Cara Mengakses Tampilan Terbaru Dashboard Blogger

Meski belum rilis resmi begini tampilan dashboard terbaru blogger. Sudah coba?

mrfdn - Blogger baru-baru ini melakukan update terhadap tampilannya. Apakah anda sudah mencobanya?

Jika anda memiliki blog dengan platform blogger/blogspot, mungkin anda senang mendapatkan informasi ini. Sama seperti saya.

Update ini telah ada beberapa hari yang lalu, namun sepertinya pihak Blogger belum merilisnya secara resmi. Makanya secara default tampilan dashboard blogger kita masih biasa-biasa saja. Sama seperti yang sudah-sudah.

Jika anda ingin membuka dashboard dengan tampilan baru caranya sangat mudah.
mengakses tampilan terbaru dashboard blogger

1. Masuk ke akun blogger.com anda
2. Ketika berada di halaman dashboard, ubah url bagian depan www.blogger.com/### menjadi draft.blogger.com/### (ganti www menjadi draft)

Maka anda akan mendapatkan tampilan baru blogger.

Apa saja yang berubah?

Sementara yang berubah adalah stats, comments, dan theme
Penjelasan singkat mengenai fitur baru

  1. Saat melakukan edit template dengan edit html kini sudah bisa tampil 1 halaman full.
  2. Perbaikan saat scroll di halaman edit html ini sudah diperbaiki, karena terkadang ketika kita scroll halaman kode html tidak berfungsi dengan baik.
  3. Tapilan statistik blogger dirombak total jadi lebih fresh. Memungkinkan kita mendapatkan informasi yang lebih akurat, berdasarkan persentase dan nilai sesungguhnya. Misalnya visitor, atau angka pengunjung dari negara mana.
  4. Thumbnail thema bawaan blogger seperti contempo, emporio, soho, dan notable kini jadi lebih besar. Sepertinya blogger menginginkan agar banyak dari templatenya digunakan. Tahu sendirikan bagaimana standar google dalam membuat template tersebut. Menurut saya inilah yang paling standar.
  5. Tampilan komentar jadi lebih menarik.
tampilan dashboard blogger terbaru

Kelebihan

Tampilan baru ini sangat responsif. Bisa dibuka di hp. Ini sangat memudahkan terutama ketika kita ingin melakukan perubahan pada code html.

Kekurangan

Saat melakukan edit html, ketika kita telah melakukan perubahan, tekan save, maka kita akan dibawa kembali ke bagian atas halaman edit html.

Berbeda saat edit html yang sebelumnya setelah tekan save html, maka tombol save berubah menjadi agak buram warnanya. Menurut saya ini sedikit membuat frustasi ketika kita ingin mencari lagi dimana letak kodingan kita ada di baris mana. 

Saat melakukan edit html, jika kode kita ada yang salah, misalnya kode b:if tidak ditutup dengan kode /b:if maka template tidak bisa disave.

Sama seperti edit html versi lama bedanya kita tidak diberitahukan letak kesalahannya dimana. Sehingga ini akan menyulitkan bagi pemula yang ingin belajar edit html.

Akhir kata

Beberapa hal di atas hanya pendapat saya. Anda bisa mencobanya sekarang juga. Login ke bloger dengan mengganti www menjadi draft.

Meskipun belum terlalu terasa perubahannya, saya yakin para developer google sedang melakukan yang terbaik. Semoga versinya saat dirilis resmi nanti kita sudah mendapatkan berbagai macam update yang lebih baik dari sebelumnya.