Cara Saya Menjadikan Android Lebih Bermanfaat


mrfdn - Rasanya tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan oleh hp smartphone jaman sekarang. Contohnya, android. Sebagai alat komunikasi, fungsinya juga bisa dipakai untuk melakukan sebagian besar kegiatan kita sehari-hari.

Misalnya, ingin bepergian, ada aplikasi ojek online, mau belanja, ada aplikasi toko online, mau membuat artikel, ada notepad, mau memotret, ada kamera, dan lain sebagainya.


Namun yang terjadi adalah, kebanyakan dari kita hanya memanfaatkan hp sebagai alat untuk main game dan membuka sosial media.

Benar gak?

Sadarkah anda akan hal tersebut?

Mari jadikan android lebih bermanfaat


Sehari-hari yang dilakukan dengan hp hanyalah membuka instagram, intip status artis, teman, gebetan, dan lain sebagainya..

Emang sampai segitunya kita memperlakukan device mahal yang kita punya?

Kenapa kita tidak mencoba memanfaatkan hp kita untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Seperti install aplikasi untuk belajar bahasa inggris, atau menonton video yang bermanfaat di youtube.

Bukannya hal tersebut lebih berguna daripada lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuka dan mengikuti perkembangan yang terjadi di media sosial.

Karena saya sadar, kalau kita masuk terlalu jauh di sana, kita akan larut, produktivitas akan menurun, akhirnya performa kita kan menurun.

Cara saya memanfaatkan hp android untuk kebutuhan sehari-hari

1. Saya sembunyikan whatsapp, tidak tampil di home.
2. Kalau lagi jalan-jalan, saya memanfaatkan kamera hp untuk mengambil gambar.

3. Saya install beberapa aplikasi catatan supaya kegiatan nge-blog saya bisa lakukan di mana saja.

4. Saya hapus sosial media seperti instagram, karena instagram merupakan candu. Saya tidak ingin larut dari kebiasaan scrolling. Anda bisa menemukan banyak artikel yang membahas ini dengan keyword "mind scrolling"
Kalau terpaksa harus membuka sosial media, saya buka lewat browser google chrome saja. 
5. Saat bekerja, saya menjauhkan hp dari jangkauan saya. Supaya saya tidak terganggu dengan bunyi notifikasi dari hp saya.
6. Pada malam hari, saya tidak banyak membuka hp karena saya ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik.

7. Saya sengaja install aplikasi running untuk mendukung kegiatan jogging saya.
8. Saya install aplikasi office untuk membantu saya membaca artikel dari majalah online berformat pdf. Karena saya masih belajar tentang fotografi.
9. Saya tidak menggunakan spotify, karena saya tidak punya banyak kuota internet untuk mendengarkan musik. Saya batasi diri dengan mendownload beberapa lagu favorit dari youtube. Meskipun kualitasnya tidak sebagus spotify.
10. Saya mengunakan hp saya untuk mendownload drama korea, atau nonton anime kalau sedang berada di cafe yang kasi jaringan wifi gratis. Hehe...
11. Saya install game yang ringan dan bisa saya mainkan saja, seperti pubg, mobile legend, dan free fire. Saat ini saya hapus pubg karena update nya sudah tidak muat lagi di hp saya yang memori nya hanya 16gb.

Its okay...

Lagian game juga menyita banyak sekali waktu. Jadi saya memainkannya kalau ada waktu saja. Bahkan kadang 2 hari atau lebih tidak membuka game sama sekali. Karena saya pikir banyak hal yang bisa saya lakukan daripada nge-game.

Akhir kata

Lihat betapa banyak yang bisa dilakukan gadget kita.

Marilah kita lebih bijak dalam memanfaatkan gadget. :)