Cara Menggunakan Hastag Instagram yang Baik dan Benar

Begini cara mendapatkan banyak followers dari Hastag Instagram yang benar

mrfdn - Mungkin ada yang bertanya, kenapa sampai saat ini postingan instagramnya masih memiliki sedikit followers. Padahal sudah mengisi lengkap dengan 30 hashtag, tetapi tidak ada komentar, bahkan likes nya hanya sedikit. Padahal sudah menggunakan hastag yang terkenal juga.

Wait, coba cek dulu siapa tahu hastag yang kamu gunakan sudah dibanned oleh instagram.

Tapi kalau tidak mungkin saja kamu perlu mengoptimasi beberapa hal berikut terkait hastag.

Sebelum saya bahas panjang lebar, saya ingin beritahu dulu beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang penggunaan hashtag yang ada di instagram.

Fungsi dari hastag adalah seperti search engine google. Dengan memasang hashtag kita bisa menjadikan postingan foto di instagram bisa dilihat oleh orang-orang.

Semakin banyak hashtag yang digunakan belum tentu membuat postingan kita bisa dilihat oleh orang. Yang benar adalah kita harus membuat hastag yang tepat terhadap postingan yang kita buat.

Misalnya kita punya akun instagram yang memiliki niche (tema) foto landscape.

Jika kita masih pemula, yang belum punya banyak followers, misalnya masih ratusan saja, menggunakan hashtag yang memiliki banyak pengikut akan sia-sia.

Kenapa?

Karena algoritma instagram belum mengenali kita. Jadi otomatis postingan kita akan tenggelam di sana.

Namun sebaliknya, jika kita menggunakan hastag yang memiliki followers sedikit maka kita gampang untuk rangking di sana.

Ok sampai di sini, paham?

Hashtag bisa membuat akun kita dianggap spam

menggunakan hashtag instagram yang baik dan benar

Penggunaan hashtag yang sama dan terus menerus bisa menjadikan akun kita di mata artificial intelligent (AI) instagram sebagai akun fake. Dan berpotensi dibanned.

Itulah sebabnya akun instagram baru susah untuk mendapatkan pengikut meskipun fotonya bagus, meskipun feed nya bagus, tapi jika penggunaan hashtag yang tidak tepat maka akan susah naiknya.

Sekarang mari kita gunakan hashtag yang tepat di postingan instagram kita

Ada beberapa aturan hastag yang perlu diketahui supaya postingan kita dinilai instagram adalah postingan yang tidak fake.

Gunakan hastag yang selevel dengan jenis akun instagram yang kamu bangun

Akun instagram yang baru, yang masih punya sedikit followes, likes, views dan comments, sebaiknya memakai hashtag yang tidak terlalu ramai.

Maksudnya?

Hashtag yang tidak banyak digunakan orang. Hashtag yang tidak gunakan oleh akun besar.

Ada baiknya juga menggunakan hashtag pribadi kamu. Ini bagus untuk membangun brand kamu sendiri.

Jika ingin memakai hashtag terkenal, gunakan maksimal 5 hashtag saja. Itu sudah cukup. Sisanya gunakan hashtag yang tidak terlalu banyak followers nya.

Instagram memberikan kita maksimal 30 hastag untuk dipakai di setiap postingan.

  • Gunakan 10 hashtag yang memiliki followers kurang dari 1000 (termasuk hashtag untuk membangun brand kamu sendiri),
  • 10 hashtag yang memiliki kurang dari 10.000 followers,
  • 5 hashtag yang memiliki kurang dari 100.000 followes,
  • 5 hashtag yang di atas lebih dari 100.000 foloowers saja.

Dengan rumus ini setidaknya kita memberikan sinyal kepada instagram bahwa akun kita adalah akun real, bukan bersifat seperti spammer.

Kita berusaha menjadi ranking di setiap-setiap hashtag. Kalau kita tidak ranking di hashtag yang paling banyak followers nya setidaknya kita bisa menang di hashtag yang memiliki sedikit followers.

Riset dan gunakan hastag yang rata-rata jumlah like nya sama dengan hastag kamu

Ini membantu kamu untuk bersaing dengan baik di hastag tertentu.

Karena semakin tinggi jumlah like nya maka semakin sulit kita untuk ranking.

Cobalah untuk meriset beberapa akun kompetitor kamu, lihat hashtag yang mereka gunakan. Lihat juga seberapa banyak orang yang memakai hastag yang dipakainya.

Pasti ada saja hashtag yang volume pencariannya sedikit. Ini dilakukan untuk mendapatkan ranking pada hashtag tersebut, atau sekedar membuat engagement postingannya lebih mudah didapatkan.

Ribet ya?

Iya, tapi menurut saya ini adalah cara yang dilakukan akun-akun instagram yang saya perhatikan, yang dahulunya masih punya followers sedikit, dan sekarang sudah ramai.

Gunakan hastag secara random

Jangan menggunakan hastag yang sama pada setiap postingan. Akun kamu bisa dianggap spam nanti.

Akhir kata

Cara ini mungkin belum banyak diketahui oleh pemula. Kamu boleh coba cara ini, lalu lihat hasilnya beberapa bulan kemudian.

Jika anda tahu konsep nge-blog, ini bisa diterapkan pada postingan instagram kita. Kuncinya adalah konsisten. Hal konsisten yang dilakukan adalah dimana kita memberikan feed yang satu tema/niche di instagram kita.

Ini untuk menjaga reputasi akun kita di mata pengunjung. Kalau instagram kita bisa beda dari yang lain, bisa menjadikan pengunjung kita lebih tahu kita.

Kamu pasti tahu dan ingat akun-akun instagram tertentu yang punya satu tema tertentu. Cobalah konsisten seperti mereka.

Terutama bagi anda yang membuat akun instagram untuk jualan. Maka ini adalah tips yang bagus untuk dilakukan.