5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Menggunakan SSD di Laptop Supaya Tetap Awet

find my pphone android phones android developer insurance car insurance lock phone gfx tool pubg android apk foto keren android os for pc kamera android definition insurance companies car insurance quotes auto insurance android os versions quotes android device manager location history open handset alliance headphone android device manager google gapps android device manager unlock ssd murah android device manager for pc find my device android find my samsung tablet headset google play service android android device manager location unavailable android software download for pc fix my device samsung support europe android phones car insurance companies insurance quotes cheap car insurance android versions foto keluarga android download android 9 gfx tool android pie cara main mobile legend settingan pubg istilah dalam pubg cara main pubg di pc pubg mobile lite pubg mobile online pubg mobile tencent hp murah pubg mobile update pubg mobile apkpure gl tool headset gaming headset iphone cheap insurance auto insurance companies headset samsung earphone gaming earphone terbaik 2018 earphone mega bass terbaik headset bluetooth xiaomi earphone terbaik earphone gaming custom rom earphone jbl earphone miniso teknik fotografi komposisi fotografi pengertian fotografi jenis fotografi sejarah fotografi kamera canon kamera dslr rekomendasi earphone terbaik headset bluetooth terbaik headset bluetooth jbl headset hp kamera mirrorless toko kamera jual kamera auto insurance quotes liability insurance

Tips menggunakan ssd supaya tetap awet


mrfdn - Tahukah kalau ssd harganya lebih mahal per gigabyte daripada generasi pendahulunya, yaitu hardisk konvensional.

Hitungannya kalau ssd murah dengan harga misal rp. 350.000 dengan kapasitas hanya 120gb saja, kurang lebih harga per gigabyte nya adalah 3000 rupiah.

Dengan harga segitu anda tentu tidak ingin rugi dalam menggunakan media solid state disk ini.
tips-menggunakan-ssd-laptop-supaya-awet
photo by thewirecutter.com


Kalau dibandingkan dengan hdd konvensional yang ukurannya 500 gb dengan harga 450.000 rupiah, maka per giga byte bisa kita miliki dengan harga kurang lebih 900 rupiah saja.

Sangat jauh bukan?

Bisa sampai 3 kali lipat.

Itu pun kita sudah bisa menikmati ssd dengan harga yang sangat murah. Dibandingkan dulu harga ssd jauh lebih tinggi lagi.

Seiring waktu saya lihat harga ssd pun semakin turun. Sebanding dengan semakin banyaknya orang yang pakai. Dan betapa butuhnya orang dengan akses komputer yang lebih cepat.

Ada masalah yang jarang diketahui oleh orang yang menggunakan ssd.

Menggunakan ssd perlakuannya tidak sama seperti menggunakan hdd konvensional atau hardisk external sekalipun.

Menggunakan ssd yang baik supaya tetap awet ternyata ada trik nya.

Karena sebagai catatan, bahwa ssd juga punya umur pakai. Semakin sering ssd digunakan untuk proses write, maka umurnya semakin pendek.

Penjelasannya sedikit agak teknis. Sebenarnya saya juga kurang tahu menjelaskannya. Tetapi hal ini berlaku untuk semua para pengguna laptop dan komputer dengan ssd di dalamnya.

Berikut tips menggunakan ssd supaya tetap awet.

1. Jangan menyimpan file yang terlalu besar di ssd.


Misalnya file film atau download an. Sebaiknya gunakan saja media hdd untuk menyimpan file-file tersebut.

Karena semakin sering digunakan untuk write, maka umurnya juga akan semakin pendek.

Selain itu mengingat ukuran ssd yang tidak terlalu besar, maka ketika dipakai untuk kebutuhan menyimpan data maka ruang yang digunakan menjadi lebih sempit. Imbasnya, akan berpengaruh terhadap sistem komputer kita.

Kalau memungkinkan laptop anda punya 2 slot yaitu hdd dan slot dvd, sebaiknya gunakan saja slot dvd tersebut sebagai slot hdd. Dan ganti slot hdd internal menjadi slot ssd.

Kemudian simpan data di hardisk, sedangkan os diinstall pada ssd saja.

2. Pastikan fitur trim aktif pada komputer/laptop yang menggunakan ssd


Ssd itu akan berjalan baik jika berjalan dengan sistem trim yang tertanam di operation system. Apa sih trim itu?

Silahkan klik link berikut di wikipedia mengenai penjelasan trim.

Cara mengecek trim aktif atau tidak, untuk sistem windows, ketik perintah berikut pada command prompt

fsutil behavior query disabledeletenotify

Jika anda melihat hasil dengan angka 0 maka trim sudah aktif, kalau menunjukkan angka 1 maka untuk mengaktifkan trim ketik lagi perintah berikut

fsutil behavior set disabledeletenotify 0

Dengan begitu fungsi trim akan aktif di komputer anda.

3. Jangan mengisi ssd terlalu banyak dengan file-file


Pastikan anda selalu melihat sisa ruang kosong pada ssd anda. Sebaiknya gunakan sisa 20% kosong untuk ssd. Supaya kinerjanya tetap optimal.

Mengisi terlalu banyak file di ssd sampai drive terlihat merah akan menjadikan system menjadi lambat.

4. Ssd tidak perlu di defrag


Ini adalah hal yang percuma dilakukan. Defrag itu fungsinya mengatur kembali letak yang ada supaya proses write bisa lebih optimal. Dan faktanya defrag hanya dilakukan untuk penyimpanan bercakram, yaitu hard disk.

Teknologi ssd tidak perlu lagi menggunakan hal ini karena setiap bit file tersimpan pada chip-chip memori yang tertanam pada ssd.

Pemanggilannya pun instant, tidak sama halnya dengan hdd yang harus mencari file yang dipanggil di blok tertentu.

5. Keuntungan menggukan ram besar


Jika anda menggunakan laptop atau komputer dengan memori yang besar, maka kinerja ssd anda akan sedikit terbantu.

Os akan menyimpan file cache pada ram, bukan pada ssd. Jadi proses system tidak dibebankan banyak pada ssd, namun diambil alih oleh ram.

Selain itu program yang dijalankan pun menjadi lebih ringan.

Kesimpulan

Demikian tips menggunakan ssd pada laptop dan komputer. Menggunakan ssd itu memang sangat banyak kelebihannya.

Meskipun anda sudah tahu kekurangan ssd, hal tersebut ditebus dengan pengurangan konsumsi daya yang lebih hemat, lebih sedikit noise, dan kecepatan meningkat secara signifikan.

Ssd memang kebal terhadap faktor penyebab utama hdd sering rusak. Tetapi bukan berarti ssd bukan tanpa masalah.

Dengan mengetahui beberapa tips di atas, saya harap anda bisa mendapatkan pengalaman menggunakan ssd lebih lama lagi, sampai pada waktunya teknologi telah berganti ke yang lebih baik lagi.