah ditinggalkan.

Jaman sekarang orang butuh akses yang lebih cepat. Slot ata pun ditinggalkan karena teknologi ini sudah termasuk kuno. Kalaupun di motherboard ada slot ini, fungsinya hanya untuk menyimpan data saja, bukan untuk digunakan sebagai operation sistem.

Ssd sekarang ada yang berteknologi m2. Yaitu slot yang dipakai untuk menancapkan ssd berjenis msata ke motherboard. Ssd ini ukurannya kecil hanya seperti sekeping memori ram. Anda mungkin tidak percaya kalau ssd sekarang bisa sekecil ini.

Yang terbaru adalah slot ssd berjenis nvme yang mana bisa dipakai langsung dicolok ke slot pci express di motherboard komputer pc. 

3. Ukuran dan kapasitas ssd dan hdd


Untuk yang berjenis slot sata. Hard disk memiliki 2 ukuran yaitu 3.5 inch dan 2.5 inch. Sedangkan ssd punya 2 ukuran 2.5 inch saja.

Hdd jaman dulu punya ukuran yang besar dan tebal. Berbeda dengan ssd, paling besar ssd hanya berukuran seperti hard disk laptop yang 2.5 inch. Setahu saya belum ada ssd yang berukuran lebih besar dari pada itu. Kalau anda tahu, coba tulis komentar di bawah.

Dari ukuran yang semakin kecil, pengguna pun merasa diuntungkan oleh teknologi ini. Efisiensi dalam komputerisasi terasa lebih baik.

Dari segi kapasitas hdd punya kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan ssd. Kapasitas ssd yang harganya sama dengan hdd itu jauh lebih kecil daripada hdd.

Memang mesti diakui bahwa hdd punya kapasitas yang lebih besar. Karena fungsi utamanya akan digunakan sebagai tempat menyimpan data saja. Akan saya jelaskan di bawah.

4. Kecepatan hdd dan ssd

Ssd itu sangat baik dipakai untuk menyimpan operation sistem. Tidak lain karena kecepatan akses data yang bisa 5 kali lebih cepat daripada hdd pada umumnya.

Kalau hdd hanya bisa melakukan read and write sebesar 100mb per second, ssd bisa 500 mega byte per second bahkan lebih.

Bayangkan kalau anda masih pakai hdd, saat booting komputer pertama kali saja mungkin agak lambat. Apalagi menjalankan aplikasi-aplikasi lain. Pasti terasa juga lambat loadingnya saat membuka dan menjalankan beberapa palikasi sekaligus.

Dengan menggunakan ssd, maka kita bisa menjalankan os dengan lebih efisien, lebih cepat. Membuka aplikasi pun rasanya lebih cepat. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti photoshop, word, chrome, media player pun stabil.

Ini semua karena dukungan teknologi ssd yang sangat futuristik.

Bagi anda pekerja kantoran yang sehari-hari bekerja dengan komputer yang masih pakai hdd, minta saran ke bos deh untuk ganti ke ssd, pasti mobilitas kerja anda menjadi lebih baik.

5. Berat ssd dan hdd

Sekilas bentuk dan ukurannya memang sama, tetapi...

Ssd punya berat yang lebih ringan daripada hdd. Kalau anda memakai hdd di laptop, setelah ganti ke ssd, laptop anda akan menjadi sedikit lebih ringan.

Tidak sedikit orang yang mengeluh membeli laptop karena beratnya.

Banyak orang membeli laptop dengan mempertimbangkan bobotnya, tanpa memikirkan spek yang ada di dalamnya.

Kalau anda berencana membeli laptop yang ringan, pastikan anda mengecek speknya terlebih dahulu apakah sudah menggunakan ssd atau masih hdd. Kalau masih hdd, anda punya kesempatan untuk menggantinya dengan ssd, atau menambahkan ssd yang berjenis msata atau m2.

Dengan begitu laptop yang ditenteng kemana-mana terasa lebih ringan.

6. Fungsi utama ssd dan hdd

Ini yang paling penting.

Saya punya saran. Kalau anda pakai hendak pakai ssd, utamakan gunakan sebagai tempat untuk menginstall os di sana. 

Untuk pengguna windows, taruh kisaran 100 gb untuk partisi os nya. Sisanya gunakan sebagai data.

Kalau anda punya pilihan memasang 2 slot yakni ssd dan hdd di komputer atau laptop, gunakan sepenuhnya ssd sebagai os saja. Sedangkan hdd gunakan sebagai data. Dengan begitu saya jamin kinerja komputer anda akan menjadi super cepat.

Jadi fungsi utama ssd adalah untuk menyimpan operation sistem dan install semua master aplikasi. Sedangkan fungsi hdd hanya untuk menyimpan data seperti document, foto, video, musik, download an.

7. Harga ssd dan hdd terbaru

Harga ssd lebih mahal daripada hdd. Tapi itu dulu.

Sekarang ssd sudah bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah. Kalau dulu ssd ukuran 160 gb kita harus merogoh kantung di atas 1 juta. Sekarang ssd dengan ukuran yang sama bisa didaptkan dengan harga di bawah 250 ribu.

Dengan nilai sekian saya pikir harga yang pantas untuk menikmati komputer dan laptop yang lebih kencang. 

Mempertimbangkan memilih ssd atau hdd

Kalau anda pemakai laptop, sebaiknya ganti hdd anda menjadi ssd.

Atau kalau laptop anda terdapat slot dvd-rw, pilihan terbaik adalah mengganti slot tersebut dengan hdd, lalu slot hard disk internal laptop dipasang ssd.

Atau kalau motherboard laptop anda terdapat slot msata atau m2, carilah ssd berjenis itu lalu install di sana.

Kalau anda sedang merakit komputer pc, utamakan untuk membeli ssd dibandingkan hdd. kalau ada budget lebih belilah hdd yang ukurannya 1 atau 2 tera byte. Sehingga anda bisa menyimpan banyak data di sana.

Akhir kata

Nah demikianlah beberapa perbedaan penting antara hardisk dengan ssd.

Sepertinya tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan ssd pada komputer atau laptop di jaman sekarang. Dengan semakin berkembangnya teknologi ini orang pun banyak beralih dari hdd ke ssd.

Apakah anda masih memakai hdd di laptop anda hari ini?