Keren Update Fitur One UI 2.0 Samsung Terbaru

4 Fitur keren Samsung One UI 2.0 terbaru yang saya rasakan setelah update


mrfdn - Setelah melakukan update sistem Samsung A30 versi terbaru saya merasa sangat surprise. Pasalnya fitur terbaru yang disematkan di dalamnya membuat pengalaman menggunakan hp semakin baik.

Serasa menggunakan hp baru. Jika anda pengguna Samsung Galaxy A series, sangat disarankan untuk melakukan update kali ini.

Ada 4 hal yang menarik pada update sistem hp Samsung Galaxy A30 yang saya miliki, di antaranya sebagai berikut.

1. Update android 10 (Q) terbaru


Ini adalah mayor update dari Samsung A30 saya. Kalau sebelumnya sudah puas menggunakan Android 9, sekarang bisa merasakan sistem andoid terbaru yaitu Android 10 atau android Q.

Selain sistem android yang ditingkatkan, tidak lupa Samsung juga memberikan update terhadap aplikasi bawaan yang tertanam seperti update OneUI versi 2.0. One UI terbaru memberikan pengalaman menggunakan hp samsung galaxy semakin menarik.

Berbeda dengan android pada umumnya, menggunakan OneUI terasa sangat smooth dan inilah beberapa fitur yang saya rasakan dari One UI Samsung.

2. Tombol navigasi gesture baru


Jika sebelumnya untuk mengakses fungsi back/kembali dari satu halaman ke halaman lain, kita perlu menggeser ke atas mulai dari bagian kiri atau kanan bawah layar, sekarang fungsi untuk melakukan back ditambah.

Kini kita bisa melakukan back hanya dengan menggeser layar di bagian samping ke tengah. 

Terasa sangat nyaman bagi pengguna satu tangan.

Selain itu, untuk mengakses tombol home, dilakukan dengan cara gesture swipe up (geser ke atas).

Sedangkan untuk mengakses recent app dilakukan dengan cara geser dan tahan ke atas. Maka aplikasi yang belum ditutup akan ditampilkan.

Serasa pakai hp baru saja.

3. Focus Mode

Focus mode merupakan fitur yang diberikan oleh Android 10 yang berfungsi sebagai manajemen aplikasi. 

Dengan mengaktifkan Focus mode, maka kita tidak akan bisa mengakses aplikasi-aplikasi yang sudah diinstal ke smartphone seperti game, sosmed, dll. Kita hanya bisa aplikasi bawaan saja seperti telepon, sms, jam, kalkulator.

Selama focus mode aktif, icon aplikasi akan berubah menjadi abu-abu dan tidak bisa diakses.

Jadi tidak anda tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi sosial media anda seperti Instagram, Whatsaapp, Facebook dan lain-lain.

Ini sangat berguna bagi anda yang sering terdistraksi selama bekerja karena notifikas yang tak kunjung berhenti yang membuat pekerjaan anda malah terhambat.

4. Sudah bisa merasakan Whatsapp dark mode

Sebelumnya dukungan whatsapp dark mode tidak terintegrasi di OneUI, namun sekarang fitur tersebut sudah ditanamankan secara langsung, saya pengguna hp Samsung Galaxy A30 sudah bisa merasakan fitur whatsapp dark mode tersebut.

Dan tentunya pengguna Samsung A50, A70 dan ke atas juga sudah bisa merasakan fitur tersebut. 

Kekurangan yang saya rasakan setelah update Samsung a30

Setelah kemarin saya melakukan update sistem android 10 / android q di hp samsung a30 saya, ada satu hal yang sangat terasa.

Hal tersebut adalah baterainya yang sedikit lebih boros.

Kalau sebelumnya saya bisa menggunakan hp selama sehari semalam, setelah dicharge 100 persen, tetapi setelah update ke android 10 rasanya hp saya lebih cepat habis baterainya.

Saya sudah melakukan reset setting di hp saya namun masih saja sama kondisinya.

Mungkin nanti saya akan melakukan factory reset.

Apakah anda sudah melakukan factory reset setelah melakukan update sistem android di hp samsung anda? Silahkan berikan pendapat anda di kolom komentar di bawah.

Heran saja kok update ini malah bikin baterai hp saya boros sekali.

Akhir kata

Demikian 3 hal terbaru yang saya rasakan pada update Samsung A30 saya. Saya pikir ini adalah update besar-besaran yang paling keren yang pernah saya rasakan. Jika anda belum melakukan update di hp Samsung anda, saya pikir sekarang adalah waktu yang tepat.

Update ini memiliki ukuran sebesar kurang lebih 1.6 GB, alangkah baiknya jika anda menggunakan wifi yang kencang dan stabil untuk melakukan update. Namun jika anda menggunakan paket data untuk mendownload, pastikan kuota anda cukup untuk itu.

Pastikan juga baterai hp terisi full supaya tidak terjadi gagal selama update software berlangsung.

Meski begitu update kali ini yang saya rasakan memiliki kekurangan yaitu baterai sedikit lebih boros.

Jika anda menggunakan hp Samsung, silahkan berikan komentar anda di bawah. 

DomaiNesia