Pentingnya Domain yang Bagus untuk Bisnis Online

Jangan asal pilih domain apalagi buat bikin situs bisnis online anda


mrfdn - Sekitar 2 tahun lalu, sebelum saya mengenal dunia website, blog dan semacamnya, saya tidak pernah tahu apa-apa mengenai apa itu domain, bahkan kode html+css saja saya buta.

Saya memulai blog karena saya ingin sekedar meramaikan dunia fotografi, membagikan pengetahuan saya tentang fotografi, share foto-foto yang saya buat di blog saya.

Sebagai salah satu yang awam di dunia per-blog-an kala itu saya malu-malu. Tidak pede kalau-kalau sampai ditemukan orang di internet, lalu dicap blognya jelek.

Syukur-syukur kalau informasi yang saya bagikan bisa bermanfaat oleh orang yang membutuhkan.

Maka dari itu saya memberikan nama domain blog ini menjadi mrfdn.com.

Nah, terkait dengan itu kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya terkait tentang apa yang saya ketahui mengenai domain. Karena saat ini saya sudah cukup memahami dan menengetahui manfaatnya.

Buat yang belum tahu, domain adalah nama yang menjadi alamat sebuah situs, biasanya diakhiri dengan .com, .net, .id, dan sebagainya. Contohnya blog ini, mrfdn.com
pentingnya domain yang bagus untuk bisnis online

Gak jelas ya?

Jujur saja deh, bilang saja nama domain blog ini jelek banget. Hanya huruf konsonan saja. Gak bisa dibaca sama sekali. Bawaannya emosi saat membacanya, mengejanya saja sulit.

Iya, karena waktu itu saya tidak terlalu memusingkan nama domain apa yang bisa saya berikan.

Tapi kalau anda ingin tahu arti mrfdn, silahkan baca about me (ada di pojok kanan atas). Jawabannya ada di sana.

Kadang berpikir nama domain saya ini jelek banget.

Gak ada artinya.
Gak menjual sama sekali.
Gak bisa diingat.
Syukur-syukur kalau ada yang baca.

Saran saja bagi yang baru ingin memulai nge-blog, pilihlah nama domain yang bagus.

Mengapa domain penting?


Nama domain yang bagus akan meningkatkan kepercayaan orang terhadap situs kita. Jangan asal memilih domain, yang akhirnya malah membuat orang berpikir kalau situs yang anda kelola adalah situs abal-abal.

Domain yang bagus sekiranya akan memberi kesan awal kepada orang bahwa situs yang sedang dikunjungi adalah terkait tentang apa yang dicarinya di internet.

Kalau anda ingin memilih domain seperti halnya blog ini, pikir-pikir dulu deh. Apalagi buat dikelola dalam jangka panjang.

Orang bisa tahu kita melalui situs kita. Memilih domain mulai dari nama sendiri bisa jadi self brand.

Menurut saya nama domain yang bagus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Pendek (satu kata atau maksimal 2 kata)
  • Mudah diingat
  • Gampang diketik
  • Extensi belakangnya mudah diingat seperti .com, .net. .id.
  • Mempertimbangkan untuk memasukkan atau tidak memasukkan angka pada domain.

Mungkin sampai di sini anda sudah memikirkan domain untuk situs yang ingin anda buat.

Mengapa domain penting untuk bisnis online?

Bagi pelaku bisnis, anda juga harus tahu kalau di era 4.0 ini sepertinya kurang afdol kalau belum punya website sendiri.

Sebuah bisnis yang baru berjalan biasanya membuat brand yang mudah diingat. Begitupun dengan domain yang dipilih nanti. Dengan domain yang bagus, maka sasaran penjualan akan lebih terfokus.

Jika anda ingin mulai membuat website, jangan sampai salah pilih domain karena domain ini akan lama dipakai. Bahkan jika umurnya sudah lama tidak menutup kemungkinan orang akan mengetahuinya lebih baik.

Apa yang perlu diketahui sebelum membeli domain?

Anda harus tahu kalau domain ini ada masa kadaluarsanya. Tidak sekali dibeli maka menjadi milik kita.

Ketika membeli domain, kita bisa memilih waktunya apakah itu 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan seterusnya.

Biaya akan dikenakan sesuai dengan lamanya domain akan dipakai pada website yang akan dibuat nanti. Setelah masanya habis, dan masih ingin menggunakannya harus diperpanjang lagi.

Dimana membeli domain?


Rumahweb.com merupakan salah satu penyedia jasa website. Di sana anda bisa membeli domain murah, dan sewa hosting untuk website yang ingin anda kelola nanti.

Membeli domain di rumah web sangat mudah. Anda hanya perlu ke halaman utama (home) lalu ketikkan domain yang ingin anda beli.

Kalau nama tersebut masih ada (available) silahkan langsung dibeli saja. Jangan sampai ada orang lain yang lebih duluan membelinya.

Akhir kata

Jadi sudah tahu kan pentingnya memilih domain untuk membuat website yang bergerak dalam bidang bisnis online. Semoga artikel ini menginspirasi.

Popular Posts