Plus Minus Menggunakan Temprate Glass di Layar Smartphone

Apakah anda pakai temprate glass atau tidak di hp anda? Ini pertimbangannya

mrfdn - Biasanya setelah membeli hp baru, orang membeli berbagai macam aksesoris. Misalnya, casing biar lebih cantik, dan pelindung layar supaya gak tergores. Sayang banget kan kalau hp masih baru terus layarnya sudah lecet.

Meskipun saat melakukan riset hp di gsm arena misalnya. Dia sudah tahu bahwa hp smartphone yang mau dibelinya sudah terpasang pelindung layar.

Pelindung layar biasanya disebut dengan istilah temprate glass atau tg. Itu adalah salah satu teknologi yang berguna untuk memberikan lapisan terhadap kaca sehingga tidak mudah tergores.

Singkat cerita mengenai temprate glass. Perusahaan ini berkembang atas keinginan Steve Jobs yang sudah membuat iphone. Dimana ketika dia meletakkan iphone di sakunya yang juga berisi kunci. Dia melihat banyak bekas goresan akibat kunci tersebut. Nah saat itulah steve jobs mencari cara untuk melindungi layar produk buatannya. Dan dia pun bekerja sama dengan perusahaan yang membuat temprate glass.

Perkembangan smartphone jaman sekarang semakin hari semakin bagus. Begitupun temprate glass yang sudah mencapati versi ke 6.

Kalau anda sangat memperhatikan ketahanan layar hp anda, sebaiknya anda perlu tahu juga berbagai spek temprate glass.

Menurut info yang saya dengar dari review youtube. Mengatakan bahwa spek temprate glass versi 3 lebih tahan goresan daripada versi 6. Tetapi versi 6 lebih kuat (tidak mudah pecah) daripada versi 3.

Itu hanya pendapat sekilas dari video youtube yang pernah saya nonton. Silahkan cari tahu lebih lanjut mengenai spek layar hp yang akan anda beli.

Plus minus menggunakan temprate glass

cidera-tangan-karena-menggunakan-template-glass-yang-pecah

Saya menulis artikel ini setelah saya menyaksikan berita yang muncul di timeline instagram saya.

Bahwa seorang telah dioperasi tangannya (tepatnya jempolnya) untuk mengeluarkan pecahan kaca pelindung layar yang terpasang di hp nya. Itu terjadi saat dia main game lalu jempolnya pun tergores.

Saya tidak mengetahui persis apa yang terjadi. Namun saya bisa berasumsi bahwa saat main game misalnya saja main Mobile Legend atau PUBG. Kebetulan temprate glass yang dipakainya itu sudah pecah. Karena malas diganti jadinya melukai diri sendiri.

Mungkin itu asumsi saya. Silahkan dikoreksi jika anda punya info yang lebih akurat mengenai kejadian tersebut.

Kelebihan memasang temprated glass di layar hp

  1. Supaya layar lebih aman dari goresan dan benturan
  2. Melindungi lapisan pelindung layar bawaan hp.

Anda mungkin pernah mengalami ketika main game di hp. Salah satu bagian layar hp itu menjadi agak sulit untuk jempol kita menggerakkannya. Terasa tidak responsif. Agak keset.

Saya mengalami hal ini di hp redmi 4x saya yang sudah saya pakai selama kurang lebih 2 tahun. Terasa sekali saat main game pubg, area layar letak tombol analog menjadi sulit untuk dikendalikan.

Nah, itu akibat lapisan pelindung layar bawaan hp menjadi terkikis seiring waktu. Ini menjadi nilai plus menggunakan temparate glass.

Kekurangan memasang temprate glass

  1. Keindahan hp jadi sedikit berkurang akibat pemasangan yang kurang rapih. Meskipun rapih, tapi kadang juga ada hp yang kelihatan tidak bagus terlihat ketika memakai ini.
  2. Respon layar berkurang. Ini terjadi untuk beberapa hardware hp saja. Atau kualitas temprate glass yang dipasang itu tidak bagus.
  3. Beresiko bisa menciderai diri sendiri sama seperti cerita di atas.


Akhir kata

Dari paparan singkat di atas, rasanya bisa menjadi pertimbangan yang sulit untuk memasang temprate glass atau tidak.

Saya pun merasa demikian. Dan saat ini saya belum memasang temprate glass karena merasa terlihat lebih elegan hp ku saat ini tanpa itu. Tapi saya khawatir juga kalau suatu hari tidak diminta-minta hp jatuh, dan layarnya wassalam.

Bagaimana dengan anda?

Comments

Popular Posts