Cara Mengatasi Virus Ransomware Prandel di Komputer/Laptop Windows

Hati-hati virus Ransomware Prandel bisa merusak semua file di komputer

mrfdn - Ketika anda sedang asyik browsing di internet melalui laptop atau komputer. Komputer anda bisa saja secara tidak sengaja mendapatkan virus ransomware.

Ransomaware bisa dibilang virus. Tetapi sejatinya itu adalah aktivitas mallware. Tapi di artikel ini kita sebut saja virus biar tidak bingung.

Aktivitas mallware biasanya ditandai dengan berubahnya semua file yang tersimpan di laptop menjadi format tertentu. Misalnya kalau terdapat file .doc, .exe, .pdf, .rar, lain-lain, file tersebut akan berubah menjadi .ransomware.

Jika hal ini terjadi pada anda, pastinya sangat menjengkelkan. Karena file-file tersebut tidak bisa dibuka. File tersebut telah ter-enkripsi. Sistem komputer menjadi rusak.

Bahayanya lagi virus ini dapat menyebar melalui flash disk atau hdd external atau media serupa yang langsung on ketika dicolok ke komputer/laptop.

Virus Ransomware yang terbaru bernama Prandel


Ketika virus ini masuk ke komputer anda, semua file anda akan berubah extensinya menjadi .prandel. Bahkan file yang berada di dalam file .rar juga ikut berubah menjadi .prandel.

Si pembuat virus mengatakan bahwa untuk mengembalikan file-nya dalam keadaan semula harus membayarnya dengan bitcoin senilai 980 dollar.

Memperbaiki file yang telah terkena virus Ransomware Prandel


Setelah saya membaca-baca di forum, virus ransomware ini katanya bukan salah satu dari ancaman dunia maya. Ransomware sebenarnya bisa dihentikan ketika mereka dihapus.

Bahkan jika Trojan dan semua file yang terkait dengan aktivitas berbahayanya hilang, data pribadi Anda mungkin tetap terenkripsi.

Singkatnya kita akan melakukan

  1. Penghentian aktivitas
  2. Hapus file virus
  3. Kembalikan file ke keadaan semula

Persiapan
  1. Backup file yang ada, meski itu merupakan file yang terinveksi virus prandel.
  2. Sabar menunggu karena prosesnya memang memakan waktu yang agak lama

Caranya seperti ini, menggunakan windows 10

  1. Nyalakan komputer lalu masuk ke safe mode, caranya tekan f8 terus setelah menekan tombol power. Akan muncul beberapa pilihan, lalu pilih safe mode.
  2. Tekan win+r (run)
  3. Ketik msconfig >> ok
  4. Klik tab boot, centang safe boot >> apply >> ok.

Hentikan aktivitas prandel

  1. Buka task manager, tekan bersamaan ctrl+shift+escape
  2. Klik tab detail
  3. Temukan file yang mencurigakan, biasanya ditandai dengan .exe dalam keadaan running dan memakan memori yang besar, dan tidak ada deskripsi di belakangnya.
  4. Klik kanan file tersebut lalu pilih end task.

Menghapus virus prandel ransomware

  1. Masuk ke run (win+r)
  2. Ketik regedit
  3. Tekan ctrl+f lalu ketikkan prandel virus atau nama file virus. Biasanya terletak di %appdata%, %temp%, %local%, %roaming% or %systemdrive%. Namun biasanya virus akan memberikan nama yang acak.
  4. Kamu juga bisa menemukan file virus yang jahal tersebut dengan meng-klik kanan di value data yang terjangkit virus prandel. Setelah menemukannya hapus secara permanen, dan restart komputer.

Cara lain mengatasi virus ransomware Prandel

Install anti virus. Anda bisa gunakan aplikasi Spyhunter untuk hapus virusnya dan Decryptor untuk mengembalikan file yang telah ter einkripsi ke keadaan semula.

Penting baca referensi artikel ini dalam bahasa Inggris
https://cfoc.org/prandel-virus-ransomware-prandel-files-remove-and-restore-data/
https://howtoremove.guide/prandel-virus-file/
https://malwaretips.com/blogs/remove-prandel/

Cara mencegah virus Ransomware Prandel di laptop / komputer


Ini berlaku untuk pengguna windows karena windows itu rentan sekali kena virus. Berbeda dengan Linux dan mac.
  1. Backup file penting yang ada di laptop/komputer anda
  2. Jangan sembarang klik atau buka file di internet
  3. Jangan sembarang colok hardisk atau flashdisk ke laptop / komputer
  4. Pasang anti virus
Teman saya komputernya terjangkit virus ransomware prandel karena tidak sengaja mengklik iklan yang muncul di browsernya. Katanya iklan tersebut muncul di sebelah kanan bawah browser. Yang mana setelah saya pikir-pikir itu adalah notifikasi browser. Akhirnya semua file nya rusak.

Akhir kata

Virus ransomware prandel memang sangat menyebalkan dan membuat stress. Jika anda belum mengalami ini, ada baiknya untuk mencegahnya sekarang.

Para peretas mengandalkan fakta ini untuk mengancam korban dan memeras uang darinya. Namun, fakta bahwa Anda mungkin kehilangan data, tidak berarti Anda harus membayar.

Satu hal yang harus Anda pertahankan adalah bahwa peretas sering menipu pengguna dan setelah menerima uang, mereka tidak mengirim perangkat lunak penguraian sandi.

Jika masalah ini terjadi, Anda tidak akan menerima pengembalian dana karena pengembang Prandel Virus mengandalkan platform Bitcoin. Alih-alih kehilangan uang Anda dengan cara ini, Anda harus menghapus ransomware agresif dengan utilitas anti-malware khusus.

Saat PC bersih, Anda dapat mengunduh beberapa perangkat lunak dekripsi atau mencoba mengembalikan perangkat Anda ke tanggal yang lebih awal melalui fitur Pemulihan Sistem.