Solusi Mendaftarkan Nomor HP dengan NIK yang Tidak Bisa Dipakai

Mendaftarkan nomor NIK secara manual di Grapari Telkomsel

mrfdn - Saya baru saja membeli kartu sim baru...

Sepeti biasanya, saat setelah membeli kartu perdana, pelanggan diwajibkan untuk mengaktifkannya dengan mendaftarkan nomor induk kependudukan (nik) dan nomor kartu keluarga.

Saya pikir semua juga sudah tau seperti itu aturan saat ini. Sebelum menikmati paket internet kita harus mendaftarkan kartu yang sudah kita beli dari konter hp.

Namun satu hal yang tidak seharusnya saya alami. Nomor nik saya terdaftar di 3 nomor sekaligus. Padahal setahu saya tidak demikian.

Terakhir saya hanya punya 1 nomor yang saya registrasi di indosat oredo. Dan kali ini saya hendak mendaftar nomor baru di telkomsel. Karena nomor im3 oredo saya itu tau-tau sudah mati..

Tepatnya mati lagi.. Kamu bisa baca kisahnya di sini.

Saya lupa mengisi pulsanya.. Hikss..

Saya memang lalai sekali.. Ini juga pengaruh dari sosial media.. Sudah jarang saya membuka sms, atau telepon.

Sejauh ini lebih sering pakai wa untuk menelpon teman, keluarga.. Hingga akhirnya saya lupa isi pulsa kartu saya.

Sebab utamanya adalah karena murah, kita tidak mesti isi pulsa dulu sebelum pakai. Cukup pakai data, kalau dapat tethering gratis, atau wifi gratis bisa telepon sana sini. 

Padahal sudah 3 tahun saya pakai nomor tersebut. Bayangkan betapa susahnya menjalin komunikasi, membangun jaringan dengan banyak orang selama 3 tahun.

Sedih.. Iya...

Mau minta tolong ke profider pasti sudah tidak bisa..

Hari ini saya kembali ke telkomsel untuk mendaftar nomor baru saya



solusi-mendaftar-nomor-hp-dengan-nik-bermasalah
Setelah dicek, NIK saya ternyata sudah dipakai daftar di beberapa nomor. Dan anehnya, saya tidak tahu itu nomor siapa. Saya tidak pernah memiliki nomor tersebut.

Jadi petugas telkomsel memberi pilihan untuk menghapus nomor tersebut dari nik saya atau menggunakan identitas lain. Saya pilih untuk menghapus 3 nomor yang telah dia perlihatkan.

Kemudian petugas yang cantik membuatkan saya semacam surat pernyataan bahwa nomor tersebut bukan milik NIK, dan akan dihapus. Surat tersebut diberi materai lalu saya tanda tangani.

Proses pengaktifan nomor baru saya tidak langsung bisa aktif di Grapari. Saya harus menunggu sekitar 3 jam untuk bisa mengirim sms kode untuk mendaftarkan nik saya.

Kode untuk registrasi NIK dan KK Telkomsel adalah

*444*NIK*NomorKK#

Setelah 3 jam berlalu saya pun mendaftarkan nomor saya dan nomor telkomsel baru saya pun langsung aktif.

Kesimpulan

Kehilangan nomor memang menyakitkan. Tetapi nomor yang sudah habis masa tenggangnya sudah otomatis akan mati, dan ini lebih menyakitkan.

Membangun koneksi dari tahun ke tahun bukan hal yang mudah. Untuk itu saran terbaik adalah tetap perhatikan isi pulsa anda, jangan malas diisi.

Saya mendapat info bahwa :
pulsa 5 ribu akan berlaku selama 7 hari
pulsa 10 ribu akan berlaku selama 2 minggu
pulsa 25 ribu ke atas akan berlaku selama 1 bulan.

Semoga artikel ini bermanfaat di masa yang akan datang.