11 Lokasi Foto Landscape yang Bisa Dilakukan di Indonesia - Nomor 9 Seram Banget

11 Lokasi Foto Landscape yang Bisa Dilakukan di Indonesia - Nomor 9 Seram Banget

Referensi tempat foto landscape di Indonesia

mrfdn - Hi guys.. Kamu hobi motret? Hobi foto pemandangan gak? Biasanya melakukan foto lanskap di mana?

Pantai, gunung, sawah, hutan, air terjun, arsitektur, atau yang lain-lain?

Kalau beberapa tempat di atas sudah sering kamu kunjungi, mungkin aja sudah mainstream. Maklum kita di Indonesia. Pemandangannya itu-itu saja.

Namun buat kamu yang masih baru mau meng-explore tempat-tempat foto landscape, berikut beberapa spot foto pemandangan yang sebaiknya kamu coba foto. Siapa tahu hasil foto kamu bagus.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak tempat yang bisa kamu kunjungi seperti berikut.

1. Persawahan

foto pemandangan sawah keren di indonesia

Sawah merupakan lokasi yang menarik untuk mempraktekkan foto lanskap. Sawah di indonesia memiliki rankaian petak-petak yang menarik.

Kamu bisa mencoba untuk mengambil komposisi foto dari petak sawah tersebut.

Cobalah ambil dari berbagai angle, supaya kamu mendapatkan hasil foto yang beragam dan dinamis.

Tips memotret di persawahan :: jika memotret di sawah, akan lebih bagus lagi jika ada objek manusia di dalamnya seperti petani yang sedang bekerja.

2. Pantai

foto lanskap pantai

Pantai merupakan lokasi yang paling sering didatangi untuk memotret landscape. Saya sendiri adalah yang paling sering memotret di tepi pantai.

Pantai merupakan lokasi dimana saya bisa mempraktekkan teknik fotografi long exposure. Dengan memasang kamera di atas tripod dalam waktu yang agak lama untuk mengambil satu frame foto.

Tips foto landscape di pantai :: pantai di indonesia sangat banyak. Keadaan air laut nya pun beraneka ragam, ada yang ombaknya kencang ada juga yang tenang. Tetap berhati-hati jika sedang memotret di pantai ya guys.

3. Gunung

landscape gunung bromo indonesia

Bromo, merupakan salah satu dari sekian banyak gunung yang memiliki pemandangan landscape. Sudah banyak sekali fotografer yang berhasil mengabadikan foto landscape keren di sana.

Kamu juga mesti coba jika ingin benar-benar belajar landscape.

Tips memotret di gunung :: jika memotret di gunung bawalah lensa yang panjang, siapa tahu kamu membutuhkannya. Lensa 70-200 bahkan bisa sangat diandalkan ketika memotret di gunung.

4. Air terjun

landscape air terjun keren

Coba hitung sudah berapa kali kamu datang ke air terjun? Air terjun di indonesia itu ada banyak sekali. Hampir di setiap daerah memiliki air terjun.

Foto air terjun dengan teknik slow speed untuk menciptakan efek air yang mengalir yang terlihat halus.

Berhati-hati ketika berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, supaya tidak terpeleset bahkan jatuh.

Tips hunting foto landscape di air terjun :: hal yang terberat ketika memotret di sekitar air terjun adalah memilih komposisi dan angle foto yang tepat. Pastikan untuk mengambil air terjun dari hulu ke hilir. Jangan memotong aliran air dalam frame foto kamu.

5. Dermaga

foto pemandangan landscape dermaga

Dermaga bisa ditemukan di pinggir pantai, atau pelabuhan.

Di dermaga kamu bisa menciptakan foto landscape yang minimalis. Karena foto dermaga hanya menunjukkan satu objek saja dan itu keren.

Tips memotret dermaga :: ketika di dermaga, cobalah mengambil foto dari angle yang berbeda misalnya dari tengah, pinggir, atas, dan bawah dermaga. Cari juga moment yang tepat seperti pada pagi atau sore hari.

6. Pelabuhan

foto landscape kapal tua di pelabuhan

Jika di tempat kamu terdapat pelabuhan tradisional, cobalah untuk datang di pagi atau sore hari. Pada pagi hari kamu bisa menciptakan foto lanskap dengan efek sunrise dan efek sunset.

Tips membuat foto landscape keren di pelabuhan :: manfaatkan jejeran perahu nelayan yang sedang parkir di pelabuhan. Kamu bisa mencitakan komposisi foto yang pattern jika berhasil menemukan moment kapal terpakir dengan rapih di pelabuhan.

7. Gedung tinggi di perkotaan

foto city scape gedung tinggi

Kamu yang biasa bekerja di perkotaan mungkin saja bekerja di gedung yang tinggi. Tidak ada salahnya untuk naik ke lantai paling atas kantor kamu.

Perhatikan apakah di sekitarnya terdapat objek yang menarik. Biasanya rangkaian gedung yang tinggi sangat bagus difoto dari angle yang tinggi.

Dengan memotret dari gedung yang tinggi kamu juga bisa melihat dan menunjukkan betapa indahnya kota kamu kepada semua orang di dunia.

Tips foto city scape di gedung :: manfaatkan blue hour atau sore hari saat matahari mulai terbenam. Memotret gedung-gedung tinggi saat blue hour akan sangat menarik karena itulah moment yang tepat ketika lampu-lampu gedung mulai menyala.

8. Goa

lanskap di dalam goa

Ini adalah lokasi yang mungkin tidak semua orang datangi. Bahkan hanya ada kelompok tertentu yang membuat komunitas khusus mereka yang hobi motret di dalam goa.

Tips memotret di goa :: jika hendak memotret landscape di dalam goa, bawalah senter dan peralatan lighting fotografi seperti flash. Kamu pasti membutuhkannya.

9. Kuburan

foto landscape pekuburan keren

Mungkin tidak semua orang mau memotret di kuburan. Kuburan yang dimaksud adalah kuburan yang punya komposisi nisan yang menarik. Ini seperti sebuah challenge, mencoba menantang diri untuk membuat foto yang keren dari tempat yang seram menjadi menarik.

Tips :: jangan datang di malam hari. Nanti kamu dikira mau uji nyali.

10. Sungai

foto landscape di sungai kampili

Sungai yang dimaksud adalah sungai yang memiliki pemandangan bebatuan yang menarik. Contohnya di Kampili, gowa, sulawesi selatan.

Sungai disana memiliki bebatuan yang sangat indah. Saya berhasil menciptakan foto pemandangan yang sangat indah dari sungai tersebut.

Tips motret lanskap di sungai :: hati-hati ketika berpindah dari tempat, jangan sampai jatuh, kasian kameranya.

11. Tempat yang eksotis

tempat foto landscape eksotis indonesia

Buat kamu yang sering melakukan traveling. Ini harus kamu lakukan. Ada banyak sekali tempat eksotis di indonesia, jangan hanya menyimpan kamera di dalam tas. Keluarkan dan abadikan setiap tempat yang eksotis yang kamu kunjungi.

Bahkan jika anda hanya membawa hp saja, anda bisa memotret landscape.

Tips foto pemandangat saat traveling :: temukan objek khas dari tempat yang kamu kunjungi, entah itu rumah adat, pegunungan, pantai, atau objek lain. Pasti hasil foto kamu stand out dari yang lainnnya.

Akhir kata

Itulah beberapa lokasi untuk memotret landscape yang bisa ditemukan dengan mudah di indonesia.

Jika kamu punya lokasi foto landscape menarik lain, coba tulis di kolom komentar di bawah.

Referensi lokasi hunting foto landscape di Indonesia