Cara Install Inkscape V.1.0 Beta di OS Windows

mrfdn - Melakukan pekerjaan desain vector atau ilustrasi, itu hanya bisa dilakukan pada software desain. Ada berbagai software mulai dari yang berbayar sampai gratisan.

Dan yang paling populer adalah tentu Adobe Illustrator.

Telah membantu banyak orang dalam membuat desain logo, vector, font, poster, dan lain-lain. Buat yang punya banyak hasil desain, karya-karya tersebut laku dijual di situs miksrostock, seperti Shutterstock, Freepik, dan lain-lain.

Tapi untuk menggunakan AI, ternyata harus bayar lisensinya dulu. Sekitar 19 dolar per bulan.

Jika anda tidak mampu membeli membeli lisensi Adobe Illustrator atau Corel Draw buat desain, alternatifnya adalah gunakan saja Inkscape.

Software gratis ini bisa melakukan hampir semua pekerjaan yang dikerjakan buat desain vector atau illustrator.

Saya juga memakai inkscape. Malah lebih paham pakai Inkscape daripada AI atau Corel. Karena ini adalah software desain vector pertama yang saya pelajari.

Coba lihat beberapa karya vector saya menggunakan Inkscape.

Malu, masih jelek, maklum pemula euy..

Nah, jika anda juga pengguna Inkscape, tentu sudah sangat familiar dengan versi 0.9.2. Versi tersebut adalah yang paling stabil saat ini.

Namun jika anda belum tahu, saat ini sudah ada Inkscape V.1.0. Yaitu versi Inkscape yang masih dalam versi Beta test. Terdapat berbagi kelebihan dan masih ada kekurangannya. Makanya versinya masih beta, beberapa bug masih perlu dikumpulkan oleh developer untuk membuatnya lebih stabil.

Meski begitu anda tetap bisa menggunakan Inkscape v1.0 ini dengan normal. Namun untuk memasangnya di Windows, caranya cukup tricky. Tidak seperti cara install seperti biasanya.

Cara install Inkscape v.1.0 beta


Jika anda mengalami kebingungan dalam installasi Inkscape v.1 ini. Berikut cara mudahnya.

  1. Download Inkscape v1.0 beta, sesuaikan dengan versi os anda apakah 32 bit atau 64 bit.
  2. Buatlah folder baru di desktop kemudian ekstrak file zip yang telah didownload.
  3. Setelah diextrak, buka foldernya kemudian masuk ke folder inkscape >> bin >> dan temukan file inkscape.exe.
  4. Double klik file tersebut dan inkscape v.1.0 berhasil anda install.

Selesai.

Akhir kata

Itu adalah cara install dan menggunakan Inkscape v.1.0 beta. Pada awalnya saya juga sempat bingung cara memasangnya, sebab hanya terdapat file estrak.

Ternyata file inkscape exe terdapat pada folder bin tersebut.
screen shot inkscape v1.0 beta on windows os

Beberapa perbedaan juga sangat terasa di inkscape v.1.0 ini. Misalnya pada theme. Kita bisa memilih theme seperti dark atau light, lengkap dengan icon terbaru yang bisa disesuaikan dengan selera.

Selamat mencoba.