3 Saran Memilih SSD Terbaik untuk Laptop dan PC

Tips dan saran memilih ssd yang baik untuk laptop dan komputer

mrfdn - Masih berkaitan dengan ssd. Kalau anda sudah memeriksa dan mengetahui jenis ssd yang bisa anda pakai pada komputer/laptop anda, sekarang saatnya menentukan jenis ssd yang tepat.

Sudah banyak artikel yang membahas mengenai hal ini. Adanya artikel ini sekedar untuk menambahkan apa yang ada.
tips-memilih-ssd-terbaik


Berikut beberapa tips dan saran memilih ssd yang tepat untuk laptop / komputer.

1. Budget, budget, budget

Pertama anda tentukan dulu budget yang akan dikeluarkan untuk membeli ssd.

Minimal kali anda harus punya dana sekitar 500 ribu rupiah. Dengan budget segitu anda sudah bisa mendapatkan ssd bertipe sata dengan ukuran 240 gb.

Di range segitu carilah ssd yang murah. Karena merek samsung agak mahal harganya.

Meskipun anda beli ssd yang harga murah, setidaknya anda akan merasakan kecepatan proses yang lebih baik daripada menggunakan hard disk konvensional.

Lain halnya bagi anda yang punya kebutuhan profesional seperti grafik, atau gamers, maka untuk memaksimalkan komputer anda perlu mamakai ssd yang harganya agak mahal. Namun percayalah harga mahal selalu berbanding lurus dengan performa yang didapatkan.

Selanjutnya ketahui cara pakainya supaya tetap awet. Caranya adalah dengan tidak sering melakukan write pada ssd tersebut.

Katanya semakin sering melakukan write ke ssd maka umurnya akan kurang. Jadi gunakan ssd hanya untuk os saja.

2. Pastikan lagi kebutuhan anda untuk apa

Selain untuk memperoleh kecepatan yang maksimal pada os, coba cari tahu lagi seberapa butuhkah anda dalam memakai ssd.

Ini penting, karena ssd bisa dipakai untuk menyimpan aplikasi. Jika aplikasi yang anda gunakan itu aplikasi berat seperti adobe premier, sony vegas, dan semacamnya. Sudah tentu anda butuh ssd untuk membuat prosesnya menjadi lebih cepat.

Dengan begitu anda perlu menggunakan ssd dengan ukuran sekitar 240 gb lebih. Sebab jika hanya membeli ssd yang berukuran 60 gb anda hanya akan mengisinya dengan operation sistem.

Jika anda pemakai laptop, yang mana laptop hanya digunakan sebagai media flash (bukan menyimpan data yang banyak) maka ssd dengan ukuran kecil bisa anda pasang saja.

Jika slot di mainboard anda terdapat slot msata atau m2 maka sebaiknya install ssd di sana kemudian hdd anda tetap pasang pada port sata bawaannya.

3. Cek ketersediannya di toko / marketplace

Sebab beberapa merek dan tipe ssd hanya terlihat di internet. Maka sebelum membeli barang yang anda incar, ada baiknya memastikan ketersediaan barangnya di toko komputer langganan anda.

Jangan sampai ekspektasi anda mendapatkan barang yang diinginkan malah gagal karena barangnya tidak ada di indonesia.

Kesimpulan

Pengalaman saya menggunakan ssd pada laptop thinkpad x220 sangat menyenangkan. Meksipun ssd yang saya dapatkan merupakan ssd bawaan saja, tetapi performa laptop ini sudah cukup maksimal untuk kebutuhan saya yang hanya seputar browsing, dan menjalankan aplikasi office.

Setelah mengetahui cara memilih ssd yang tepat, saya harap anda bisa menentukan dengan bijak ssd apa yang akan anda beli.

Semoga artikel ini membantu.