Bagaimana Mengkompromikan Gaya Nge-blog yang Idealis Tapi Tetap Relevan dengan User Intent

mrfdn - Lama rasanya tidak mengisi artikel tentang blogging tips. Kali ini saya ingin menyampaikan beberapa hal yang menarik setelah saya mengikuti webinar google.

Ada beberapa hal yang saya catat yaitu tentang cara nge-blog, cara biar artiel banyak pengunjung, dan cara biar artikel muncul di halaman google. Berikut penjelasannya.

Saya tidak begitu ahli dalam hal ini, jadi mungkin ada kekeliruan. Silahkan dibaca saja dulu, siapa tahu bisa mencerahkan.

Ngeblog

 Bagaimana Mengkompromikan Gaya Nge-blog yang Idealis Tapi Tetap Relevan dengan User Intent
Saya mulai dengan istilah nge-blog. Apasih nge-blog itu?

Nge-blog itu luas untuk dijabarkan satu per satu, ada yang mikirin isi kontent, ada yang mikirin tulisan, gaya penulisan, tema yang dipakai, platform yang dipakai, dan banyak deh. Yang jelas tanpa internet kita gak bisa nge-blog.

Saya pernah mendengar satu isitlah katanya nge-blog harus nulis artikel. Yap benar, tanpa artikel blog kita tidak ada apa-apanya.

Tapi wait, ada juga loh blog yang gak ada artikelnya, kalaupun ada paling satu atau dua paragraf saja. Itu adalah blog wallpaper. Isinya kebanyakan foto-foto saja.

Idealis


gaya blogger idealis
Tidak sedikit yang memasuki dunia blogging, ingin idealis. Idealis maksud saya adalah gaya tulisannya, isi kontennya.

Saya pun begitu. Kadang berat sekali rasanya menulis artikel yang dicari orang di internet. Saya bukan siapa-siapa di internet. Saya tidak terkenal seperti Dahlan Iskan, yang memiliki banyak sekali pembaca setiap harinya. Coba cek blognya di sini.

Karena artikel yang idealis kadang mudah dikerjakan daripada mesti membuat kontent yang dibutuhkan oleh orang lain.

Tidak salah dari nge-blog yang idealis.

Ini hanya preferensi setiap orang. Namun untuk mendapatkan pengunjung yang banyak di internet seorang pemula yang bukan siapa-siapa sebaiknya memikirkan apa yang dicari orang di internet.

Pengunjung


pengunjung blog idealis yang ramai
Tanpa pengunjung sebuah blog hanyalah sebuah rumah yang kosong penghuninya. Sebuah blog sekiranya punya banyak pengunjung.

Saya yakin itu yang diinginkan semua orang yang terjun di dunia blogging ini, punya pengunjung yang banyak.

Jika anda hanya nge-blog tanpa memperhatikan pengunjung, mungkin saja blog tidak ada yang melirik.

Maka dari itu seorang blogger harus terus belajar dan belajar.

Yang ingin saya sampaikan dalam artikel ini adalah tentang user intent.

User intent

User intent terjemahannya adalah niat pengguna atau maksud pengunjung.

Ini adalah suatu pertanyaan yang sebaiknya dijawab oleh blogger, kenapa pengunjung mesti datang ke blognya?

Jawabannya bisa beragam seperti
  • karena blog saya punya kontent yang relevan yang dicari pengunjung
  • karena blog saya punya banyak kontent
  • karena kontent blog saya lebih lengkap dari yang lain
  • karena kontent saya unik dari yang lain
  • karena gaya penulisan yang bagus
dan lain sebagainya

Berkompromi


idealis tapi sesuai user intent
Antara gaya nge-blog yang idealis dengan yang memperhatikan user intent, ini ternyata bisa dikompromikan. Bagaimana caranya?

Begini,

Kemarin setelah mengikuti video live dari google webmaster, saya mendapat pencerahan. Satu hal yang saya notice adalah
Google menyukai kontent yang unik

Penjelasan

Ketika google mendapatkan beberapa artikel dengan satu tema yang sama, google akan mencoba untuk mencari kontent mana yang punya relevansi yang paling bagus, dan mana yang kontent yang paling unik. Nah yang unik ini kita bikin betul-betul berbeda dari yang ada.

Bagaimana kontent tetap relevan dengan pengunjung namun kita bisa tetap idealis. Caranya adalah dengan membuat gaya penulisan yang unik, enak dibaca, namun tetap mengikuti user intent.

Bingung?

Saya mencoba menjelaskan dengan contoh saja.

Beberapa waktu lalu saya membuat artikel tentang cheat pubg mobile. Ide saya tentang cheat pubg, lalu saya beri judul artikel tersebut Yakin Mau Pasang Cheat PUBG Mobile Terbaru Meskipun Tanpa Root?

Artikel itu muncul di serp google. Dan mendapatkan banyak pengunjung. Di sana saya bersaing dengan beberapa blog yang bermain di kata kunci tersebut.

Artikel saya bikin sendiri berdasarkan pengalaman yang saya alami. Saya seperti memberi sinyal kepada google bahwa artikel saya tentang cheat pubg mobile adalah kontent yang unik.

Pada artikel itu saya menjelaskan tentang seberapa buruknya cheat pubg itu. Sedangkan blog lain yang saya baca membahas tentang cara cheat pubg lengkap dengan kode cheat yang bisa dipasang.

Nah, sampai di sini kamu sudah mengerti?

Saya membuat differensiasi, kontent saya dianggap unik oleh Google.

Tips

menulis blog yang idealis
  • Kuasai gaya penulisan yang baik
  • Bikin tulisan yang enak dibaca
  • Perhatikan apa yang paling dicari orang di internet lalu bikin artikelnya sesuai yang anda ketahui 
  • Jika ingin lebih baik, coba cari tahu siapa saja pengunjung blog kita, dari umur berapa sampai umur berapa, lalu buatlah dengan gaya bahasa yang sesesuai, caranya pasang google analytic.
  • Ketahui juga pengunjung kita paling banyak menggunakan device apa, apakah komputer atau smartphone. Ini untuk menyiasati panjang pendeknya artikel yang ingin kita buat. Artikel yang terlalu panjang akan sulit dibaca orang melalui device hp.

Akhir kata

Bersyukurlah teman-teman yang punya kemampuan membuat artikel dengan gaya tulisan yang bagus. Saya saja sampai saat ini terus berusaha bagaimana cara supaya artikel saya bisa enak dibaca.

Karena saya yakin tidak semua kalian tahan membaca artikel saya dari awal sampai akhir, mungkin karena bahasanya yang amburadul. Hiks..

Coba deh teman-teman lihat kembali mana artikel yang mendapatkan banyak pengunjung di blogmu sampai saat ini? Coba bandingkan dengan artikel lain yang ada di deretan halaman serp. Mungkin ada yang sama, atau memang kontent mu memang unik.

Jika saat ini teman-teman ingin membuat blog yang bakalan ramai pengunjungnya, coba deh isi dengan artikel-artikel yang banyak dicari orang (user intent). Tulis dengan gaya bahasa sendiri (idealis).

Karena ini akan memberikan sinyal kepada google bahwa kontent kita benar-benar unik. Dan kalau memang benar-benar sesuai dengan keinginan pengunjung, pasti rangkingnya gak bakalan digeser dari halaman pertama.

Ide bisa datang kapan saja, tinggal bagaimana kita mengolahnya. 

*Nb artikel ini sifatnya curhat, mungkin gak bakal ada yang baca, hanya sebagai catatan saya saya. :)