Berapa GB RAM yang Ideal untuk PC Windows?

quotes android photography pubg mobile legend aplikasi whatsapp gapps apk teknik fotografi kamera dslr bluetooth headset insurance foto keren

Menghitung kebutuhan RAM yang dibutuhkan untuk PC Windows 10


mrfdn - Ketika hendak membeli laptop atau membangun pc di rumah, kita kadang dibuat berpikiran bahwa semakin besar RAM, maka sistem akan menjadi semakin cepat.

Pendapat tersebut tidak salah, namun kurang tepat. Karena fungsi RAM (random acces memory) sebenarnya adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. Kalau proses tersebut sudah selesai maka RAM kembali akan kosong.
memori-ram-pc-windows-10-32-64-bit

Cara mengecek RAM di pc windows 

  1. Klik kanan my computer atau this pc
  2. Pilih properties
  3. Anda akan melihat tampilan seperti berikut ini. 
mengecek-ram-pc-windows-10-32-64-bit
Di sini saya menggunakan PC windows 10 dengan sistem 64 bit yang terinstall 4 gb RAM


Untuk pengguna windows 10 atau windows 7 ada pilihan sistem antara yang 32 bit dan 64 bit

Sistem windows 32 bit hanya bisa menjalankan sistem dengan RAM sebanyak maksimal 3 gb. Sedangkan untuk sistem 64 bit bisa menjalankan lebih dari itu, atau minimal 4 gb.

Nah, coba lihat kembali RAM pc atau laptop anda. Apakah sudah maksimal penggunaannya atau tidak?

Berikut penjelasan mengenai kebutuhan RAM yang ideal

PC RAM 1 Gb

Menurut artikel yang diterbitkan zd.net, windows 10 jaman sekarang sebenarnya sudah bisa berjalan dengan RAM minimum 1 gb. Di sana anda sudah bisa menjalankan fungsi komputer untuk browsing dan tugas standar bawaan windows.

PC RAM 2 Gb

Ram 2 gb merupakan spek yang mumpuni bagi pc dengan windows 32 bit. Ini sudah bisa menjalankan program seperti office, game dan browsing.

Bahkan untuk kebutuhan edit foto sederhana pun sudah cukup.

PC RAM 4 Gb

Jika memasang RAM ukuran 4 gb ada baiknya memasangkan sistem 64 bit. Supaya RAM yang diinstall bisa terpakai dengan maksimal.

Untuk pc dan laptop jaman sekarang umumnya sudah mengadopsi spesifikasi seperti ini. Jadi hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah.

Laptop saya juga punya spek seperti ini. Dan pekerjaan paling berat yang saya berikan adalah render video melalui filmora. Tapi paling sering saya melakukan edit foto dengan photoshop.

Sedangkan saat membuka banyak tab browser ini juga membuat beban sistem sedikit meningkat.

Untungnya laptop saya pakai ssd, jadi lag sistem hampir tidak terasa.

PC RAM 8 Gb

Ram 8 gb biasanya dipasang untuk sistem yang lebih advance. Seperti pc yang terlalu sering dipakai untuk edit foto, video atau main game berat.

PC RAM 16 GB atau lebih

Buat yang berkebutuhan sangat khusus ini adalah spek RAM yang paling extreme dipasang di pc atau laptop.

Dengan RAM segini pc biasanya dipakai oleh para gamer dan kebutuhan grafis. Misalnya mengelola file gambar yang ukurannya sampai 1 gb atau lebih.

Akhir kata

Setelah saya membaca banyak artikel tentang RAM saya merasa ada pengaruh RAM dengan software yang dipakai. Maksud saya kalau kita pakai software windows asli maka performanya akan lebih baik ketimbang memakai software windows bajakan.

Pengakuan : saat ini saya masih pakai software bajakan juga sih. Hehe.. Malu rasanya..

Jika anda hendak menambah RAM di pc atau laptop anda, sesuaikan lagi dengan kebutuhan anda. Dengan mengetahui spesifikasi penggunaan RAM ini anda akan menghemat biaya dan mendapatkan performa komputer yang sangat bagus.

Catatan : Jika RAM kurang dari 4 gb maka pakai saja windows yang 32 bit. Namun jika RAM lebih dari 4 gb maka pakai windows 10 yang 64 bit untuk memaksimalkannya.