Apa Itu Vignette pada Foto dan Penyebabnya

Apa Itu Vignette pada Foto dan Penyebabnya

Apa itu vignette pada foto


mrfdn - Jika anda pernah melihat hasil foto yang memiliki pinggiran hitam pada bagian sudutnya, itu adalah vignette. Bacanya vinyet.

Vignette paling sering ditemui pada saat membuat foto landscape. Penyebanya berbagai macam, di antaranya akan dibahas pada artikel ini.

Jika anda bermasalah dengan efek hitam pada frame foto tersebut mungkin bisa mengikuti beberapa solusi di bawah untuk mengurangi efek vignette pada foto anda.
foto close up dengan efek vignette
Terdapat pinggiran hitam di sekeliling foto, itu adalah vignette. (baca : vinyet)

1. Menggunakan lensa yang tidak sesuai dengan kamera

Saat menggunakan lensa yang lebih kecil daripada kamera, anda bisa mendapatkan efek vignette. Misalnya saat memotret landscape, anda menggunakan kamera sony a7 dan lensa apsc dengan focal lenght 12mm.

Meskipun lensa tersebut bisa terpasang ke kamera anda, tetapi lensa apsc peruntukannya bukan untuk kamera full frame.

Anda harus menggunakan lensa full frame juga.

  • Untuk kamera Nikon lensa full frame ditandai dengan kode FX.
  • Untuk kamera Sony lensa full frame ditandai dengan kode FE.
  • Untuk kamera Canon lensa full frame ditandai dengan kode EF.

Jadi, ingat untuk menyesuaikan kamera dan lensa anda supaya terhindar dari efek vignette ini.

2. Menggunakan filter yang terlalu banyak

Bagi fotografer landscape yang sudah berpengalaman pasti sudah sering mengalami ini. Saat memotret menggunakan filter yang ditumpuk menjadi beberapa bagian di depan lensa akan mengakibatkan efek vignette pada hasil foto.

Biasanya fotografer landscape menggunakan beberapa filter di depan lensa seperti filter ND, dan GND yang dipasang bersama holdernya. Bisa sampai 3 lapis filter.

Sehingga menjadikan holder filter menutupi sebagian frame foto anda.

Untuk menghindari efek vignette akibat penumpukan filter, ada cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan zoom langsung di lensa.

Namun jika masih tidak hilang, anda harus crop foto anda saat melakukan edit foto di komputer.


3. Vignette adalah efek bawaan lensa

Maksudnya pada beberapa lensa tertentu vignette ini akan selalu ada pada bukaan tertentu. Misalnya pada saat menggunakan lensa 50mm.

Saat menggunakan f/2.8 maka efek vignette nya akan terasa lebih besar daripada saat menggunakan f/11, f/16, atau lebih kecil. Ini normal karena cahaya yang masuk ke kamera akan terekspose lebih banyak pada bagian tengah daripada bagian pinggir frame.

4. Menggunakan exposure yang lama

Saya jadi ingat sewaktu memotret landscape dengan teknik long exposure fotografi, tidak jarang saya mendapatkan vignette pada hasil foto saya.

Ini disebabkan karena sensor akan menerima cahaya lebih banyak pada bagian tengah daripada di bagian pinggir foto.

Sehingga akhirnya sensor tidak mampu menangkap detail yang ada di bagian pinggir/sudut foto yang menyebabkan vignette ini muncul. 

Cara menghilangkan vignette

foto bersih tanpa vignette
tidak ada efek vignette pada foto karena menggunakan bukaan yang kecil seperti f/8 atau f/11, dan seterusnya.

Jika foto anda terasa ada vignette, meskipun sedikit anda bisa menghilangkan efek hitam tersebut dengan cara edit foto di Photoshop.

Anda juga bisa meminimalisir vignette dengan cara menggunakan bukaan yang lebih kecil. Misalnya f/4, 5.6, 8, dan seterusnya. Sebab semakin besar bukaan makan efek vignette akan semakin terasa. 

Akhir kata

Sebenarnya efek vignette ini selera si fotografer. Ada yang sengaja untuk memberikan vignette pada fotonya ada juga yang tidak.
foto landscape vignette
foto landscape dramatis dengan efek vignette.

Dengan memberikan efek vignette maka foto biasanya jadi lebih dramatis, namun jika efeknya terlalu keras, maka foto akan terlihat aneh.

Silahkan dicoba sendiri.